Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Sejarah masuknya futsal ke indonesia

Sejarah masuknya futsal ke indonesia
Kapan berolahraga futsal masuk ke Indonesia? 

walau sesungguhnya futsal telah di kenal di tanah air mulai sejak masa 1998-1999, 

tetapi dengan resmi histori Futsal Indonesia diawali pada th. 2002 saat Indonesia di daulat AFC (Asian Football Confederation) untuk mengadakan putaran final kejuaraan futsal tingkat asia di Jakarta. 

Kejuaraan AFC th. 2002 ini yaitu penyelenggaraan ke -4 mulai sejak pertama kalinya diselenggarakan th. 1999 di Malaysia. Putaran final diselenggarakan di Jakarta 22 s. d 30 Oktober 2002. 

Semua kompetisi Futsal di gelar di Istora Senayan Jakarta. Turnamen ini dimenangkan Iran, sedang Indonesia cuma dapat mencapai 1x kemenangan serta 1x seri dari 4 kompetisi hingga tidak lolos di sesi penyisihan group. 

Siapa pembawa futsal ke Indonesia? 
Juicetinus Lhaksana 

Bicara mengenai perubahan futsal di Indonesia, tidak dapat terlepas dari nama seseorang Juicetinus Lhaksana, dia lah yang membawa Futsal ke Indonesia. 

Pria kelahiran 28 Juli 1967 ini sempat menjabat jadi pelatih timnas futsal Indonesia pada th. 2004 – 2007. 

Dia sempat tinggal di Belanda sepanjang 15 th. serta memegang sertifikat kepelatihan futsal dari KNVB (Asosiasi Sepakbola Belanda) dan sempat melatih club divisi paling utama negeri kincir angin ini. 

Di masa kepemimpinan Juicetin, timnas Indonesia sempat mencapai prestasi Internasional dengan peroleh medali perunggu pada SEA GAMES Thailand th. 2007. Pada saat itu Indonesia berhasil menaklukkan Laos dengan score telak 11 – 1. 

Histori semula permainan futsall 
Sebelumnya kita ulas selanjutnya mengenai histori serta perubahan futsal di Indonesia, mari lebih pikiran Anda dengan info sekitar histori futsall dunia dan bagaimana terwujudnya permainan futsal sampai mungkin saja seperti saat ini. 

Kapan serta di mana futsal mulai dimainkan? 
Permainan Futsal pertama kalinya dipopulerkan di Montevideo ibukota Uruguay pada th. 1930. Karna kekhasannya, berolahraga Futsal ini memperoleh banyak perhatian serta setelah itu menebar ke semua Amerika Selatan. 

Negara Amerika Latin dengan perubahan Futsal terpesat yaitu Brasil. Di masa-masa selanjutnya Brasil senantiasa menguasai serta memenangkan banyak kejuaraan Futsal tingkat dunia. 

Lantas, siapakah penemu futsal? 
Capture 
Juan Carlos Ceriani 

Penemu futsal yaitu Prof. Juan Carlos Ceriani, Pria kelahiran Buenos Aires, Argentina 9 Maret 1907. 

Profesor yang seseorang guru pendidikan jasmani ini terdaftar jadi lulusan Federasi Amerika Selatan YMCA yang saat ini dimaksud Federasi Amerika Latin. 

Kariernya yang cemerlang di YMCA of Buenos Aires (Argentina) pada 1928-1929, mengantarkannya jadi pelatih timnas sepakbola Portugal yang pada saat itu tengah lakukan persiapan untuk ikuti piala dunia yang pertama. 

Semula penemuan Futsal Oleh Juan Carlos Ceriani 
Pada th. 1930, Juan Carlos jadi pelatih timnas sepakbola Portugal seperti yang telah dikisahkan terlebih dulu, sedang pelatihannya dipusatkan di Montevideo.. 

Dengan cuaca montevideo yang seringkali diguyur hujan, buat program latihan timnas portugal yang sudah disusun Juan jadi berantakan. 

Tapi nyatanya hal semacam ini jadi jadi barokah … 

Juan mengkolaborasikan beragam cabang berolahraga untuk menangani problem itu. Hand ball, basket ball serta polo air, ke-3 cabang berolahraga permainan berikut yang memicu terwujudnya Futsal seperti yang kita mainkan saat ini. 

Alih-alih jadi kendala, dengan keadaan itu Juan mencari jalan keluar dengan mengubahkan latihan tim nya kedalam ruang. 

Serta terwujudlah Permainan FUTSAL 

Kenapa diberi nama futsal? 
Asal nama futsal terbagi dalam 2 kata yakni futbol serta sala yang dalam bhs spanyol bermakna sepakbola dalam ruang. Nama ini sesuai dengan Futsal sendiri yakni cabang berolahraga baru yang mengambil sepakbola dengan tempat permainan dalam ruang. 

Bagaimana ketentuan futsal terjadi? 
Pada saat awal perubahannya, Futsal dimainkan tanpa ada ketentuan yang baku. Ketentuan yang digunakan yaitu perjanjian ke-2 tim yang berlaga. Membutuhkan saat nyaris 2 (dua) dasarawa supaya futsal bisa disadari. 

Perubahan futsal terhalang karna tidak ada ketentuan baku yang mengatur permain ini dengan internasional. Hal semacam ini tersingkap saat berlangsung pertemuan sebagian tokoh Futsal di Sao Paulo, Brasil. 

Untuk menangani hal semacam ini, pada th. 1935 dimulailah pertemuan marathon dengan sebagian tokoh Futsal untuk merumuskan bagaimana futsal dimainkan. 

Karna keadaan terlebih ukuran lapangan yang lebih kecil dari sepakbola, jadi mesti ada ketidaksamaan ketentuan pada sepakbola serta futsal. 

Sesudah perjalanan panjang perumusan itu, pada akhirnya pada pertengahan th. 1936 dikeluarkanlah ketentuan Futsal pertama didunia yang berisi tidak jauh lain dengan ketentuan FIFA yang saat ini. Serta setelah itu pada th. 1954 ketentuan futsal dibakukan. 

Perubahan Futsal di Eropa 
Perubahan Futsal di eropa berlangsung karna perpindahan beberapa pemain amerika selatan ke dataran eropa. Mereka mengenalkan Futsal ke orang-orang eropa serta perlahan-lahan futsal juga mulai disukai di sana. 

Kejuaraan futsal internasional 
Kejuaraan Futsal negara-negara amerika selatan 
Kejuaraan internasional futsal pertama kalinya diadakan th. 1965 yang dibarengi negara-negara Amerika Selatan. Pada turnamen ini Paraguay tampak jadi juara. 

Enam kejuaraan piala Amerika Selatan selanjutnya diselenggarakan sampai th. 1979 dengan juara bertahan Brasil tanpa ada meskipun digeser tempatnya oleh negara beda. 

Piala dunia futsal pertama 
Piala Dunia Futsal pertama kalinya di gelar pada th. 1982 dengan pertolongan FIFAUSA (sebelumnya anggota-anggotanya gabung dengan FIFA pada th. 1989 di Sao Paulo, Brasil. 

Lagi-lagi Brasil menguasai dengan jadi juara. 

Kompetisi internasional futsal pertama di AS 
Di Amerika Serikat, kompetisi futsal internasional pertama di gelar pada Desember 1985 berada di Kampus Negeri Sonoma, Rohnert Park, California. 

Perubahan futsal di Indonesia 
Sesudah mengulas histori semula terwujudnya permainan futsal, mari kembali pada tema bahasan awal kita mengenai histori futsal di Indonesia. 

Tren futsal Indonesia th. 2015 
Dari data google tren yang saya ambillah sekian waktu lalu, perubahan futsal di Indonesia makin cepat dari th. ke th.. Bahkan juga Indonesia menempati posisi ke 2 didunia th. 2015 ini untuk negara dengan pencarian keyword futsal paling banyak. 

Hal semacam ini searah dengan fakta yang bisa kita saksikan di lapangan. Saat ini banyak bermunculan lapangan futsal komersil di banyak kota. Serta nyaris bisa di pastikan beberapa besar jadwalnya telah penuh dibooking sepanjang 1 bln.. 

Beberapa orang yang berjasa pada perubahan futsal di Indonesia 

Pesatnya perubahan futsal di Indonesia tidak dapat dipisahkan dari jasa serta usaha keras beberapa orang ini : 

Alm. Wandy Batangtaris 
Wandy Batangharis yaitu salah seseorang anggota Komite Futsal FIFA serta Ketua Komisi jalinan luar negeri pada masa Azwar Anas. 

Peranan Beliau pada perubahan Futsal di Indonesia begitu perlu dengan mendorong PSSI meningkatkan futsal. 

Diluar itu, Wandy Batangtaris juga bertindak perlu dalam pengadaan perlengkapan futsal di Indonesia seperti bola serta bahan lapangan futsal karna ketika awal perubahan futsal beberapa barang ini susah didapat didalam negeri. 

Alm. Ronny Pattinasarani 
Ronny Patinasarani2 


Ronny Pattinasarani layak dikatakan sebagai pelopor serta pengembang futsal di Indonesia. Beliau yaitu pelatih serta orang lapangan yang segera terjun ke orang-orang untuk mengenalkan futsal. 

Bung Ronny (panggilan akrabnya) sempat ikuti Coaching Clinic Futsal di Malaysia pada th. 2000 atas instruksi dari PSSI. 

Mulai sejak waktu itu lah, beliau mulai menebarkan serta mengenalkan futsal di beberapa kelompok terlebih di SSB serta beberapa pemain timnas. 

Sesungguhnya banyak beberapa orang yang berjasa meningkatkan futsal di Indonesia, tapi yang paling menonjol yaitu 3 (tiga) orang itu. 

Wandy Batangharis, Ronni Pattinasarani serta Juicetinus Lhaksana yang sudah dijelaskan awal dimuka.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay