Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Sejarah Perkembangan Laptop

Sejarah Perkembangan Laptop
Dunia sudah lama mengetahui computer jinjing atau yang umum di kenal baik jadi “laptop”. Gawai berteknologi tinggi dalam ukuran yan ringkas serta gampang dibawa kemana saja ini sudah cukup lama ada jadi pengganti Personal Computer (PC) untuk masalah keseharian, dari mulai mengetik, berselancar di internet, sampai desain. 

Walau demikian, dari manakah benda mungil ini berasal? Bagaimana perjalanan serta histori laptop sampai dapat menjangkau bentuk minimalis seperti saat ini? 

Histori Laptop 

Mulai sejak awal th. 70-an, wacana membuat computer yang bisa dibawa serta dipakai kemana saja sudah jadi pembicaraan serius di kelompok produsen serta desainer PC. Lewat makalah “Dynabook” hasil oleh-oleh Alan Key, seseorang penulis buku computer yang adalah yang memiliki dari satu perusahaan percetakan buku. 

Di dalamnya, Alan menerangkan tentang rencana basic tentang computer yang bisa dibawa kemana saja serta tidaklah perlu tersambung ke aliran listrik setiap waktu. Rencana ini dimaksud sebagai personnel, portable information manipulator. Dari sinilah pada akhirnya histori laptop diawali. Dari satu inspirasi, pada akhirnya jadi kreasi tehnologi yang dipakai dengan luas. 

Walau demikian, Alan tidaklah orang yang pada akhirnya membuat laptop. Histori laptop pertama jadi lahir dari hasil oleh-oleh Adam Osborne di th. 1975. Dalam mewujudkan idenya itu ia bekerja bersama dengan Felsenstein, seseorang yang memiliki perusahaan produsen piranti keras, yang adalah profesional yang pakar dalam buat circuit processor. 

Adam Osborne 
Adam Osborne yaitu seseorang berkewarganegaraan Amerika dengan keturunan Inggris yang lahir di Thailand pada th. 1939. Ia di kenal umum karena penemuan besarnya, yakni computer jinjing atau laptop. Dapat disebut, ia yaitu penemu yang memulai histori laptop sampai masif seperti saat ini. 

adam osborne 
Adam Osborne lewat crashtestentrepreneur. com 

a. Mengenai Adam Osborne 
Meskipun mempunyai warga negara Amerika Serikat, nyatanya Adam serta keluarganya cukup seringkali berpindah-pindah. Ia serta keluarganya pernah rasakan tinggal di Thailand karena ayahnya yang berprofesi jadi dosen di Chulalongkorn University. Kemudian, ia sempat juga tinggal di Kodaikanal, India sampai kelas 6. 

Ditempat ini, pada akhirnya ia serta 2 saudarinya belajar bhs setempat. Di ketahui bila Adam serta keluarganya nyatanya dapat juga bicara bhs tamil dengan lancar. Di th. 1949, Adam serta keluarganya juga mesti kembali pada Inggris. 

Ia merampungkan studi sampai memperoleh titel Master di University of Birmingham, lantas dilanjutkan dengan titel Ph. D yang didapatkannya di University of Delaware. Di sinilah pada akhirnya ia terekspos dengan tehnologi piranti lunak serta memahami ketertarikannya didunia desain computer. Histori laptop pertama juga diawali dari perjalanannya ini. 

adam osborne 
Adam Osborne lewat i-programmer. info 

Tetapi, sebelumnya di kenal jadi orang yang mulai histori laptop, Adam Osborne sudah di kenal didunia kepenulisan bertopik computer. Ia yaitu seseorang pionir untuk buku-buku bertopik computer, yang diterbitkannya lewat perusahaan yang dibangunnya pada th. 1972, Osborne & Associates. 

Perusahaan ini dengan spesial menerbitkan manual atau panduan gampang untuk memakai computer. Tidak kurang dari 40 judul buku sudah di keluarkan oleh perusahaannya. Ia juga di ketahui adalah anggota dari organisasi bernama Mensa, yang disebut organisasi untuk beberapa orang dengan IQ tinggi. 

b. Awal Mula Usaha serta Karier 
adam osborne 
Adam Osborne lewat parrikar. com 

Di th. 1975, Adam dengan partnernya membuat computer jinjing pertama didunia, yang ia berikan nama Osborne 1. Pada akhirnya, histori laptop juga diawali olehnya. Dimuka kehadirannya, Osborne 1 mempunyai berat menjangkau 10 kg serta didesain dengan spesial supaya bisa muat dibawah kursi penumpang pesawat. 

Sesudah karyanya itu memperoleh respon positif dari khalayak ramai, pada akhirnya ia juga membangun Osborne Computer Corporation. Osborne 1 juga di produksi dengan massal. Bahkan juga, di masa kejayaannya Osborne 1 bisa terjual 10. 000 unit setiap bulannya! Adam Osborne adalah satu diantara pionir yang mulai histori laptop. 

Ia tahu benar, bila pasar untuk orang yang memerlukan laptop sangat besar serta tidak terbatas cuma untuk yang hoby utak-atik computer saja. Ketika yang sama, IBM jual komponen PC dengan terpisah, hingga orang lebih tertarik dengan Osborne 1 yang portabel serta dapat segera dipakai. 


Osborne I, laptop pertama didunia ciptaan Osborne Computer Corporation lewat inexhibit. com 

Sayangnya, reputasi perusahaannya mengalasi kejatuhan di th. 1983, saat ia berbual bila sudah mempunyai dua desain computer canggih yang siap di pasarkan. Kenyataannya, hal itu cuma langkah supaya perusahaannya memperoleh customer semakin banyak. Hal semacam ini juga yang buat penjualan Osborne 1 alami penurunan mencolok. 

Walau sebenarnya, histori laptop berikut sebagai tulang punggung pendapatan perusahaannya. Pas pada tanggal 13 September 1983, Osborne Computer Corporation juga dinyatakan bangkrut serta penjualan Osborne 1 berhenti mulai sejak itu. Tetapi, hal semacam ini nyatanya membuat trend baru didunia computer, karna produsen beda pada akhirnya ikuti jejak Osborne untuk keluarkan seri laptopnya sendiri. Histori laptop juga selalu berlanjut. 

Lantas, di th. 1984 ia juga pernah buat perusahaan piranti lunak yang bernama Paperback Software International, dengan keluarkan satu piranti lunak untuk word processing. Sayangnya, piranti lunak kepunyaannya itu digugat oleh perusahaan pembuat “Lotus”. 

Perusahaannya dituding lakukan pencurian hak cipta, karna piranti kepunyaannya mempunyai persamaan dengan Lotus 1-2-3. Perusahaannya juga kalah didalam pengadilan, serta ayah histori laptop dunia ini mengambil keputusan hengkang dari perusahaan. 

c. Kehidupan Pribadi Adam Osborne 

Adam Osborne menunjukkan Osborne I di media bikin lewat inexhibit. com 

Kehidupan pribadi dari “bapak histori laptop dunia” ini tidak terlepas dari gunakan surut. Ia di ketahui sudah menikah sejumlah 2 kali, yang pertama dengan Cynthia Geddes serta mesti alami perceraian. Sesudahnya, ia menikah dengan Barbara Zelnick. Dari pernikahan keduanya, mereka mempunyai 3 orang anak. 

Salah nya ialah Paulus Osborne, seseorang pakar pendidikan serta penulis yang di kenal baik oleh akademisi dari semua dunia. Sayangnya, pernikahan keduanya juga alami kegagalan. Adam serta Barbara juga pada akhirnya berpisah. 

Pas pada th. 1992, untuk “menenangkan diri”, pada akhirnya Adam Osborne juga pergi dari Amerika serta kembali pada India, tempat ia menggunakan masa kecilnya. Argumen beda ayah penemu yang mulai histori laptop ini kembali pada India yaitu untuk penyembuhan, karna ia di ketahui menderita masalah otak kritis yang menyebabkan terjadinya stroke. 

Selanjutnya, ia juga hembuskan nafas terakhirnya ditempat ini, pas di umur 64 th.. Ia wafat pada 18 Maret 2003. Walau demikian, histori laptop kepunyaannya didunia tehnologi selalu di kenal sampai sekarang ini. Di bawah ini yaitu ikhtisar biografi ayah laptop dunia, Adam Osborne. 

1939 – Adam Osborne lahir di Bangkok, Thailand 
1961 – Lulus dari University of Birmingham serta memperoleh titel Ph. D. dari University of Delaware 
1970-an – Melepas pekerjaannya jadi teknisi kimia di Shell Oil serta mendalam dunia komputer 
1972 – Membangun Osborne & Associates, perusahaan penerbitan buku computer. 
1975 – Membuat Osborne 1, laptop pertama di dunia 
1979 – Jual perusahaan Osborne & Associates sejumlah 3 juta dollar, jadi modal untuk Osborne 1 
1981 – Membangun Osborne Computer Corporation. Osborne 1 di produksi dengan massal 
1983 – Osborne Computer Corporation alami kebangkrutan 
1984 – Membangun Paperback Software International, membuat piranti lunak serupa Lotus 1-2-3 
1987 – Lotus Corporation memajukan tuntutan atas pelanggaran hak cipta ke Paperback Software 
1990 – Lotus Corporation memenangi tuntutan. Osborne juga mundur dari perusahaan tersebut 
1992 – Geser ke Kodaikanal, India untuk “menenangkan diri” serta menggerakkan penyembuhan 
2003 – Wafat dunia karena masalah otak kritis serta stroke 
Histori Laptop Pertama di Dunia 
osborne 1 
Osborne I lewat wikipedia. com 

Osborne 1 adalah microcomputer yang mulai histori laptop. Piranti ini adalah laptop pertama kalinya di produksi dengan massal. Waktu peluncurannya, harga laptop ini menjangkau USD 1, 795 atau sekitaran 16 juta rupiah. Ketika itu, harga itu cukup mahal. Hingga tidak kebanyakan orang dapat memilikinya. 

Walau bagaimanapun, Osborne 1 termasuk juga salah 1 laptop yang paling revolusioner di jaman itu, terutama karna ukurannya yang portabel serta bisa dipindahkan dengan gampang. Laptop ini diperlengkapi dengan 2 slot floppy disk, monitor sebesar 5 inci, dan keyboard yang melekat segera ke monitor. 

Walau demikian, Osborne 1 belum juga diperlengkapi dengan baterai yang tertanam di dalamnya, hingga kita masih tetap memerlukan aliran listrik untuk menyalakannya. Meski sekian, piranti yang mulai histori laptop ini memilik baterai cadangan yang bisa bertahan sebagian menit saja. 

kayproo II 
Kayproo II lewat classiccmp. org 

Untuk problem system operasi, Osborne 1 memakai CP/M 2. 2, yang disebut satu diantara system operasi (OS) yang cukup mumpuni di jamannya. Sayangnya, terkecuali memiliki bentuk yang portabel, laptop ini tidak mempunyai keunggulan beda di banding pesaingnya. Dengan memori yang relatif kecil, Osborne 1 tidaklah microcomputer paling cepat di jamannya. Walau demikian, laptop ini nyatanya begitu laku di market. Hingga, histori laptop yang satu ini tidak bertahan demikian lama. 

Dalam 8 bln. mulai sejak peluncurannya di bln. April 1981, Osborne 1 sudah laris sejumlah 11. 000 unit. Bahkan juga, di masa keemasannya Osborne 1 bisa terjual sampai 10. 000 unit per bln.. Angka yang begitu fantastis! Dapat disebut, perusahaan yang mulai histori laptop ini berhasil merevolusi industri computer selamanya 

Sayangnya, Osborne Computer Corporation tidak bisa memenangi hati customer kurun waktu yang lama. Di th. 1983, Osborne 1 kepunyaannya disaingin oleh Kaypro II, satu laptop yang lebih praktis dengan monitor 9 inci. Di th. 1983, IBM juga keluarkan product sama, yakni Compaq Portable. 

Karena pertandingan yang makin berat, pada akhirnya popularitas Osborne 1 juga alami penurunan serta ditelan perubahan jaman. Histori laptop yang satu ini mesti berhenti. 

Laptop dari Masa ke Masa 
1981 – Osborne 1 
Laptop pertama didunia dengan berat 10 kg serta diperlengkapi monitor 5 inci, keyboard, serta 2 slot floppy disk. Didesain oleh Osborne Computer Corporation. 
1982 – Grid Compass 
Awalannya diperkembang spesial untuk beberapa eksekutif, lantas dipakai tentara Amerika di lapangan serta oleh NASA di pesawat ulang-alik pada masa 80 hingga 90-an. 
1983 – Compaq Portable 
Di luncurkan oleh IBM, yang disebut computer laptop pertama dengan system yang 100% cocok dengan piranti lunak beda. 
1984 – Gavilan SC 
Computer pertama yang di pasarkan jadi “laptop” serta adalah laptop pertama yang diperlengkapi dengan touchpad. 
1984 – Commodore SX-64 
Laptop Seukuran satu koper, versus portabel dari Commodore 64 home computer, yang di ketahui jadi laptop pertama didunia yang sudah diperlengkapi monitor full-colour. 
1985 – Kaypro 2000 
Kaypro 2000 adalah laptop yang paling mendekati bentuk laptop masa moderen di masa itu. 
1986 – IBM PC Convertible 
Laptop yang di keluarkan oleh IBM serta diperlengkapi LCD CGA-compatible dan 2 slot floppy disk. Berat laptop sekitar 5 kg. Laptop paling enteng di eranya. 
1987 – HP Vectra Portable CS 
Launching di th. 1987, yang diperlengkapi dengan floppy disk 20 MB, monitor 3, 5 inci serta keyboard serupa laptop moderen (sudah memisahkan tombol angka serta huruf). 
1989 – Apple Macintosh Portable 
Adalah computer portabel keluaran Apple, penerus macintosh yang tidak berhasil di market. Computer ini pernah memetik komen positif karna baterai yang tahan lama serta monitor yang cerah. 
1991 – Apple Powerbook 
Pionir laptop moderen, dengan bentuk laptop yang sudah mirip laptop moderen. Diperlengkapi oleh trackball jadi pengganti mouse serta desain palm rest. 
1992 – IBM Thinkpad 
Laptop keluaran IBM yang diperlengkapi dengan trackpoint yang letaknya pas di tengahnya keyboard serta berperan menukar mouse. Sudah diperlengkapi memori sebesar 810 MB serta RAM 8 MB. 
1999 – Apple iBook 
Apple merevolusi desain laptop moderen dengan keluarkan iBook dengan bodi berupa clamshell. 
2002 – Compaq TC1000 
Adalah laptop touchscreen pertama didunia. Keyboard dari laptop ini bisa diputar dan dilepaskan. 
2003 – Brand laptop seperti Dell, Lenovo, Toshiba, serta lainnya 
Produsen laptop makin banyak bermunculan, seperti Dell, Lenovo, serta Toshiba. Semasing mengenalkan seri laptopnya masing-masing 
2008 – Macbook Air 
Apple mengenalkan laptop tertipis didunia pertama, yakni Macbook Air. Piranti ini mempunyai bodi yang minimalis serta baterai yang tahan lama. 
2012 – Microsoft Surface 
Microsoft keluarkan laptop hybrid yang sudah touch-friendly, yakni Surface. 
2015 – Microsoft Surface Book 
Seri Microsoft Surface Book adalah penerus Microsoft Surface yang sudah disempurnakan, dengan spesifikasi yang lebih mumpuni untuk pekerjaan berat. Laptop ini juga bisa dilepaskan dari keyboard jadi seperti tablet PC. 
Waktu Ini 
Laptop hybrid 2-in-1 selalu bermunculan serta selalu lakukan evolusi untuk perform yang tambah baik.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay