Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Perkembangan Motor Vespe

Perkembangan Motor Vespe
Histori vespa diawali lebih dari seabad yang lalu, persisnya 1884. Perusahaan Piaggio dibangun di Genoa, Italia pada th. 1884 oleh Rinaldo Piaggio. Usaha Rinaldo diawali perlengkapan kapal. Tapi diakhir era, Piaggio juga menghasilkan Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck, Mesin serta Kereta api. Pada Perang Dunia I, perusahaannya menghasilkan Pesawat Terbang serta Kapal Laut. 

Pada th. 1917 Piaggio beli pabrik baru di Pisa serta 4 th. lalu Rinaldo menggantikan satu pabrik kecil di Pontedera di daerah Tuscany Italia. Pabrik di Pontedera berikut yang mana jadi Pusat produksi pesawat terbang bersama komponen-komponennya (baling-baling, Mesin serta Pesawat) Sepanjang Perang Dunia II, pabrik di Pontedera buat P108 untuk mesin Pesawat dua penumpang serta Versus Pembom. 





Pada akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio dibom oleh pesawat sekutu. Sesudah perang selesai, Enrico Piaggio menggantikan Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio). Ketika itu perekonomian Italia tengah lebih buruk, Enrico mengambil keputusan untuk mendisain alat transportasi yang murah. Enrico mengambil keputusan untuk pusatkan perhatian perusahaannya pada problem personal Mobility yg diperlukan orang-orang Italia. Lalu bergabunglah Corradino D’Ascanio, Insinyur bagian penerbangan yang memiliki bakat yang membuat, mengkonsep serta menerbangkan Helikopter Moderen Pertamanya Piaggio. 





D’Ascanio buat rancangan yang sederhana, ekonomis, nyaman dan menawan. D’Ascanio mengimpikan satu revolusi kendaraan baru. Dengan ambil deskripsi dari teknologi pesawat terbang, dia memikirkan satu kendaraan yang dibuat dengan satu “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan seperti Ban mendarat satu pesawat yang mana gampang untuk pergantian ban. Akhirnya satu design yg di inspirasi dari pesawat yang yang hingga sekarang ini berlainan dengan kendaraan yang beda. 





Jadi pada 1945, konstruksi alternatif itu diketemukan. Awalannya memanglah satu rencana sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk membulat seperti terowong. Mengagetkan, nyatanya sisi staternya didesain dengan memakai komponen bom serta rodanya di ambil dari roda pesawat tempur. Manfaat memaksimalkan bentuk serta keamanan pemakainya, pabrikan yang saat itu masih tetap termasuk jadi usaha ''kaki lima'' membuat papan penutup kaki di bagian depan. Project ini segera di pimpin oleh Corradino d'Ascanio. Karenanya, hak paten juga selekasnya bisa mereka kantongi. 




Akhirnya, nampaklah pertama kalinya product motor dengan seri MP5. Kendaraan ini berteknologi sederhana namun miliki bentuk yang sangat menarik, seperti binatang penyengat (lebah/tawon) karna bentuk kerangkanya. Tetapi, karna bentuk penutup pengaman yang seperti papan selancar itu, beberapa pekerja di pabrik Piaggio juga bahkan juga menyebutkannya jadi motor Paperino. Berharap diingat, Paperino yaitu sindiran sinis untuk tokoh Donald Duck (bebek). Jadi, d'Ascanio juga putar akal untuk melakukan perbaikan jenis itu. 





D’ascanio cuma memerlukan sekian hari untuk mengonsep ulang bentuk design kendaraannya serta prototipnya dinamakan MP6. Waktu Enrico Piaggio lihat protototip MP6 itu, ia dengan tidak berniat berseru “Sambra Una Vespa” (tampak seperti Tawon). Pada akhirnya dari seruan tidak berniat itu, ditetapkan kendaraan ini diberi nama ‘Vespa’ (tawon dalam bhs Indonesia). 

Pada April 1946, prototip MP6 ini mulai di produksi masal di pabrik Piaggio di Pontedera, Italia. Pada Akhir 1949, sudah diproduksi 35000 unit serta dalam 10 th. sudah menghasilkan 1 Juta unit serta pada pertengahan th. 1950. Sepanjang th. 1960-an serta 1970-an Vespa jadi lambang dari revolusi ide pada saat itu. 



Perubahan setelah itu, product ini nyatanya laku diserap pasar Prancis, Inggris, Belgia, Spanyol, Brazil, serta India -- terkecuali di pasar domestik product ini laris seperti kacang goreng. Diluar itu, India juga menghasilkan type serta bentuk yang sama juga dengan ambil mesin Bajaj. Macamnya yaitu Bajaj Deluxe serta Bajaj Super. Beberapa pihak lalu memajukan lamaran untuk joint buat Vespa. Jadi pada 1950 keluarah Vespa 125 cc buatan Jerman. 

Ketika itu banyak negara beda yang coba buat product sama, namun nyatanya mereka tidak sedikit juga dapat menyaingi Piaggio. Diantara kompetitor itu yaitu Lambretta, Heinkel, Zundapp, serta NSU. Untuk orang-orang Indonesia, product Lambretta serta Zundapp, pernah popular di masa 1960-an. Selidik miliki selidik, fanatisme pada Vespa nyatanya keluar karena ciri basic bentuk motor ini yang senantiasa dipertahankan pada tiap-tiap product selanjutnya. Bahkan juga waktu mereka termasuk lakukan ''revolusi'' bentuk pada product baru, Vespa 150 GS, kekhasan pantat bahenol masih tetap merasa menempel. 

Product 150 GS -- saat itu di kenal jadi Vespamore serta nyaris senantiasa tampak di setiap film th. 1960-an -- memanglah kemudi serta lampu sorotnya mulai di buat menyatu. Namun, keseluruhannya terlebih bentuk pantatnya, betul-betul masih tetap membulat. Serta narasi selalu berlanjut sekarang ini dengan jenis generasi baru Vespa, menghadirkan Vespa ET2, Vespa ET4, Vespa Granturismo serta Vespa PX150. Vespa bukanlah sekedar hanya Scooter tapi satu diantara Icon besar orang Italia.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay