Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Sejarah perkembangan gitar

Sejarah perkembangan gitar
Gitar dengan pengertian disimpulkan jadi alat musik berbahan kayu seperti biola, berleher panjang, dengan enam dawai atau lebih, dimainkan lewat cara dipetik memakai jari (KBBI, 2016). Dengan tradisionil gitar terjadi berbahan kayu dengan senar atau dawai yang terbuat dari nilon atau baja. Sekarang ini pada sebagian gitar moderen, bahan bakunya datang dari polycarbonate. Ada dua type gitar yang di kenal biasanya yakni gitar akustik serta gitar elektrik. (Baca Juga : Histori Great Wall China) 

Gitar akustik yaitu gitar yang di desain dengan tubuh yang berlubang sisi tengahnya. Lubang itu dipakai untuk menggemakan nada waktu dawai dipetik, karna gitar akustik dimainkan tanpa ada memakai tenaga listrik atau manual. Ke-2, yaitu gitar elektrik yakni gitar yang dimainkan dengan pertolongan aliran listrik untuk mensupport suaranya. Desain gitar elektrik sedikit berlainan dengan akustik karna sisi tengah tidak berlubang. (Baca Juga : Pengertian Histori Serta Unsur Unsur Histori) 

Pengertian Gitar 

Kata “gitar” dalam bhs Indonesia yaitu penyesuaian dari bhs Inggris “guitar” yang di ambil dari sebutan untuk alat musik kuno lokasi Persia th. 1500SM. Alat musik ini terlebih dulu di kenal dengan nama citar atau sehtar. Sebagian sebutan untuk alat musik gitar di sebagian negara di Eropa yaitu seperti berikut. 

Qithara sebutan untuk alat musik berdawai (gitar) di lokasi Yunani kuno 
Gittern, sebutan gitar di lokasi Eropa Barat 
Lyre atau Lute yaitu sebutan gitar di lokasi Eropa serta Timur Tengah 
Vihuela, sebutan gitar untuk lokasi Spanyol 
Memanglah belum juga di ketahui dengan tentu tentang histori alat musik berdawai ini. Tetapi, beberapa pakar memiliki pendapat kalau timbulnya gitar berbarengan dengan diketemukannya literatur era ke 13 yang mendeskripsikan alat musik berdawai jadi gittern. Histori gitar telah diprediksikan keluar mulai sejak lama karna terukir pada suatu batu berumur 3300 th.. Ukiran itu melukiskan seseorang penyair dari kerajaan Hittite tengah memegang alat musik dawai. Sebelumnya gitar elektrik diketemukan, gitar dimaknai jadi satu papan nada datar yang terbuat dari kayu panjang, dengan sisi belakang yang datar berleher. Di bawah ini yaitu perubahan gitar dari masa ke masa. 

Perubahan Gitar Dari Jaman ke Jaman 
Era ke 13, gitar keluar dalam satu literatur serta catatan jaman Medieval. Alat musik gitar di kenal dengan sebutan gittern. 
1500 SM, Persia mengetahui alat musik citar atau sehtar. Beragam desain alat musik ini berkembang sampai menimbulkan tanbur jadi sebutan yang baru. 
476 SM, alat musik tanbur dibawa oleh beberapa orang Romawi menuju Spanyol. Di Spanyol tanbur diperkembang serta berpindah jadi dua type yakni guitarra morisca jadi rhythm, serta guitarra latina jadi pembawa akor. 
300 SM, bangsa Yunani serta Romawi meningkatkan alat musik tanbur 
176 SM, bangsa Arab membawa Al ud, alat musik seperti gitar gambus menuju Spanyol. Konstruksi Al ud serta dua jenis gitar Romawi jadi basic terjadinya vihuela, alat musik dawai dari Spanyol. 
Era 16, Vihuela jadi alat musik popular di Spanyol serta Italia 
Era 17, akhir vihuela berkembang serta jadi gitar classic dengan 5 course, menukar gitar 6 course. 
Awal era 19, gitar pada akhirnya berinovasi jadi alat musik dengan 6 dawai saja 

Jaman Renaissance dipercaya jadi masa awal timbulnya bentuk gitar moderen. Walau pada saat itu alat musik petik ini diperlengkapi dengan 4 gunakan dawai. Gitar dinilai mempunyai persamaan dengan alat musik vihuela, sampai pada akhirnya di ketahui kalau gitar memanglah reinkarnasi vihuela Spanyol. Pada era 15 Juan Bermudo pada akhirnya mendeklarasikan kesepakatan yang diisi sisi alat musik petik dengan dawai. Deklarasi itu pada akhirnya temukan ketidaksamaan pada vihuela serta gitar. 

Gitar dengan 6 dawai bisa dimainkan walau tanpa ada pertolongan alat apa pun, terkecuali tenaga listrik untuk gitar elekrik. Meklum saja karna pada saat itu lebih di kenal dengan gitar akustik yang dimainkan manual. Tetapi, bersamaan mengembangnya jaman gitar sekarang ini juga diperlengkapi dengan beragam aksesori yang mendukung perform ataupun penampilan gitar tersebut. Sebagian contoh aksesori gitar yang umum dipakai juga akan di jabarkan pada keterangan tersebut. 

Aksesori Gitar 
Plektrum atau Pick 
Plektrum atau Pick yaitu pelengkap gitar yang dibutuhkan untuk menuai dawai. Umumnya plektrum digunakan pada type gitar elektrik saja, materialnya yang berasal berbahan keras juga akan menolong cuplikan senar jadi lebih kuat. Bahan baku pembuatan plektrum dapat berbagai macam seperti kayu, logam, plastik, tulang, sampai tempurung kura-kura. Untuk type yang paling akhir ini dihargai begitu mahal serta sekarang ini tidak sering diketemukan. Plektrum mempunyai ukuran yang bermacam. Hal semacam ini dikarenakan ketidaksamaan peranan pada semasing ukuran. Plektrum ukuran kecil dipakai untuk jazz, sedang ukuran besar digunakan untuk bass. 

Strap 
Strap yaitu tali yang dipakai untuk menggantung gitar di bahu pemakainya. Langkah tersebut dikerjakan untuk mempermudah bermain gitar lewat cara berdiri. Kelengkapan beda pada strap yaitu logam yang ditancapkan pada tubuh gitar dengan memakai sekrup. 

Gitar makin berkembang sampai sekarang ini serta jadi alat musik yang paling disukai. Suara yang dibuat lewat cuplikan dawai oleh beberapa pemusik serta komposer pakar telah jadi instrumen yang mendunia. Jumlah musisi gitar juga telah demikian banyak, tidak kecuali di Indonesia. masuknya gitar di negara kita diawali pada jaman penjajahan yang terhibur dengan terdapatnya seni bermain gitar. Gitar yang dikenalkan oleh orang Portugis (tawanan Belanda) pada era ke 17 benar-benar jadi hiburan yang mengasyikkan untuk rakyat yang terjajah. Bahkan juga gitar seringkali jadi pengiring musik keroncong pada saat itu. Perubahan tehnologi, peradaban, dan kemerdekaan Indonesia buat gitar makin disukai di lokasi RI dipertahankan sampai sekarang ini.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay