Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Tips Supaya Membaca Cepat

Tips Supaya Membaca Cepat
Apakah Anda termasuk juga kelompok orang yang mempunyai kekuatan membaca dengan efektif? Atau seberapa dampaktifkah Anda membaca? Juga seberapa banyaknya waktu yang Anda butuhkan untuk membaca? 

Untuk ketahui seberapa cepat, efisien serta efektif langkah Anda membaca, Anda dapat lakukan pengujian pada kekuatan Anda itu. Langkahnya begitu simpel seperti yang di jabarkan dalam tulisan ini. Tetapi supaya pengujian jalan serta memberi hasil yang efisien, sebaiknya Anda memohon pertolongan seseorang rekan untuk jadi pengawas pengujian kekuatan Anda membaca, walau tes ini dapat Anda kerjakan sendiri. 

Menguji kekuatan membaca ini, umumnya diberi untuk mereka yang juga akan lakukan atau pelajari tehnik membaca cepat (speed reading). Ini dikerjakan jadi titik awal untuk lihat tingkat perkembangan yang didapat sesudah lakukan atau mempraktekkan tehnik membaca cepat. Serta alur yang sama, dapat juga Anda kerjakan untuk lihat seberapa efisien Anda membaca. Pengujian ini menitik beratkan pada pengukuran kecepatan Anda membaca kata dalam tiap-tiap menit serta kekuatan Anda mengerti berarti sekalian. 

Tehnik pengujian ini simpel sekali. Anda cuma butuh sediakan pengukur saat (stopwatch, arloji atau jam meja), buku yang belum juga sempat Anda baca terlebih dulu jadi materi yang juga akan digunkan untuk mengukur kekuatan Anda membaca serta menyerap info yang Anda baca dalam periode saat spesifik. Biasanya tiap-tiap halaman buku yang memiliki ukuran 1/2 kuarto (105 x 148, 5 mm) diisi sekitaran 297 kata (tiap-tiap barisnya diisi sekitaran 8 hingga 9 kata serta tiap-tiap halaman diisi sekitaran 33 baris). Sesaat periode saat membaca yang didapatkan untuk tiap-tiap pengujian, paling lama cuma 60 detik. Pada step pengujian selanjutnya, periode saat ini mesti semakin dikurangi. 

Sebelumnya mulai pengujian, buat lebih dahulu tabel terbagi dalam empat kolom (saat, jumlah kata, persentase pemahaman isi, info yang menerangkan kwalitas membaca Anda) yang untuk ruangan mencatat rekor Anda membaca seperti berikut : 

Pengujian 1 

Tentukan satu halaman buku yang juga akan dipakai untuk menguji kecepatan Anda membaca. Tekan tombol pengukur saat, lantas awalilah Anda membaca lewat cara seperti Anda umum mengerjakannya. Lantas hentikan membaca berbarengan dengan habisnya saat (60 detik). Tandai kata di mana Anda usai membaca ketika saat habis. 

Minta rekan Anda yang mengawasi pengujian untuk mengkalkulasi jumlah kata yang sudah Anda baca kurun waktu 60 detik. Lantas minta dia menguji kekuatan Anda menangkap isi tulisan yang Anda baca lewat cara memperbandingkan narasi Anda serta mencocokannya dengan isi tulisan, seberapa persenkah Anda dapat menyerap makna atau pesan yang di sampaikan dalam tulisan yang Anda baca. Tulis semuanya hasil itu pada tabel yang telah disediakan. 

Pengujian 2 

Bukanlah halaman beda serta ulangilah sistem pengujian pertama lewat cara membaca secepat mungkin saja yang Anda dapat kerjakan kurun waktu 60 detik. Bila saat habis, tandai di mana Anda berhenti membaca serta kalkulasi kembali jumlah kata yang bisa Anda baca dengan kecepatan maksimum. 

Seperti pada sistem pengujian pertama, Anda mesti bercerita kembali isi tulisan yang Anda baca serta minta rekan Anda mencocokkan dengan isi tulisan. Saksikan serta banding, adakah ketidaksamaan penting pada kecepatan membaca Anda dengan kekuatan menangkap isi tulisan pada pengujian pertama dengan pengujian ke-2. 

Pada pengujian pertama, mungkin saja juga akan nilai pemahaman Anda pada isi tulisan yang Anda baca jauh tambah baik daripada pada pengujian ke-2. Tapi jumlah kata yang dapat Anda baca di pengujian ke-2, pasti semakin lebih banyak daripada di pengujian pertama. 

Jadi pembanding Anda dapat lihat tabel berikut ini yang menerangkan perbandingan pada kecepatan membaca serta kekuatan menyerap isi bacaan tersebut penilaian kekuatan membaca. 

Jumlah kata/menit Pemahaman isi Profil Pembaca 
110 kata/menit 50 persen Kemampuan kurang 
240 kata/menit 60 persen Kemampuan rata-rata 
400 kata/menit 80 persen Kemampuan baik 
1000 kata/menit 85 persen Sempurna 
Untuk tingkatkan kekuatan membaca dengan cepat serta efisien, seperti yang digolongkan dalam tabel, dapat dikerjakan apabila Anda coba mempraktekkan tehnik membaca cepat. Tentukan salah satau, atau bila Anda ingin, dapat Anda coba mempraktekkan semuanya tehnik membaca cepat yang di tawarkan. Lalu coba uji hasil kecepatan membaca Anda (seperti prosedur pengujian diatas) tiap-tiap jkali Anda usai coba mempraktekkan tehnik membaca cepat yang Anda tentukan

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay