Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Orang Penemu Radio

Orang Penemu Radio
Guglielmo Marconi lahir di Bologna, Italia pada tanggal 25 April 1874, anak lelaki ke-2 dari Giuseppe Marconi, seseorang pria Italia kaya raya serta Annie Jameson yang berdarah Irlandia. Dia merampungkan pendidikannya di Livorno. 

Guglielmo Marconi menikah dengan Maria Cristina Bezzi-Scali pada tanggal 15 Juni 1927 serta memiliki seseorang anak wanita yang bernama Maria Elettra Elena Anna Marconi. 

Marconi meninggal dunia pada tanggal 20 Juli 1937 di Roma, Italia. ok 

Perjalanan Hidupsunting | sunting sumber 
Guglielmo Marconi (1874-1937) Lahir pada th. 1874 di Bologna, Itali. Penemu radio ini bisa pendidikan privat dari seseorang guru. Th. 1894 ketika usianya memijak dua puluh, Marconi baca percobaan-percobaan yang dikerjakan oleh Heinrich Hertz satu tahun lebih terlebih dulu. Percobaan-percobaan ini dengan gamblang mendemonstrasikan ada gelombang elektromagnetik yang tidak terlihat oleh mata, bergerak lewat udara dengan kecepatan nada. 

Marconi lalu tergugah dengan inspirasi kalau gelombang ini dapat digunakan kirim sinyal tanda melewati jarak jauh tanpa ada lewat kawat yang sediakan banyak peluang mengembangnya komunikasi yang tidak dapat dijangkau telegram. Umpamanya, dengan langkah tersebut berita-berita bisa di kirim ke kapal di dalam laut. 

Th. 1895, cuma satu tahun usaha keras, Marconi berhasil memprodusir perlengkapan yang dibutuhkan. Th. 1896 dia memperagakan alat penemuannya di Inggris serta peroleh hak paten pertamanya untuk penemuan ini. Marconi bergegas membangun perusahaan serta " Marconi " pertama di kirim th. 1898. Th. selanjutnya dia telah mampu kirim berita tanpa ada lewat kawat menyeberang selat Inggris. Walau patennya yang terutama diperolehnya th. 1900, Marconi melanjutkan pembuatan serta mempatenkan banyak penyempurnaan-penyempurnaan atas basic penemuannya sendiri. Pada th. 1901 dia berhasil kirim berita radio melewati Samudera Atlantik, dari Inggris ke Newfoundland. 

Arti perlu dari penemuan barunya dengan dramatis dilukiskan pada th. 1909 ketika kapal S. S. Republic rusak karena tabrakan serta terbenam ke basic laut. Berita radio sangat menolong, semuanya penumpang dapat diselamatkan terkecuali enam orang. Pada th. yang sama Marconi berhasil mencapai Hadiah Nobel untuk penemuannya. Serta pada th. selanjutnya dia berhasil kirim berita radio dari Irlandia ke Argentina, satu jarak yang lebih dari 6000 mil. 

Semuanya berita ini di kirim lewat sinyal tanda system kode Marconi. Seperti di ketahui, nada itu bisa di kirim lewat radio, namun hal semacam ini baru dapat terwujud sekitaran th. 1915. Penyiaran radio dalam taraf komersial baru mulai awal th. 20-an, namun kepopulerannya serta makna perlunya tumbuh dengan sangat cepatnya. 

Satu penemuan yang hak patennya miliki harga tinggi dengan sendirinya menyebabkan pertentangan di pengadilan. Namun, rupa-rupa tuntutan lewat pengadilan pupus melenyap setelah th. 1914 ketika pengadilan mengaku hak-hak Marconi. Pada th. selanjutnya, Marconi lakukan juga penyelidikan perlu di bagian gelombang pendek serta komunikasi microwave. Dia hembuskan napas paling akhir di Roma th. 1937. 

Terkecuali Marconi jadi kesohor sebagai penemu, terang juga pengaruhnya tidak diragukan dalam soal makna perlu radio serta beberapa hal yang terkait dengan itu. Marconi tidak temukan tv. Namun, penemuan radionya adalah pembuka jalan perlu buat tv, karenanya yaitu layak berasumsi Marconi miliki saham juga dalam pengembangan tv. 

Terang, komunikasi tanpa ada kawat miliki arti teramat perlu dalam dunia moderen. Ini berguna sangat buat pengiriman berita, untuk hiburan, untuk kepentingan militer, untuk penyelidikan ilmiah, untuk beberapa pekerjaan kepolisian, dan sebagainya kepentingan. Walau untuk banyak hal telegram (yang telah diketahui orang lebih dari 1/2 era terlebih dulu) bisa disebut miliki manfaat juga, pemakaian radio dengan besar-besaran benar-benar tidak tertandingkan. Dia dapat menjangkau mobil, kapal di lautan, pesawat yang tengah mengudara, bahkan juga pesawat ruangan angkasa. Terang adalah penemuan lebih perlu daripada tilpun karna berita-berita yang di kirim lewat tilpun dapatlah di kirim lewat radio, sekali lagi juga pesan-pesan lewat radio bisa di kirim ke beberapa tempat yang tidak dapat diraih tilpun. 

Marconi miliki tempat posisi lebih tinggi dalam daftar ini daripada Graham Bell hanya berhubung komunikasi tanpa ada kawat adalah penemuan lebih perlu dari pada tilpun. Saya letakkan Edison sedikit lebih tinggi dalam posisi daftar buku ini daripada Marconi karena jumlah besar penemuan yang telah dikerjakannya, walau tidak ada satu juga daripadanya yang mengungguli makna perlu radio. Karna radio serta tv hanya adalah sisi kecil saja dari pemakaian praktis dari kerja teoretis Michael Faraday serta James Clerk Maxwell, adillah jika Marconi harus diletakkan dalam posisi sedikit lebih bawah dari ke-2 orang itu. Berbarengan dengan itu terang juga kalau beberapa kecil saja tokoh-tokoh politik yang miliki dampak besar pada dunia seperti yang dimiliki Marconi, karenanya layak juga dia diletakkan pada kedudukan cukup tinggi dalam daftar posisi buku ini. 

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay