Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Bangunan tertua di indonesia

Bangunan tertua di indonesia
Bangunan pertama di Bumi dipercaya sudah ada mulai sejak 500. 000 th. yang kemarin. Bangunan memiliki beragam jenis peranan untuk kehidupan manusia, terlebih jadi tempat berlindung dari cuaca, keamanan, rumah, privacy, tempat menaruh barang, tempat bekerja serta fasilitas umum yang lain. 

Di bawah ini yaitu 9 Bangunan Tertua di Indonesia yang beberapa masih tetap ada sampai saat ini serta beberapa sekali lagi telah hilang dikonsumsi umur. 

1. Masjid Wapauwe 

Masjid Wapauwe yaitu masjid tertua di Indonesia yang dibuat pada th. 1414 masehi di Desa Kalitetu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Awal mulanya Masjid ini bernama Masjid Wawane karna dibuat di lereng Gunung Wawane oleh Perdana Jamilu., Seseorang keturunan Kesultanan Islam Jailolo dari Moloku Kie Raha (Maluku Utara). 

Kehadiran Perdana Jamilu ke tanah Hitu sekitaran th. 1400-an masehi, yaitu untuk menebarkan ajaran Agama Islam pada lima negeri di sekitar Pegunungan Wawane yakini di Assen, Wawane, Atetu, Tahala serta Nukuhaly. 

2. Candi Blandongan 

Candi Blandongan yaitu Candi tertua di Indonesia yang dibuat pada era ke-2 masehi terdapat di Desa Segaran, Kecamatan Batu Jaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Candi ini pertama kalinya diketemukan oleh Tim Peneliti Arkeologi dari Kampus Indonesia pada th. 1984 berdasar pada laporan ada penemuan benda-benda purbakala di sekitar gundukan-gundukan tanah di tengahnya sawah. 

3. Museum Radya Pustaka 

Museum Radya Pustaka yang dibangun oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV pada th. 1890 masehi ini yang terdapat di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah ini adalah museum tertua yang berada di Indonesia sekarang ini. 

4. Tempat tinggal Sakit PGI Cikini. 

Tempat tinggal Sakit PGI Cikini adalah satu diantara rumah sakit tertua yang berada di Indonesia yang berdiri pada th. 1898 masehi. Rumah sakit ini terdapat di jalan Raden Saleh No. 40 Jakarta Pusat tempati tempat bangunan bergaya Gothic -Moors yang dulunya adalah tempat tinggal tempat tinggal pelukis Naturalais, Raden Saleh. 

5. Gereja Kayu Tangan 

Gereja Kayu Tangan yang terdapat di Malang Jawa Timur dibangun pada th. 1897 masehi adalah Gereja Katholik tertua yang berada di Indonesia. 

Hingga sekarang ini, gereja itu masih tetap kuat menantang jaman. Bahkan juga, ia sudah jadi ikon sendiri untuk Kota Malang. Wisatawan Mancanegara tidak sempat luput untuk berkunjung ke gereja saat traveling ke Malang. Menariknya, dalam kapel gereja ada banyak benda kuno. Bahkan juga beritanya ada Al Quran asal tunisia yang disebut peninggalan th. 1920-an. 

6. Bandara Kemayoran 

Bandara Udara Internasional Kemayoran adalah Bandara Udara Pertama di Indonesia yang di buka untuk penerbangan internasional. Bandara ini dibuat pada th. 1934 serta dengan resmi di buka dibuka pada tanggal 8 Juli 1940. Pesawat pertama yang mendarat di Bandara Kemayoran yaitu pesawat jebis DC-3 Dakota punya penerbangan Hindia Belanda. Bandara ini lalu ditutup pada tanggal 1 Januari 1983 serta penerbangan internasional lalu diarahkan ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta yang lalu dipindahkan sekali lagi ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada i Januari 1984 sampai saat ini. 

7. Stasiun Kereta Api Gudang, Semarang 

Stasiun Kereta Api Gudang, Semarang adalah stasiun kereta api tertua di Indonesia yang dibuat oleh Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) atas perintah Gubernur Jenderal Baron Sloet van de Beele pada 16 Juni 1864. Stasiun ini jadi saksi peluncuran kereta api pertama di Indonesia pada tanggal 10 Agustus 1867. 

8. Pelabuhan Barus 

Pada saat Dinasti ke-18 sekitaran th. 1. 567 SM Fir'aun di Mesir. ada satu pelabuhan yang begitu ramai dipesisir barat pulau Sumatera yang di kenal dengan nama Pelabuhan Barus. Pelabuhan ini terdapat di Lobu Tua, Tapanuli, Sumatera Utara ini adalah Pelabuhan Tertua Di Indonesia. Kota ini begitu populer pada saat itu karna Kapur Barus nya yang digunakan dalam tehnologi pengawetan mayat (mumi) yang dipakai di Mesir. 

9. Bangunan Website Gunung Padang 

Arkeolog Kampus Indonesia, Ali Akbar, menyebutkan kalau data analisa geolistrik, georadar, pengeboran, serta tomografi betul-betul mensupport sangkaan ada bangunan di gunung lokasi Sunda itu. 

Ali mengungkap, " Yang paling tua berada di susunan budaya empat, paling basic, berumur 10. 000 th.. " 

Perut Gunung Padang terdiri jadi empat susunan budaya. Susunan budaya pertama ada pada kedalaman sampai dua mtr., mempunyai batuan sisi bangunan yang datang dari masa 500 sebelumnya Masehi (SM). 

Sesaat susunan budaya ke-2 ada pada kedalaman 2 sampai 5 mtr., datang dari masa 4. 700 SM. 

Susunan budaya 3 sampai 4 diketemukan lewat analisa tomografi. Di susunan itu, diketemukan ada ruangan serta dinding yang disebutkan satu bangunan. Analisa membuka kalau umur bangunan itu menjangkau 10. 000 th.. 

Dengan umur 10. 000 th., apabila dapat dibuktikan ada, bangunan di perut Gunung Padang lebih tua dari bangunan mana juga didunia. 

Nah tersebut 9 Bangunan Tertua Di Indonesia yang masih tetap ada maupun telah tidak terpakai sekali lagi sampai saat ini. Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna untuk kita semuanya.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay