Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Sejarah olahraga bola voli

Sejarah olahraga bola voli
Bola voli yaitu satu diantara cabang berolahraga yang dimainkan oleh dua tim yang sama-sama berlawanan. Semasing tim terbagi dalam 6 orang anggota inti serta sebagian pemain cadangan. Ini untuk type permainan bola voli lapangan. 

Mengenai, untuk macam permainan voli yang lain, yakni bola voli pantai, jumlah pemain dari semasing tim yaitu 2 orang. Hingga, dalam satu permainan voli pantai dimainkan oleh 4 orang. 

Cabang berolahraga bola voli ini dinaungi oleh induk organisasi bola voli internasional yang bernama FIVB (Federation Internationale de Volleyball). 

Untuk di Indonesia sendiri, yang menaungi cabang berolahraga bola voli ini yaitu PBVSI (Persatuan Bola Voli Semua Indonesia). 

Bola voli yaitu satu diantara cabang berolahraga terfavorit di Indonesia. Beragam penghargaan serta kemenangan juga telah dicapai beberapa atlet Indonesia di beberapa kejuaraan dunia dalam permainan bola voli. 


Karena itu juga akan merasa tidak lengkap bila kita tidak pelajari histori permainan bola voli ini. Bila tidak semuanya, sekurang-kurangnya kita ketahui histori permainan bola voli supaya makin menaikkan pikiran kita dalam dunia bola voli. 

Disini, saya juga akan mengemukakan histori permainan bola voli dalam dua point. Yakni dengan global, serta dengan lokal. Mari disimak… 

Histori Permainan Bola Voli di Dunia 

Di bawah ini sebagian kenyataan mengenai histori permainan bola voli didunia, dari mulai diketemukannya cabang berolahraga ini hingga dapat anda mainkan dengan beberapa rekanmu. 

Berolahraga ini Bernama Mintonette 
Histori Permainan Bola Voli di Dunia yang Dulunya Bernama Mintonette 
Sumber : studentsport. ru 
Tahukah anda? Nyatanya permainan bola voli (volleyball) ini yaitu gabungan dari 4 permainan bola besar yang jadikan satu, yakni : 

bola basket, 
baseball, 
tenis, dan 
bola tangan (handball). 
Tapi berolahraga ini awalannya bukanlah dimaksud dengan nama bola voli, tetapi dinamakan berolahraga Mintonette. Siapa penemunya? Cabang berolahraga ini diketemukan pertama kalinya oleh William G. Morgan. 


Mengenai William G. Morgan 
william g morgan penemu bola voli atau mintonette 
Sumber : volleyhall. org 
William G. Morgan lahir pada th. 1870 serta wafat dunia pada th. 1942. 

Beliau yaitu seseorang instruktur pendidikan jasmani atau dalam Bhs Inggris dimaksud dengan Director of Phycal Education di YMCA. 

William G. Morgan temukan berolahraga Mintonette ini pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat. 

Mengenai Organisasi YMCA 
histori YMCA serta Permainan Bola Voli 
Sumber : ymca. ca 
YMCA yaitu singkatan dari Young Men’s Cristian Association. Yakni satu organisasi yang dibangun untuk mengajarkan ajaran-ajaran paling utama umat Agama Kristen pada beberapa pemuda. 

YMCA dibangun di London, Inggris, pada tanggal 6 Juni 1884 oleh George William. 




Organisasi ini menyediakann beragam sarana untuk anak-anak muda. Seperti pendidikan luar sekolah, sarana berolahraga, serta penginapan. 

Di inspirasi dari Bola Basket 
James Naismith penemu berolahraga bola basket 
Sumber : emaze. com 
Berolahraga ini di ciptakan oleh William G. Morgan sesudah beliau berjumpa dengan James Naismith. 

James Naismith sendiri adalah orang yang membuat cabang berolahraga bola basket. Beliau lahir pada tanggal 6 November 1861, serta wafat dunia pada tanggal 28 November 1939. 

Sama seperti dengan William G Morgan, James Naismith juga mengabdikan hidupnya jadi seseorang instruktur pendidikan jasmani. 

William G Morgan membuat berolahraga Mintonette ini empat th. sesudah diketemukannya permainan bola basket oleh James Naismith. 

Awalannya, permainan yang diketemukan William G. Morgan ini ditujukan untuk beberapa anggota YMCA yang telah tidak muda sekali lagi. Oleh karena itu, berolahraga ini di buat tidak seaktif permainan bola basket yang di ciptakan oleh James Naismith. 

Ketentuan Pertama Bola Voli 
Ketentuan permainan bola voli yang pertama kalinya sudah pasti di buat oleh penemunya, William G Morgan. 

Beliau buat satu jaring dengan tinggi 1, 98 mtr. yang dipasang di dalam lapangan. Dengan ukuran lapangan sebesar 7, 6 mtr. x 15, 2 mtr.. 

Untuk waktu permainan, tiap-tiap kompetisi terbagi dalam 9 session dengan 3 kali servis yang dikerjakan oleh semasing tim di tiap-tiap sesinya. 

Beralih Nama Jadi Bola Voli 
Di th. 1896, berolahraga Mintonette ini beralih nama jadi volleyball atau bola voli. Hal semacam ini dikerjakan dalam demonstrasi pertandingannya yang pertama kalinya diselenggarakan di YMCA Training School. 

Dimuka th. 1896, William G Morgan diundang oleh Dr. Luther Halsey Gulick (seseorang Director of the Professional Physical Education Training School yang adalah Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA) untuk mendemonstrasikan permainan yang baru diciptakannya dalam satu konferensi di stadion universitas YMCA yang baru. 

Dalam peluang yang di hadiri oleh semua instruktur pendidikan jasmani itu, William G Morgan membawa 2 tim. Tiap-tiap tim beranggota 5 orang. 

Morgan menerangkan, kalau permainan yang diciptakannya itu dapat dimainkan didalam ataupun luar ruang dengan leluasa. 

Menurut dia juga, beliau mengemukakan kalau permainan ini dapat dimainkan banyaknya pemain. Tak ada standard jumlah pemain yang membatasi dalam permainan itu. 

Serta maksud dari permainan ini yaitu untuk menjaga supaya bola tetaplah bergerak melalui net yang tinggi, dari satu daerah ke daerah beda (daerah tim lawan). 

Berkembang ke Semua Dunia 
Histori Permainan Bola Voli yang Berkembang ke Semua Dunia 
Sumber : wikiwand. com 
Bersamaan perubahan jaman, permainan bola voli mulai alami sedikit perubahan dalam ketentuan permainannya. 

Di th. 1916, pemakaian tehnik spike atau smash mulai dikenalkan. Serta 4 th. lalu, di th. 1920, diciptakanlah ketentuan 3 kali sentuhan serta score akhir beralih dari yang awalannya 15 point, jadi 21 point. 

Pada th. 1900, permainan bola voli mulai merambat ke negara beda terkecuali Amerika, yakni Kanada. 

Sampai selanjutnya, sesudah meluas ke beragam negara, pada th. 1947 dibuatlah Federasi Internasional Bola Voli, atau Federation Internationale de Volleyball (FIVB). 

Serta untuk pertama kalinya, kejuaraan bola voli dunia diadakan 2 th. seteahnya, yakni pada th. 1949. 

Histori Permainan Bola Voli di Indonesia 
Histori Permainan Bola Voli di Indonesia 
Sumber : googglet. com 
Permainan bola voli masuk ke Indonesia pada jaman penjajahan Belanda, th. 1928. Tetapi, pada saat itu, bola voli cuma dimainkan oleh beberapa orang Belanda serta beberapa bangsawan. 

Karna ketika itu, untuk meningkatkan berolahraga (termasuk juga berolahraga bola voli) di Indonesia, guru-guru pendidikan jasmani dihadirkan dari Belanda. 

Terkecuali beberapa guru pendidikan jasmani, beberapa tentara juga miliki peranan dalam pengenalan serta pengembangan permainan bola voli di Indonesia. 

Mereka sukai bermain bola voli di asrama-asrama mereka serta di lapangan terbuka. Mereka juga sukai membuat kompetisi bola voli antar kompeni. 

Terjadinya PBVSI 
Logo PBVSI (Persatuan Bola Voli Semua Indonesia) 
Logo PBVSI. 
Permainan berolahraga bola voli berkembang begitu pesatnya di Indonesia. Hingga, tidak perlu saat lama, mulai bermunculan beberapa club bola voli di kota-kota besar Indonesia. 



Dengan terdapatnya fenomena berikut, pada akhirnya pada tanggal 22 Januari 1955, dibangunlah PBVSI (Persatuan Bola Voli Semua Indonesia) di Jakarta. 

Berbarengan dengan itu, diselenggarakan juga kejuaraan bola voli nasional yang pertama kalinya. 

Mulai sejak dibangun, PBVI mulai aktif meningkatkan beragam aktivitas bola voli di Indonesia, baik didalam, ataupun ke luar negeri. Serta hal semacam ini selalu berjalan hingga saat ini. 

Mulai Dipertandingkan Dengan Resmi 
Perubahan permainan bola voli makin melambung di Indonesia saat mendekati diadakannya Asian Games IV di th. 1962 serta dilanjutkan dengan Ganefo I di th. selanjutnya, yakni th. 1963. Hal semacam ini berlaku untuk semuanya kelompok, baik pria ataupun wanita. 

Bln. Oktober th. 1951, permainan bola voli mulai dipertandingkan dalam acara resmi Minggu Berolahraga Nasional (PON) II di Jakarta. 



Upacara pembukaan PON II di Stadion Ikada, Jakarta 
Upacara pembukaan PON II di Stadion Ikada, Jakarta. 
Sampai sekarang ini, permainan bola voli termasuk juga satu diantara cabang berolahraga resmi yang senantiasa ada pada tiap-tiap kejuaraan berolahraga di Indonesia. 

Tersebut keterangan lengkap serta terang tentang histori permainan bola voli didunia serta di Indonesia yang saya kumpulkan dari beragam sumber rujukan. Sesudah ketahui jalan ceritanya, informasi yang tidak kalah perlu buat kamu kenali yaitu ketentuan dalam permainan bola voli. 

Mudah-mudahan info ini dapat menaikkan pikiran anda dalam dunia berolahraga, terutama dalam cabang bola voli.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay