Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Menara jam paling terkenal

Menara jam paling terkenal
Mulai sejak jaman dulu sampai sekarang ini jam jadi satu diantara benda yang begitu perlu untuk kehidupan manusia. Benda ini berperan jadi penunjuk saat dengan bentuk yang bermacam dari mulai arloji, jam dinding, jam digital di hp pandai sampai menara jam yang ukurannya super jumbo serta tinggi. 

1. Big Ben, London, Inggris 
Big Ben yaitu sebutan untuk menara jam yang terdapat di Istana Westminster, London, Britania Raya. Nama resminya yaitu Elizabeth Tower serta sudah ada lebih dari 1, 5 era persisnya dibuat pada th. 1858. Arsitektur menara ini bergaya Neo-Gothic dengan tinggi 96 mtr. serta terdapat pas di pinggir Sungai Thames yang membelah kota London. 

Awal penyebutan Big Ben ini merujuk pada lonceng besar yang berada di dalam jam ini. Tiap-tiap satu jam sekali, lonceng paling utama juga akan berbunyi paling keras sedang tiap-tiap 15 menit sekali juga akan berbunyi empat lonceng yang lain dengan bergiliran. Sekarang ini Big Ben tempati posisi ke-5 jadi menara jam teratas didunia. 

2. Philadelphia City Hall, Philadelphia, Amerika Serikat 
Philadelphia City Hall atau Balai Kota Philadelphia mempunyai menara jam setinggi 167 mtr. yang menarik. Menara jam ini usai dibuat pada th. 1901 oleh arsitek bernama John McArthur, Jr. Terbagi dalam empat bagian jam memiliki ukuran besar, traveler dapat masuk ke dalamnya melalui dek observasi dengan lift kecil didalam menara. 

Philadelphia City Hall yaitu satu diantara balai kota paling besar di Amerika dengan pelaksanaan terlama yaitu sampai 30 th. mulai 1871-1901. Menara jam ini dihiasi oleh patung perunggu di beberapa sisinya yang melukiskan orang pertama di daerah itu yang termasuk juga orang Swedia serta masyarakat asli Amerika. Sedang satu patung di puncak menara yaitu seseorang tokoh bernama William Penn, pendiri Pennsylvania serta perencana dari Philadelphia. 

3. Menara Abraj Al-Bait, Mekkah, Arab Saudi 
Menara Abraj Al-Bait atau lebih di kenal dengan sebutan Makkah Royal Clock Tower adalah menara jam di kompleks perhotelan mewah di kota Mekkah, Arab Saudi. Tempatnya tidaklah terlalu jauh dari Masjidil Haram. Menara ini usai dibuat pada th. 2012 serta mencatatkan rekor jadi menara jam teratas didunia dengan ukuran tinggi 601 mtr.. 

Bentuk muka dari Makkah Royal Clock Tower ini sedikit serupa dengan Big Ben di Inggris tetapi ukurannya semakin besar 3 kali lipat. Saat malam yang cerah puncak jam ini dapat diliat dari jarak 17 km.. Paling tidak ada 12 juta lampu LED yang dipasang serta menyala 5 kali satu hari sesuai sama saat salat. Sedikit penambahan info kalau menara jam ini terkecuali mencatatkan diri jadi yang teratas juga memecahkan rekor jadi jam dengan muka terbesar didunia dengan ukuran sekitaran 50×50 mtr.. 

4. Old Town Astronomical Clock, Praha, Republik Ceko 
Sesuai sama namanya, Old Town Astronomical Clock yaitu jam astronomi yang terdapat di Old Town Square Praha serta paling populer seantero Republik Ceko. Menara jam ini jadi tujuan wisata yang menarik banyak pengunjung. Banyak traveler yang ikhlas datang ke alun-alun kota untuk memandangi gerakan jam ini karna pada bebrapa waktu spesifik jam ini juga akan memutarkan tokoh bergerak. 

Old Town Astronomical Clock pertama kalinya dipasang pada th. 1410 serta membuatnya jadi satu diantara jam astronomi tertua serta masih tetap berperan sampai saat ini. Pembangunannya melibatkan sebagian pakar di disiplin pengetahuan yang berlainan sebut saja pembuat jam Mikulas dari Kadane serta Jan Sindel seseorang pakar matematika serta astrologi di Kampus Charles, Praha. Pengunjung juga diperbolehkan untuk naik ke sisi atas jam dengan membayar USD 5. 

5. Spasskaya Tower, Moskow, Rusia 
Spasskaya Tower atau Saviour Tower yaitu menara jam pada dinding Kremlin sisi timur yang menghadap ke lokasi Red Square. Menara ini dibuat pada th. 1491 oleh seseorang arsitek bernama Pietro Antonio Solari dari Italia. 

Tempatnya yang terdapat di lokasi Red Square buat menara jam ini begitu di kenal wisatawan dari semua dunia pasalnya Red Square sendiri yaitu satu diantara konsentrasi wisatawan di Rusia. Puncak menara ini ada lambang bintang yang demikian jelas pada malam hari. 

Kota Bern di Swiss mempunyai menara jam yang paling unik namanya Menara Zytglogge. Kekhasannya dapat diliat dari bentuk serta angka. Ini tidaklah jam umum tetapi jam astronomi yang di buat pada th. 1500. Lonceng jam ini terbuat dari perunggu seberat 1, 3 ton. Zytglogge mempunyai dua muka, jam paling utama serta jam astronomi yang ukurannya lebih kecil yang tunjukkan hari dalam satu minggu, saat hari, tanggal, fase lunar serta bahkan juga sinyal zodiak sekarang ini. 

Bila traveler menarik saat ke waktu dulu jadi juga akan menjumpai jam ini jadi penjara. Bahkan juga sekarang ini bila pengunjung datang ke menara jam ini mereka masih tetap juga akan menjumpai gerbang kecil yang dipakai jadi gerbang masuk kedalam ruang tembok kota yang dipakai pada era ke-15. Sekarang ini Menara Zytglogge terdaftar jadi website warisan dunia UNESCO. 

7. Peace Tower, Ottawa, Kanada 
Peace Tower dengan kata lain Menara Perdamaian di Ottawa ini ada persis di Blok Tengah Bukit Parlemen kota itu serta jadi ikon yang demikian popular di Kanada. Menara ini mempunyai tinggi 92, 2 mtr.. Bangunan ini sempat melakukan masa kelam di th. 1916, waktu itu bangunan hancur karna kebakaran hebat serta kemudian baru mulai dibuat kembali. 

Menara Perdamaian jadi bukti dari kebangkitan arsitektur Gotik. Traveler yang bertandang dapat masuk kedalam lokasi menara lewat cara lewat gerbang di Wellington Street. Di lantai tiga bangunan ini ada Kamar Memorial untuk menghormati warga Kanada yang mengorbankan nyawa dalam perseteruan mulai sejak masa Konfederasi. Untuk menuju ke puncak menara, traveler mesti lewat dek observasi. Kemudian mereka juga akan lihat panorama kota Ottawa 360 derajat dari puncaknya. 

8. Joseph Chamberlain Memorial Clock Tower, Inggris 
Joseph Chamberlain Memorial Clock Tower yaitu menara jam yang ada di Kampus Birmingham, Inggris, Menara jam ini seringkali dimaksud dengan nama simpelnya yakni Old Joe. Uniknya sampai sekarang ini tidak di ketahui tentu ketinggian menara ini sebagian sumber mencatat tinggi menara Old Joe ini 110, 99, serta 100 mtr.. 

Old Joe dibuat untuk memperingati Joseph Chamberlain, Kanselir pertama Kampus Birmingham. Walau statusnya yaitu jam kampus tetapi karna kekhasan serta ketinggiannya, Old Joe juga menjelma jadi tengara kota dan tujuan wisata yang menarik perhatian banyak wisatawan. 

9. Menara Jam Rajabai, Mumbai, India 
Seperti di ketahui kalau India yaitu negara sisa jajahan Inggris. Banyak bangunan bergaya Eropa didapati di sebagian kotanya salah nya ialah Mumbai. Di kota ini ada satu bangunan peninggalan Inggris yang demikian populer yakni Menara Jam Rajabai. 

Menara Jam Rajabai dibuat pada th. 1878 oleh seseorang arsitek Inggris bernama George Gilbert Scott. Menara jam ini berketinggian 85 mtr. dengan arsitektur mirip Big Ben di London. Menara jam yang saat ini jadi landmark ini adalah bukti kejayaan masa kolonial Inggris di negara itu. 

10. Jam Gadang, Indonesia 
Terkecuali diluar negeri nyatanya Indonesia juga mempunyai satu menara jam yang demikian popular. Kalian tentu telah dapat menebaknya, yap benar Jam Gadang. Menara jam jumbo ini ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Bila anda tengah berlibur di kota ini yakinkan tidak untuk melupakan berfoto dengan latar belakang Jam Gadang ya. 

Jam Gadang dibuat oleh seseorang arsitek Minangkabau bernama Yazid Rajo Mangkuto pada th. 1926. Menara setinggi 26 mtr. ini alami sebagian perbaikan. Pada awal pembangunannya puncak menara berupa bulat dengan puncaknya dihiasi patung ayam jago. Pada saat penjajahan Jepang, puncak menara jam ini ditukar dengan bentuk pagoda, baru sesudah merdeka puncak Jam Gadang dirubah kembali jadi bentuk mirip tempat tinggal kebiasaan Minangkabau.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay