Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Penyebab terjadinya angin puting beliung

Penyebab terjadinya angin puting beliung
Angin Puting Beliung adalah angin yang berputar-putar dengan kecepatan lebih dari 63km/jam yang bergerak searah garis lurus dengan lama peristiwa maksimum lima menit. Di beberapa daerah angin ini dimaksud degan beragam nama, seperti orang pemula mengatakannya jadi angin Leysus serta orang Sumatera mengatakannya dengan angin Bohorok, didaerah lainpun angin puting beliung memiliki sebutan semasing. 

Angin puting beliung ini seringkali berlangsung pada siang hari atau pada sore hari waktu musim pancaroba. Angin type ini bisa menghancurkan apa sajakah yang ia lalui, semuanya juga akan diterjang habis karna pusarannya itu jadi benda-benda apa sajakah yang di lalui juga akan terangkat serta terlempar. 

penyebabnya Terjadinya Angin Puting Beliung serta Langkah Penanggulangannya 

Karakter Angin Puting Beliung 
1. Angin puting beliung adalah efek dari ikut-ikutan awan Cb atau Cumulonimbus yang umum tumbuh sepanjang musim hujan, walau demikian tidak semuanya perkembangan awan ini juga akan menyebabkan angin puting beliung. 

2. Hadirnya angin ini belum juga bisa diprediksikan. 

3. Angin ini berlangsung dengan mendadak yaitu 5 hingga 10 menit pada ruang dengan taraf yang begitu lokal. 

4. Pusaran angin puting beliung serupa dengan selang vacum cleaner atau belalai gajah. 

5. Bila angin puting beliung berlangsung dalam kisaran aktu yang lumayan lama jadi juga akan meninggalkan trek yang membuat jalus rusaknya. 

6. Angin puting beliung seringkali berlangsung pada siang hari serta pada daerah dataran rendah. 

Penyebabnya Terjadinya Angin Puting Beliung 
Angin puting beliung berlangsung karna udara panas serta udara dinginbertemu hingga keduanya sama-sama bentrok serta terjadilah angin puting beliung. Selian itu, angin ini berlangsung juga karna dalam awan berlangsung arus udara naik keatas yang kuat. Hujan belum juga turun serta titik air maupun kristal es masih tetap tertahan oleh arus udara yang naik keatas puncak awan. 

Sistem Terjadinya Angin Puting Beliung 
Angin puting beliung umumnya berlangsung waktu musim pancaroba pada siang hari waktu suhu udara panas, pengap serta awan hitam mulai berkumpul, karna radiasi matahari di siang hari jadi tumbuh awan dengan vertikal lantas didalam awan juga akan berlangsung pergolakan arus udara naik serta turun dengan kecepatan yang cukup tinggi. Arus udara yang turun dengan kecapatan tinggi menghembus ke permukaan bumi dengan mendadak serta jalan dengan acak. 

Efek Terjadinya Angin Puting Beliung 
Efek yang berlangsung diantaranya : 

1. Rusaknya tempat tinggal serta infrastruktur di satu daerah yang terserang angin puting beliung. 
2. Dapat menyebabkan korban jiwa. 
3. Rusaknya kebum-kebun punya warga. 
4. Mengakibatkan kerugian materil. 
5. Banyak sampah serta uing-puing yang terikut nagin puting beliung berantakan.  
6. Tergangguna sistem kegaiatn ekonomi sekitaran. 

Langkah Penanggulangan Angin Puting Beliung 
1. Baiknya waktu juga akan buat bangunan di daerah yang mempunyai peluang bisa berlangsung angin topan, jadi buat pondasi yang dalam serta kuat hingga bangunan itu kuat. 

2. Di daerah yang riskan berlangsung angin jadi dibutuhkan SOP pembuatan abngunan yg tidak gampang rubuh. 

3. Pembangunan gedung yang diperuntukkan untuk kepentingan umum baiknya dibuat di daerah yg tidak riskan terserang angin. Hingga gedung itu juga nanti akan jadi tempat pengungsian waktu berlangsung bencana. 

4. Kerjakan latihan mitigasi bencana bila satu waktu berlangsung bencana angin.  

5. Tambah baik waktu juga akan berlangsung angin warga mengungsi walau demikian janganlah lupa untuk emnutup semuanya pintu serta jendela tempat tinggal sebelumnya meninggalkan tempat tinggal dalam jumlah yang besar. 

Tersebut sepintas keterangan mengenai Penyebabnya Terjadinya Angin Puting Beliung serta Langkah Penanggulangannya, terima kasih sudah meluangkan membaca, mudah-mudahan artikel yang anda baca berguna, janganlah sungkan untuk kirim kritik ataupun anjuran pada redaksi kami

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay