Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Sejarah Berkembangnya Internet

Sejarah Berkembangnya Internet
Interconnection network (internet) yaitu system global dari semua jaringan computer yang sama-sama tersambung. Internet datang dari bhs latin " inter " yang bermakna " pada ". Internet adalah jaringan yang terbagi dalam milyaran computer yang berada di semua dunia. Internet melibatkan beragam type computer dan topology jaringan yang berlainan. Dalam mengatur integrasi serta komunikasi jaringan, dipakai standard protokol internet yakni TCP/IP. TCP bertugas untuk meyakinkan kalau semuanya jalinan bekerja dengan baik, sedang IP bertugas untuk mentransmisikan paket data dari satu computer ke computer lainnya. 

Internet sudah memberi peran serta andil yang begitu besar untuk perubahan dunia. Hadirnya internet sudah menghapus batas serta jarak pada akses info. Bagaimanapun juga, perubahan internet dapat berikan efek positif (baik) serta negatif (jelek). 
Internet adalah jaringan computer yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di th. 1969, lewat project ARPAyang dimaksud ARPANET (Advanced Research Proyek Agency Network), dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardwaredan software computer yang berbasiskan UNIX, kita dapat lakukan komunikasi dalam jarak yg tidak terhingga lewat saluran telepon. 

Project ARPANET membuat bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar info bisa dipindahkan, serta pada akhirnya semuanya standard yang mereka tetapkan jadi cikal akan pembangunan protokol baru yang saat ini di kenal jadi TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). 

Maksud awal dibuatnya project itu yaitu untuk kepentingan militer. 
Ketika itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) buat system jaringan computer yang menyebar dengan menghubungkan computer di beberapa daerah vital untuk menangani problem apabila berlangsung serangan nuklir serta untuk hindari terjadinya info terpusat, yang jika berlangsung perang bisa gampang dihancurkan. 

Pada awalnya ARPANET cuma menghubungkan 4 website saja yakni Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, dimana mereka membuat satu jaringan terpadu di th. 1969, serta pada umumnya ARPANET dikenalkan pada bulanOktober 1972. 
Selang beberapa saat project ini berkembang cepat di semua daerah, serta semuanya kampus di negara itu menginginkan gabung, hingga buat ARPANET kesusahan untuk mengaturnya. 

Oleh karenanya ARPANET dipecah manjadi dua, yakni " MILNET " untuk kepentingan militer serta " ARPANET " baru yang lebih kecil untuk kepentingan non-militer seperti, beberapa kampus. 
Paduan ke-2 jaringan pada akhirnya di kenal dengan nama DARPA Internet, yang lalu disederhanakan jadi Internet. 



SEJARAH INTERNET 

Pada th. 1957 Uni Soviet (saat ini Rusia) meluncurkan satu wahana luar angkasa, Sputnik di luncurkan oleh Soviet pada tanggal 4 Oktober 1957, serta mulai Program Sputnik Rusia, dengan Sergei Korolev jadi kepala disain serta Kerim Kerimov jadi asistentnya. Sputnik 1 menolong mengidentifikasi kepadatan susunan atas atmosfer dengan jalan mengukur perubahan orbitnya serta memberi data dari distribusi signal radio pada susunan ionosphere. Karna tubuh satelit ini berisi nitrogen bertekanan tinggi, Sputnik 1 juga berikan peluang pertama dalam pendeteksian meteorit, karna hilangnya desakan dalam dikarenakan oleh penetrasi meteroid dapat diliat lewat data suhu yang dikirimkannya ke bumi. 
Pada th. 1958 Jadi buntut dari " kekalahan " Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibuatlah satu tubuh didalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Proyeks Agency (ARPA), yang mempunyai tujuan supaya Amerika Serikat dapat tingkatkan ilmu dan pengetahuan serta tehnologi negara itu. Satu diantara sasarannya yaitu tehnologi computer. 
Awal 1960-an Teori tentang packet-switching bisa diimplementasikan dalam dunia riil. Pertengahan 1960-an ARPA meningkatkan ARPANET untuk mempromosikan " Cooperative Networking of Time-sharing Computers ", dengan cuma empat buah host computer yang bisa dikaitkan sampai th. 1969, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, serta University of Utah. 
Pada th. 1962 J. C. R. Licklider menulis satu tulisan tentang satu visi dimana beberapa computer bisa sama-sama dikaitkan pada satu dengan yang lain dengan global supaya tiap-tiap computer itu dapat tawarkan akses pada program dan data. Pada th. ini RAND Corporation mulai penelitian pada inspirasi ini (jaringan computer terdistribusi), yang diperuntukkan untuk maksud militer. 
1965 Arti " Hypertext " di keluarkan oleh Ted Nelson. 
1968 Jaringan Tymnet di buat. 
1971 Anggota jaringan ARPANET jadi bertambah jadi 23 buah node computer, yang terdiri atas beberapa computer untuk penelitian punya pemerintah Amerika Serikat serta kampus. 
1972 Satu grup kerja yang dimaksud dengan International Network Working Group (INWG) di buat untuk tingkatkan tehnologi jaringan computer dan buat beberapa standard untuk jaringan computer, termasuk juga salah satunya yaitu Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini yaitu Vint Cerf, yang lalu dikatakan sebagai " Ayah Internet " 1972-1974 Sebagian service basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, serta yang lain, mendaftarkan dianya ke ARPANET lewat jaringan dial-up. 
1973 ARPANET ke luar Amerika Serikat : pada th. ini, anggota ARPANET jadi bertambah sekali lagi dengan masuknya sebagian kampus diluar Amerika Serikat yaitu University College of London dari Inggris serta Royal Radar Establishment di Norwegia. 
1974 Vint Cerf serta Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detil protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel " A Protocol for Packet Network Interconnection ". 1974 Bolt, Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, buka satu versus komersial dari ARPANET yang mereka sebut jadi Telenet, yang disebut service paket data umum pertama. 
1977 Telah ada 111 buah computer yang sudah tersambung ke ARPANET. 
1978 Protokol TCP dipecah jadi dua sisi, yaitu Transmission Control Protocol serta Internet Protocol (TCP/IP). 
1979 Group diskusi Usenet pertama di buat oleh Tom Truscott, Jim Ellis serta Steve Bellovin, alumni dari Duke University serta University of North Carolina Amerika Serikat. Kemudian, pemakaian Usenet juga bertambah dengan mencolok. Pada th. ini juga, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie. 
Awal 1980-an Computer pribadi (PC) mewabah, serta jadi sisi dari banyak hidup manusia. 
Th. ini terdaftar ARPANET sudah mempunyai anggota sampai 213 host yang tersambung. 
Service BITNET (Because It's Time Network) diawali, dengan sediakan service e-mail, mailing daftar, dan File Transfer Protocol (FTP). 
CSNET (Computer Science Network) juga dibuat pada th. ini oleh beberapa ilmuwan serta pakar pada bagian pengetahuan computer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, serta BBN, dengan support dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini sediakan service e-mail serta sebagian service yang lain pada beberapa ilmuwan itu tanpa ada mesti terhubung ARPANET. 
1982 Arti " Internet " pertama kalinya dipakai, serta TCP/IP diadopsi jadi protokol universal untuk jaringan itu. Name server mulai diperkembang, hingga mengizinkan beberapa pemakai supaya bisa tersambung pada satu host tanpa ada mesti ketahui jalur tentu menuju host itu. Th. ini terdaftar ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet. 1986 Dikenalkan system nama domain, yang saat ini di kenal dengan DNS (Domain Name Sistem) yang berperan untuk menyeragamkan system pemberian nama alamat di jaringan computer. 
1986 Dikenalkan system nama domain, yang saat ini di kenal dengan DNS (Domain Name Sistem) yang berperan untuk menyeragamkan system pemberian nama alamat di jaringan computer. 






Peristiwa perlu lainnya 
Th. 1972, Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia buat satu tahun waktu lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini demikian gampang hingga segera jadi popular. 
Pada th. yang sama, icon @juga dikenalkan jadi simbol perlu yang tunjukkan “at” atau “pada”. 
Th. 1973, jaringan computer ARPANET mulai diperkembang ke luar Amerika Serikat. 
Computer University College di London adalah computer pertama yang berada di luar Amerika sebagai anggota jaringan Arpanet. 
Pada th. yang sama, dua orang pakar computer yaitu Vinton Cerf serta Bob Kahn mempresentasikan satu ide yang semakin besar, sebagai cikal akan pemikiran internet. Inspirasi ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Kampus Sussex. 

Hari bersejarah selanjutnya yaitu tanggal 26 Maret 1976, saat Ratu Inggris berhasil kirim e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. 
Satu tahun lalu, telah lebih dari 100 computer yang gabung di ARPANET membuat satu jaringan atau network. 
Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis serta Steve Bellovin, membuat newsgroups pertama yang dinamakan USENET. 
Th. 1981 France Telecom membuat dobrakan dengan meluncurkan telpon tv pertama, di mana orang dapat sama-sama menelpon sembari terkait dengan video link. 
Karna computer yang membuat jaringan makin hari makin banyak, jadi diperlukan satu protokol resmi yang disadari oleh semuanya jaringan. 

Pada th. 1982 dibuat Transmission Control Protocol atau TCP serta Internet Protokol atau IP yang kita kenal semuanya. 
Disamping itu di Eropa keluar jaringan computer tandingan yang di kenal dengan Eunet, yang sediakan jasa jaringan computer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark serta Swedia. Jaringan Eunet sediakan jasa e-mail serta newsgroup USENET. 

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan computer yang ada, jadi pada th. 1984 dikenalkan system nama domain, yang saat ini kita kenal dengan DNS atau Domain Name Sistem. 
Computer yang tersambung dengan jaringan yang ada telah lebih dari 1000 computer lebih. 
Pada 1987 jumlah computer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10. 000 lebih. 

Th. 1988, Jarko Oikarinen dari Finland temukan serta sekalian mengenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Satu tahun lalu, jumlah computer yang sama-sama terkait kembali melonjak 10 kali lipat dalam satu tahun. Tidak kurang dari 100. 000 computer saat ini membuat satu jaringan. 

Th. 1990 yaitu th. yang paling bersejarah, saat Tim Berners Lee temukan program editor serta browser yang dapat menelusuri pada satu computer dengan computer yang lain, yang membuat jaringan itu. Program berikut yang dimaksud www, atau World Wide Situs. 

Th. 1992, computer yang sama-sama tersambung membuat jaringan telah melampaui sejuta computer, serta di th. yang sama keluar arti surfing the internet. 

Th. 1994, website internet sudah tumbuh jadi 3000 alamat halaman, serta untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail keluar di internet. Dunia segera beralih. 
Di th. yang sama Yahoo! dibangun, yang sekalian kelahiran Netscape Navigator 1. 0. 


Th. 1995 – 1996 (Lahirnya E-business) 
Th. ini merupaka Kelahiran e-business yang dipelopori oleh Amazon serta eBay. 

Th. 1997 (Lahirnya WAP) Wireless Application Protocol (WAP) yaitu sistem yang buat internet ada di hp. Edisi awal WAP bising, lambat serta tanpa ada garis batas.  

Th. 1998 (Lahirnya Google) 
Sesungguhnya terdapat banyak mesin pencari sebelumnya Google, salah satunya Situs Wanderer serta Google, Tetapi Google jadi terobosan lewat sistem pencarian serta hasil yang diperingatkan. Pencipta Google sendiri yaitu Larry Page serta Sergey Brin, Mahasiswa Post Doctoral (PhD) di Kampus Stanford, California jadi mahasiwa post doctoral (PhD). 

Th. 1999 (Timbulnya Game Internet) 
Mesin permainan internet yang dinamakan Dreamcast memelopori jalan menuju Nintendo’s GameCube serta PS3. 

Th. 2000 (Euforia DotCom) 
Demam usaha di internet buat beberapa investor berlomba – lomba melempar uang pada usaha apa pun selesaian. com, Puncaknya berlangsung apda Maret 2000. 

Th. 2008 (Pemakai Paling banyak) 
Pemakai Internet Terbanya yakni China, pada 2008 menjangkau sebesar 178 Juta orang, rekor ini menaklukkan Amerika yang menjangkau angka 163 Juta. Serta Hingga sekarang ini jumlah pemakai internet paling banyak masih tetap dipegang oleh China. 

Th. 2009 (Radio serta TV internet) 
Servis Radio Internet seperti Pandora, Blip. fminternet, serta Last. fm disisihkan untuk sesaat saat saat perusahaan rekaman menyepakati cost Royalti yang lebih sepadan. 
Serta pada 22 Oktober 2009, TV Internet Microsoft, satu servis baru dalam terhubung pertunjukan TV serta film berbasiskan situs segera dari Media Center pada akhirnya meninggalkan beta jadi sisi peluncuran Windows 7. 

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay