Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Cara Bermain Piano

Cara Bermain Piano
Langkah
Gambar berjudul Improve Your Piano Playing Skills Step 1
1
Kelola saat belajar serta berlatih. Sempatkan diri spesial untuk berlatih serta perlihatkan prinsip untuk belajar. Coba tidak untuk membiarkan apapun mengganggu jam latihan Anda. Prinsip untuk berlatih adalah segi perlu untuk tingkatkan kekuatan Anda.
Bila Anda tidak mempunyai saat hingga tidak dapat memberikan sehari serta jam yang sama untuk berlatih, coba buat jadwal.
Pakai pengingat pada piranti yang umum Anda bawa untuk mengingatkan Anda mengenai jam latihan. Bila pemakaian piranti di rasa kurang maksimum, sediakan buku agenda.
Gambar berjudul Improve Your Piano Playing Skills Step 2
2
Rencanakan latihan. Walau selanjutnya hal semacam ini di rasa tidaklah perlu dikerjakan, awal mulanya saat Anda pelajari hal baru, perlu untuk Anda untuk ketahui apa yang butuh dipelajari di session latihan selanjutnya supaya Anda dapat mengukur perkembangan yang diperlihatkan. Gagasan begini di buat supaya Anda dapat mencermati perkembangan dalam soal pengetahuan serta ketrampilan, bukanlah jadi tolak ukur yang buat Anda kecewa bila Anda gagal tunjukkan perkembangan yang dikehendaki dalam periode waktu yang diinginkan. Bila Anda terasa terdapat banyak rencana atau materi yang memerlukan banyaknya waktu untuk dikuasai, janganlah cemas. Yang terutama yaitu selanjutnya, Anda dapat menguasainya.
Gambar berjudul Improve Your Piano Playing Skills Step 3
3
Tingkatkan kekuatan membaca notasi musik. Kesuksesan dalam ikuti beberapa langkah atau beberapa kiat dalam artikel ini juga akan tergantung (atau bertambah) dari kekuatan membaca notasi musik. Anda dapat lakukan banyak hal seperti berikut :
Tekuni cara membaca notasi piano bila Anda belum juga sempat pelajarinya. Yakinkan Anda mengerti nyaris semuanya rencana basic notasi musik. Bila Anda menginginkan tingkatkan kekuatan bermain piano keseluruhannya, Anda butuh pelajari beberapa segi notasi musik yang lebih rumit, seperti dinamika, tempo, kunci/suara basic serta ketukan birama, sinyal kunci (clef), dan sebagainya. Cuma ketahui cara membaca not serta jarak/panjangnya saja belum juga cukup.
Tekuni cara membaca cepat notasi piano. Hal semacam ini bisa tingkatkan kekuatan Anda dalam menerjemahkan serta mengerti notasi/partitur jadi alunan piano yang merdu.
Gambar berjudul Improve Your Piano Playing Skills Step 4
4
Perbaiki peletakan jari serta tingkatkan kecepatan gerak jari saat bermain piano.
Tekuni latihan peregangan jari sebelumnya Anda mulai bermain piano.
Tekuni peletakan jari yang pas pada tuts bila Anda belum juga pelajarinya. Peletakan jari dengan pas pada tuts adalah segi perlu untuk meningkatkan ketrampilan/kekuatan yang lebih rumit.
Gambar berjudul Improve Your Piano Playing Skills Step 5
5
Latihlah tangga suara yang berlainan memakai peletakan jari yang pas. Awalilah berlatih tangga suara naik, lantas turun, lalu naik serta turun. Untuk tiap-tiap suara basic, latihlah tangga suara paling tidak lima kali dengan penjarian yang pas.
Coba latih dua atau tiga tangga suara sebelumnya tiap-tiap session latihan. Kerjakan ini, baik saat Anda berlatih dibawah tuntunan guru, atau saat Anda mempunyai waktu senggang yang dialokasikan spesial untuk belajar serta berlatih piano.
Coba berlatih memakai partitur yang berisi nomor jari, terlebih bila Anda baru pertama kalinya berlatih dengan partitur. Dengan langkah tersebut, Anda dapat memainkan musik dengan pas. Saat kelak Anda memainkan karya-karya yang lebih susah, penjarian adalah hal yang begitu perlu.
Berlatihlah dengan kecepatan yang lebih tinggi. Susunlah metronom dengan kecepatan/tempo yang lebih lambat serta sesudah Anda kuasai satu tingkat kecepatan, beralihlah ke tingkat yang lebih cepat. Latihan begini menolong meningkatkan memori otot. Saat pelajari lagu atau tangga suara baru, awalilah dengan memainkannya dengan perlahan-lahan, namun yakinkan Anda ikuti ketukan serta ketentuan saat lagu dengan pas. Kemudian, awalilah percepat tempo lagu serta jagalah interval yang pas pada tiap-tiap not. Jadi contoh, saat berlatih tangga suara sederhana C mayor, Anda dapat mulai dengan memainkan tiap-tiap not (C, D, E, F, G, A, B) jadi satu not penuh. Kemudian, mainkan tiap-tiap not jadi satu not 1/2 atau dua perempat (yakinkan tiap-tiap not dimainkan dengan berkepanjangan/tidak terputus-putus), lantas mainkan tiap-tiap not jadi satu not seperempat (1/4), dan sebagainya. Bila Anda lakukan kekeliruan, ulangilah kembali dari pertama. Kerjakan latihan ini sepanjang 1/2 jam sampai Anda dapat mengerjakannya tanpa ada buat kekeliruan.
Latihlah penjarian yang pas untuk akor. Anda dapat temukan beberapa sumber di internet yang menguraikan penjarian yang pas untuk tiap-tiap akor. Kadang-kadang, Anda dapat temukan lebih dari satu tempat penjarian yang maksimal untuk satu akor. Hal semacam ini sesungguhnya tergantung pada preferensi Anda. Oleh karenanya, ikutilah tempat/tips yang buat Anda terasa nyaman saat memainkan akor yang berkaitan (terlebih saat beralih dari satu akor ke akor selanjutnya).
Gambar berjudul Improve Your Piano Playing Skills Step 6
6
Hafalkan serta latih tangga suara, terlebih tangga-tangga suara yang paling banyak dipakai. Tekunilah semuanya tangga suara mayor, minor harmonik, minor melodis serta kromatik. Kuasai serta latih tangga-tangga suara itu. Diluar itu, bila Anda memainkan style/genre musik spesifik (mis. blues, jaz, dan sebagainya), tekunilah tangga=tangga suara yang ciri khas dari genre itu.
Gambar berjudul Improve Your Piano Playing Skills Step 7
7
Hafalkan serta latih akor. Akor adalah sebagian suara yang dimainkan dengan berbarengan (pada piano, sebagian tuts ditekan dengan berbarengan).
Awalilah dengan pelajari akor-akor yang paling mendasar.
Tekunilah beberapa alur inversi akor yang berlainan. Coba tekuni kapan serta pada perubahan seperti apa tiap-tiap inversi itu dipakai.
Latihlah akor dengan memainkan progres akor. Awalilah dengan progres akor yang sederhana, seperti progres C-F-G. Sesudah Anda kuasai progres akor sesuai sama itu, latihlah progres-progres akor yang lain yang lebih rumit.
Gambar berjudul Improve Your Piano Playing Skills Step 8
8
Kembangkan kepekaan serta ketangkasan musikal Anda dengan berlatih dengarkan karya-karya serta mengetahui not-notnya. Coba ikuti beberapa langkah seperti berikut :
Awalilah dengan lagu yang sederhana serta lambat. Coba mencari not-not lagu itu pada piano lewat sistem eksperimen. Yakinkan Anda senantiasa berlatih dengan perlahan-lahan sebelumnya memainkan lagu secara cepat. Sebaiknya Anda ikuti langkah untuk langkah dalam latihan, dari pada segera pelajari materi yang susah.
Coba namai not-not pada lagu sesudah Anda mendengarkannya, serta tuliskan not-not itu.
Sesudah Anda usai dengarkan satu sisi lagu, coba mainkan not-not yang ditulis serta cermati seberapa serupa not-not yang Anda mainkan dengan not-not pada lagu asli yang didengarkan.
Anda dapat juga buat system penilaian serta coba menguji kekuatan diri. Janganlah cemas bila awal mulanya Anda cuma berhasil memainkan sebagian not. Belajarlah dari kekeliruan yang di buat. Sedikit untuk sedikit, Anda juga akan dapat menuliskan semuanya not pada lagu dengan pas.
Gambar berjudul Improve Your Piano Playing Skills Step 9
9
Tingkatkan kekuatan “memainkan musik” dalam fikiran. Dengan kekuatan ini, Anda dapat memainkan lagu atau karya dalam fikiran sendiri. Anda dapat mengerjakannya lewat cara seperti berikut :
Lihatlah partitur serta coba mainkan not-notnya dalam fikiran. Awal mulanya, Anda mungkin saja kesusahan untuk mengerjakannya hingga coba mainkan not dengan satu per satu. Untuk permulaan, Anda dapat juga memakai piranti perekam nada serta membaca notasi musik dengan bersenandung sembari merekamnya. Sesudah Anda tunjukkan perkembangan, awalilah rekam sisi notasi yang lebih panjang sebelumnya ambil jeda untuk membaca sisi notasi selanjutnya. Dengan langkah tersebut, Anda dapat membaca cepat serta “memainkan” kutipan lagu, melodi, serta bahkan juga satu karya penuh dalam fikiran.
Kemudian, coba mainkan karya yang dilatih di piano serta cermati seberapa serupa Anda dapat memainkannya.
Gambar berjudul Improve Your Piano Playing Skills Step 10
10
Yakinkan Anda tunjukkan postur badan yang pas saat berlatih piano. Postur yg tidak pas dapat menyebabkan nyeri otot hingga badan Anda jadi lebih kaku. Anda juga tidak dapat memainkan karya dengan baik, selancar saat Anda berlatih dengan postur badan yang pas.
Cocokkan tempat panggul Anda sejajar dengan tuts C tengah (middle C).
Duduklah dengan tegak. Janganlah memiringkan badan ke arah/menjauhi tuts.
Rilekskan badan Anda. Janganlah berlatih dengan badan yang kaku.
Yakinkan jari-jari Anda sedikit ditekuk ke arah bawah (tuts), seperti saat Anda memegang apel. Janganlah tempatkan jari tegak lurus dengan tuts. Diluar itu, janganlah tekuk jari Anda ke arah atas.
Bila Anda baru bermain piano, cermati jari kelingking Anda. Untuk beberapa pemula, kadang-kadang tempat jari kelingking ada lebih tinggi dari pada tempat jari yang lain. Upayakan jari kelingking ke-2 tangan ada pada tempat yang sama juga dengan jari beda. Awal mulanya, Anda mungkin saja butuh melatih hal semacam ini, namun teruslah berlatih sampai dengan alami jari kelingking Anda ada pada tempat yang pas.
Gambar berjudul Improve Your Piano Playing Skills Step 11
11
Latihlah karya atau lagu kegemaran Anda terlebih dulu. Anda dapat mencari banyak partitur gratis dari internet atau beli buku lagu serta partitur dari beberapa toko musik. Anda dapat juga mengambil berkas MIDI lagu atau karya yang menginginkan dipelajari serta merubahnya jadi partitur memakai program-program spesifik, seperti MuseScore.
Awalilah dengan memainkan karya itu dalam tempo yang begitu lambat. Untuk permulaan, yang terutama yaitu Anda dapat mengetahui progres not serta akor lagu.
Taruh kekhawatiran Anda tentang penyesuaian saat pada latihan selanjutnya. Sesudah Anda kuasai progres serta perubahan karya, awalilah sempurnakan penyesuaian saat. Yakinkan tiap-tiap not dimainkan dalam panjang serta pada saat yang pas.
Buat bebrapa sisi lagu saat pelajarinya. Tekuni serta kuasai tiap-tiap sisi lagu, lalu beralihlah ke sisi selanjutnya sesudah satu sisi berhasil dikuasai. Sisi itu bisa berbentuk melodi, progres akor, refrein, dan sebagainya.
Gambar berjudul Improve Your Piano Playing Skills Step 12
12
Tingkatkan kekuatan koordinasi tangan kiri serta tangan kanan Anda. Penambahan ini bisa dikerjakan dengan ikuti beberapa langkah seperti berikut :
Kerjakan latihan koordinasi sebelumnya Anda berlatih piano. Pemakaian metronom di rasa menolong karna Anda dapat melatih koordinasi dalam tempo-tempo yang berlainan.
Saat berlatih memainkan karya-karya yang lebih rumit, awalilah dengan melatih sisi tangan kanan terlebih dulu, lalu tangan kiri (atau demikian sebaliknya). Kemudian, coba latih karya itu dengan memainkan ke-2 sisi (tangan kiri serta tangan kanan). Janganlah terburu-buru saat berlatih. Sesudah Anda kuasai satu sisi, beralihlah ke sisi selanjutnya, serta bukanlah sisi terlebih dulu.
Gambar berjudul Improve Your Piano Playing Skills Step 13
13
Berlatihlah untuk tampak dimuka umum. Perlu untuk Anda untuk punya kebiasaan tampak dimuka umum serta tidak terasa tegang atau gugup saat Anda memainkan not yang salah.
Coba untuk tampak dimuka sekumpulan orang yang Anda kenal terlebih dulu (mis. keluarga, rekan-rekan, dan sebagainya).
Memperbanyak jumlah pemirsa dengan bertahap.
Awalilah untuk tampak di acara-acara tertutup/pribadi seperti piknik, berlibur, pesta, dan sebagainya.
Gambar berjudul Improve Your Piano Playing Skills Step 14
14
Gunakan tehnologi moderen bila Anda berlatih piano sendiri. Ada bermacam program serta piranti keras yang di desain untuk menolong sistem latihan serta perubahan kekuatan. Sebagian salah satunya yaitu :
Pakai metronom. Piranti ini dipakai untuk melatih ketepatan saat serta tempo dalam bermain piano, dan sesuaikan keseluruhnya permainan piano dengan saat.
Program piano. Program begini berguna untuk meningkatkan kepekaan serta ketangkasan musikal, dan kekuatan membaca/memainkan musik dalam fikiran.
Program pembuat notasi musik, seperti MuseScore. Program begini bermanfaat untuk merubah berkas MIDI jadi partitur. Program ini berguna juga untuk menaruh, mengelola, serta cetak partitur-partitur digital. Jadi penambahan, Anda dapat juga memakai program ini pada sistem penggubahan musik.
Program permainan musik serta program pemandu latihan, seperti Synthesia serta PrestoKeys. Permainan serta program pemandu sesuai sama itu dipakai untuk berlatih membaca parttur memakai kyeboard MIDI atau piano (dalam hal semacam ini, permainan yang dimainkan akan tidak menaruh score).
Gambar berjudul Improve Your Piano Playing Skills Step 15
15
Tekuni segala teknik penjarian. Penjarian yang efektif juga akan banyak menolong Anda saat segala teknik yang ada. Banding penjarian dengan perkalian matematika. Bila Anda diberi masalah seperti 5 ditambah 5 sejumlah 100 kali, apakah Anda juga akan mengerjakannya jadi “5 + 5 + 5 +.... ” atau “5 x 100”? Sudah pasti Anda juga akan ikuti cara ke-2, bukan? Hal yang sama saja berlaku untuk penjarian. Bila Anda dapat ikuti tehnik penjarian yang lebih efektif, kenapa tidak? Memanglah dibutuhkan saat penambahan untuk ketahui tempat/tehnik penjarian yang paling pas untuk Anda. Walau demikian, saat penambahan yang Anda sempatkan sekarang ini bisa menolong Anda menghemat saat di masa datang bila Anda butuh merubah tempat/tehnik penjarian saat memainkan lagu.
Ketahui cara kerja otot tangan Anda. Umumnya, untuk mengenalinya Anda cuma butuh memercayakan logika. Jadi contoh, Anda dapat menunjuk ke arah suatu hal dengan gampang memakai telunjuk. Walau demikian, bagaimana dengan jari manis? Saat ini, coba beri angka untuk tiap-tiap jari (ibu jari= 1, telunjuk= 2, jari tengah= 3, jari manis= 4, kelingking= 5). Kami (tim penulis) memanglah tidaklah pakar dalam bagian anatomi manusia, namun ada peluang ibu jari serta telunjuk mempunyai otot-ototnya sendiri, sesaat jari tengah, jari manis, serta kelingking mempunyai otot-otot yang sama-sama tersambung. Oleh karenanya, janganlah ikuti tempat/tehnik penjarian yang menyakitkan, seperti menghimpit tuts C tengah memakai jari kelingking, lalu menghimpit tuts E dengan jempol, dibarengi oleh tuts G dengan jari manis.
Belilah partitur atau notasi musik. Bila Anda dapat membelinya, partitur jadi hal yang menolong Anda. Umumnya, partitur diperlengkapi dengan info penjarian (untuk sebagian tuts/not yang perlu untuk diketahui), serta beberapa orang umumnya telah menguji tempat penjarian itu terlebih dulu sebelumnya partitur atau notasi musik diperjual-belikan. Anda dapat juga memfotokopi partitur atau notasi musik bila ingin, namun yakinkan Anda tidak tidak mematuhi hak cipta.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay