Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Kampung Adat Dukuh, Warisan Nenek Moyang di Garut

Kampung Adat Dukuh, Warisan Nenek Moyang di Garut 
Satu sekali lagi sebagai sisi dari Tempat Wisata di Garut yang juga akan saya ulas kesempatan ini yakni Kampung Adat Dukuh. Terkecuali Kampung Adat Pulo yang berada di Leles Garut Jawa Barat, ada satu sekali lagi pemukiman tradisionil di Garut yang mungkin saja tidak asing sekali lagi di telinga warga orang-orang Garut yakni kampung adat dukuh. 

Kampung Dukuh atau umum orang mengatakannya Kampung Adat Dukuh ini adalah satu diantara kampung yang begitu kental dengan budaya dan adat istiadat yang turun temurun mulai sejak zaman dulu. Kampung ini begitu menjunjung tinggi dengan yang namnya keselarasan dan kesesuaian hidup. Semuanya tampak dari mulai arsitekture bangunan tempat tinggal yang semua sama terbuat dari bambu dengan beratapkan rumbia, yang tersusun sebagian puluh tempat tinggal pada kemiringan tanah yanga bertingkat. 

Kampung Tradisionil ini begitu melindungi sekali kelestarian adat istiadatnya dengan turun temurun, yakni tampak saat mereka tengah lakukan upacara moros yang senantiasa dikerjakan tiap-tiap satu tahun sekali. Upacara moros yakni satu diantara manisfestasi orang-orang Kampung Dukuh yakni memberi hasil pertanian seperti palawija pada pemerintah mendekati Idul Fitri serta Idul Adha. 

Kampung ini adalah satu pedesaan yang kental dengan religi yang kuat. Kampung dukuh populer dengan systemnya yang senantiasa menjungjung tinggi keselarasan serta kesesuaian hidup bermasyarakat, dikampung dukuh ini begitu tidak diijinkan memakai aliran listrik, Alat makan yang dipakai di kampung dukuh ini yaitu terbuat dari pohon-pohon seperti khalayaknya bangunan seperti batok kelapa serta kayu lainnya. 

Alamat lengkap kampung dukuh 


Kampung adat dukuh ada di lokasi cijambe, Desa Cikelet Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut. Walau kampung adat ini ada di lokasi Cijambe, tetapi jarak kampung adat ini dari desa Cijambe lumayan jauh yakni sekitaran 1, 5 KM. Jarak dari Pusat kota Garut menuju ke Kampung dukuh ini yaitu sekitaran 101 Km. Dengan luas tanah di lokasi kampung dukuh yang menjangkau 1, 5 hektare dengan pembagian daerah sebagai tiga sisi yakni Kampung Dukuh Dalam, Kampung Dukuh Luar dan Kampung Dukuh Mukaromah. 

Untuk dapat sampai ke kampung dukuh ini perjalanan yang juga akan anda tempuh tidaklah terlalu berat mengingat terkecuali jalannya yang cukup bagus, untuk menuju ke tempat ini anda tidak sulit memakai kendaraan. baik itu kendaraan, baik itu kendaraan umum ataupun maksud cikelet ataupun kendaraan pribadi. 

Kekhasan di Kampung Adat Dukuh


Kampung Adat Dukuh ini, berbeda dengan perkampungan lainnya di daerah Garut jawa Barat. Kampung ini mempunyai kekhasan sendiri yakni susunan bangunan serta arsitektur bangunan tempat tinggal adat di kampung ini tidak mempunyai dinding dari tembok, atap dari genteng, dan tidak mempunyai kaca seperti tempat tinggal, tempat tinggal biasanya. Tempat tinggal yang berada di kampung dukuh semua nyaris sama terbuat dari bambu, lantas kerangkanya di buat dari kayu, sedang atap tempat tinggal memakai ilalang berlapiskan ijuk rumbia. Tidak cuma itu saja, Kekhasan beda ditempat ini yaitu tidak ada aliran listrik ataupun barang - barang elektronik lainnya seperti radio, tv dan yang lainnya.

Yuqbal faza aula dipa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay