Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Belajar Aksara Sunda

Dalam pembicaraan keseharian, etnis Sunda banyak memakai bhs Sunda, pada zaman dulu juga bhs daerah senantiasa dipakai oleh beberapa orang-orang. Tetapi saat ini zaman sudah beralih banyak orang-orang Sunda terlebih yang tinggal di perkotaan tak akan memakai bhs Sunda dalam bertutur kata. Seperti yang berlangsung di pusat-pusat keramaian kota Bandung, di mana banyak orang-orang yang tak akan memakai bhs Sunda serta sering dari mereka semakin banyak memakai bhs Indonesia dibanding dengan bhs daerah sendiri. 
Ada hal yang perlu kita kenali tentang bhs sunda yakni Terdapat banyak dialek dalam bhs Sunda, dari mulai dialek Sunda-Banten, sampai dialek Sunda-Jawa Tengahan yang mulai tercampur bhs Jawa. Beberapa pakar bhs umumnya membedakan enam dialek berlainan. Dialek-dialek ini yaitu : 
Dialek Barat (Bhs Banten) 
Dialek Utara 
Dialek Selatan (Priangan) 
Dialek Tengah Timur 
Dialek Timur Laut (Bhs Sunda Cirebon) 
Dialek Tenggara 
Dialek Barat dipertuturkan di daerah Banten serta Lampung. Dialek Utara meliputi daerah Sunda utara termasuk juga kota Bogor serta banyak daerah Pantura. Lantas dialek Selatan yaitu dialek Priangan yang meliputi kota Bandung serta sekelilingnya. Disamping itu dialek Tengah Timur yaitu dialek di Kabupaten Majalengka serta Indramayu. Dialek Timur Laut yaitu dialek di sekitaran Cirebon serta Kuningan, juga di sebagian kecamatan di Kabupaten Brebes serta Tegal, Jawa Tengah. Serta pada akhirnya dialek Tenggara yaitu dialek sekitaran Ciamis, juga di sebagian kecamatan di Kabupaten Cilacap serta Banyumas, Jawa Tengah. 



Yang butuh kita kenali juga sunda memiliki Kosa Kata Paling Banyak untuk beragam tingkatan seperti berikut ini : 

Yuk kita belajar aksara sunda…. 





Aksara Nada (vokal) 





Aksara Ngalagena 



Rarangkén 




Berdasar pada letak penulisannya, rarangkén terdiri jadi 3 : 
a) Rarangkén di atas huruf 
b) Rarangkén di bawah huruf 
c) Rarangken sejajar huruf 



a. Rarangkén di atas huruf 





b. Rarangkén di bawah huruf 



c. Rarangken sejajar huruf 



Contoh kalimat : 




Belajar Aksara Sunda
Makna dari kata itu : 
Sakumna jalma gubrag ka alam dunya teh sifatna merdika jeung boga martabat katut hak-hak anu sarua. Maranehna dibere akal jeung hate nurani, campur-gaul jeung sasamana aya dina sumanget duduluran. 

Nah sesudah kita mengetahui huruf huruf sunda, mari kita belajar mengetahui angka –angka dalam bhs sunda yuk… 

ANGKA 





Seperti yang kita tekuni barusan orang Sunda harusnya pantas berbangga, karna Bhs Sunda serta Aksara Sunda jadi hanya satu bhs daerah Indonesia yang pertama dapat diterapkan di Computer kalian dengan lisensi UNICODE (Lisensi Bhs Computer Internasional). 

Tapi di luar dari Bhs Sunda serta Aksaranya, bhs Sunda kaya pembendaharaan kata, contoh bila " Makan " dibahasa Indonesia saja sedang dibahasa Sunda banyak, yakni : 

" Emam " = untuk orangtua/Anak Kecil Sopan, 

" Tuangkan " = Untuk Sebaya Sopan, atau Lebih tua sedikit, 

" Dahar " = untuk rekan sebaya Sedikit Kasar, 

" Nyatu " = Bhs Kasar, 
" Jajablok " =bahasa begitu kasar. 
Serta banyak sekali lagi, jadi bila kalian ingin belajar bhs sunda mesti hati-hati, janganlah hanya asal denger selalu diucapin, kalian mesti tau kalimat itu disampaikan untuk siapa serta sopan atau kasar. Awalannya memanglah repot sich tapi lama kelamaan jika seringkali di terapkan dalam bicara akan tidak susah ko : D

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay