Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Objek Wisata Religi Makam Keramat Godog Garut

Objek Wisata Religi Makam Keramat Godog Garut
Mendengar kota Garut, Tentu yang pertama kalinya anda fikirkan yaitu dodol, serta kerajinanya yang populer yakni Jaket Kulit. Walau sebenarnya di Garut sendiri terkecuali mempunyai pemandanganya yang begitu sejuk serta indah dan luas dengan persawahannya, Garut juga mempunyai beberapa tempat wisata yang memanglah tekenal di kelompok beberapa pengunjung khusunya pengunjung hotel, salah satunya : Hotel Ramayana Garut, Hotel Sari Papandayan Garut, Villla Edelweis Garut, maupun Garut Homestay. 

Memanglah Garut mempunyai tempat wisata yang telah tidak diragukan sekali lagi banyak, namun di Garut juga memiliki daftar obyek wisata ziarah di Garut yang popular dikunjungi yakni Makam Eyang Papak, Makam Sunan Cipancar, Website Ciburuy Bayongbong, serta yang saya juga akan Terangkan kesempatan ini yaitu Makam Godog Suci. 

Objek Wisata Religi Makam Keramat Godog Garut


Makam Suci Godog aladah makam didaerah pegunungan karacak yang terdapat di daerah Lembah Agung Kecamatan Karangpawitan Garut. Makam ini diakui jadi makam Raja Prabu Semakin Santang, putra dari Prabu Siliwangi dari kerajaan Padjajaran. Hal semacam ini juga didokumentasikan dari sebagian buku histori seperti Babab Godog, Babad Pasundan, dan pikiran dari Prabu Semakin Santang Aji. Naskah dalam buku histori ini, mengaku kalau Prabu Semakin Santang yaitu putra dari Prabu Siliwangi serta Nyi Sumbang Larang dari Kerajaan Padjajaran. Sesudah Prabu Semakin Santang memegang islam di Makkah, Nama Prabu Semakin Santang ditukar jadi Sunan Rohmat atau Syekh Rohmat. Karna pemakaman Sunan Rohmat atau Prabu Semakin Santang dikerjakan di Godog, pada akhirnya, dikenalah jadi Pemakaman Godog Suci Garut. 

Sunan Godog atau Prabu Semakin Santang yaitu sunan yang menebarkan Agama Islam pada era ke - 15 hingga awal era Ke - 16 Masehi di daerah Timbanganten yang saat ini jadi banyak daerah di Garut seperti Samarang, Tarogong, Kadungora, Leles. Menurut narasi dari orang-orang Garut sendiri, sesudah Prabu Semakin Santang kembali dari Makkah dia membawa tanah dari Makkah serta disebarkan dibeberapa Kota di Indonesia. Dalam tiap-tiap tanah yang jatuh yaitu adalah tempat kelahiran dari Wali Songo. saat menginginkan masuk ke Gunung Suci, tanah yang di bawa yaitu tanah Godeg. Karna nama Godog lahir hingga Prabu Semakin Santang jadi sunan Godog populer. 

Banyak mitos yang menyebutkan hal itu, salah satunya ada yang mengatakan kalau Prabu Semakin Santang berkelahi dengan ayahnya Prabu Siliwangi karna Prabu Siliwangi yang menampik ajakan dari Prabu Semakin Santang untuk masuk kedalam ajaran islam. Namun Semakin Santang tidak putus harapan untuk mengajak ayahnya ikuti ajaran yang dipercayainya, hingga pada akhirnya Prabu Siliwangi menghilang. Jumlah semuanya makam yang ada di pemakaman suci godog yaitu 9 yang mencakup 1 makam sunan Godog sendiri serta 8 orang pengikutnya. Makam ini berbaris dari buatan pertama hingga ke delapan. Makam Sunan Godog sendiri ada diatas Gunung, ukuran makamnya kurang lebih menjangkau 2mX1m. Makam Sunan Godog ada dalam Bangunan Persegi Panjang. 

Objek Wisata Religi Makam Keramat Godog Garut


Setaiap bln. Mulud di Pemakaman Suci godong senantiasa diselenggarakan upacara Ngalungsar yang bermakna Turun Jimat. Upacara senantiasa dikerjakan pada tanggal 14 April. Upacara ini dikerjakan jadi penghormatan orang-orang pada Sunan Godog karna jasanya dalam menebarkan agama islam. Penghormatan dikerjakan lewat cara Ngamumule brang-barang pusaka seperti rupa-rupa keris, kitab, Al-Qur'an, cis, skin. Beberapa barang pusaka itu di turunkan dari peti lantas disimpan di atas makam, Lantas dibikin bersih satu persatu dengan memakai air kembang serta di gosok dengan memakai minyak. Hal semacam ini cuma dapat dikerjakan oleh kuncen ditempat itu. 

Saat ini Makam Keramat Godog atau Makam Suci Godog banyak di kunjungi oleh beberapa kelompok peziarah. Dari beberapa orang-orang makam Sunan Godog senantiasa dipandang keramat, karna tempatnya yang nyaris sejajar dengan beberapa wali yang memiliki jasa yang begitu besar dengan menebarkan agama islam di pulau jawa.

Yuqbal faza aula dipa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay