Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Penderitaan rakyat indonesia dari penjajahan

Penderitaan rakyat indonesia dari penjajahan
Penderitaan rakyat Indonesia pada saat penjajahan Jepang tambah lebih berat dari pada penderitaan rakyat Indonesia pada saat penjajahan Belanda. Meskipun Jepang cuma menjajah Indonesia sepanjang 3 th. (1942-1945). Jepang memerintah rakyat Indonesia untuk kerja paksa (Romusha) untuk menolong Jepang dalam perang Asia Timur Raya. Nah, tersebut disini penderitaan rakyat Indonesia pada saat penjajahan Jepang. Segera saja kita simak yang pertama : 

1. Merampas Hasil Pertanian Rakyat 
Jepang merampas semua hasil pertanian rakyat. Seperti beras, jagung, teh, rempah-rempah, dan lain-lain. Mengakibatkan, banyak rakyat yang mati kelaparan. 

2. Romusha 
Romusha yaitu sebutan untuk beberapa orang di Indonesia yang diperintah untuk kerja paksa tanpa ada dibayar. Umumnya romusha yaitu kelompok petani. 

3. Tanam Paksa 
Waktu Jepang menjajah Indonesia, Jepang memberlakukan system tanam paksa. Dalam system tanam paksa, rakyat Indonesia mesti membuat pertanian lantas diberi pada Jepang. 

4. Pajak 
Meskipun petani diperintah untuk tanam paksa, tetapi mereka tetaplah mesti membayar pajak pada Jepang. Rakyat Indonesia mesti membayar pajak saat melalui jembatan, jalan raya, serta sarana umum yang lain. Hal semacam ini buat rakyat Indonesia makin menanggung derita. 

5. Pembatasan Pers 
Jepang begitu mengawasi serta membatasi pers di Indonesia. Bahkan juga semuanya mass media juga disegel. Bila kalau Sutan Syahrir tidak mendengar berita lewat radio internasional kalau Jepang sudah menyerah pada sekutu, jadi mungkin saja Indonesia akan tidak merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay