Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Hewan Langka Dan Terancam Punah Di Indonesia

Hewan Langka Dan Terancam Punah Di Indonesia
HEWAN LANGKA DI INDONESIA mempunyai kekayaan alam yang melimpah narasi dimaksud beragam macam fauna yang cuma hidup di Indonesia. Kekayaan keanekaragaman hayati ini sayangnya tidak digunakan dengan bijak hingga mengakibatkan kepunahan serta kematian hewan-hewan langka. 

Hal semacam ini berlangsung bersamaan dengan biasanya dikerjakan penangkapan serta perburuan hewan dengan ilegal. Diluar itu, rusaknya rimba yang dikarenakan oleh penebangan liar serta pembakaran rimba dengan ilegal buat banyak satwa liar kehilangan rumahnya. 

Di mana buat jumlah tiap-tiap hewan itu alami penurunan. Terlebih ditambah dengan tingkat kelahiran hewan yang rendah mengakibatkan hewan itu jadi langka serta nyaris punah. 

Keanekaragaman flora serta fauna yang dipunyai oleh Indonesia ini berlangsung karena Indonesia letak geografis Indonesia yang ada pada lokasi peralihan pada Asiatik serta Australis. Walau demikian ada lebih kurang 294 type flora serta fauna Indonesia yang termasuk juga kedalam daftar spesies yang harus dilindungi serta terancam punah. 

Menurut ketentuan pemerintah nomor 27 th. 1999 tentang beberapa jenis tumbuhan serta satwa yang dilindungi. Kalau sesungguhnya ada beberapa ribu spesies flora serta fauna yang hidup di Indonesia serta ada 294 spesies flora serta fauna Indonesia yang termasuk spesies terancam punah serta mesti dilindungi. 

Pada saat ini juga akan diterangkan tentang 30 spesies hewan yang termasuk langka serta masuk zone gawat. Hingga butuh dikerjakan berbagai macam usaha untuk menjaganya dalam ruang konservasi atau perlindungan satwa. 

Sebenarnya tidak ada arti hewan langka walau demikian ada arti “hewan yang terancam punah” yang arti itu telah umum dipakai oleh beberapa instansi atau organisasi konservasi internasional. Misalnya International Union for The Conservation of Nature and Alami Resources (IUCN). 

Satu instansi internasional yang bergerak dengan aktif dalam mengatasi beragam jenis persoalan sumber daya alam termasuk juga flora serta fauna. Terlebih untuk satwa yang telah masuk dalam daftar terancam punah atau red daftar of threatened species. Dalam hal semacam ini organisasi itu bekerja bersama dengan beragam negara yang berada di dunia. 

1. Orangutan Sumatera serta Kalimantan 
hewan langka orangutan sumatera 
faunadanflora. com 
Ke-2 type orangutan yakni orangutan Sumatera serta Kalimantan dimana keduanya termasuk juga spesies yang terancam punah. Orangutan Sumatera yaitu type yang paling terancam dibanding orangutan Kalimantan. Berdasar pada laporan dari IUCN pada 75 th. akhir-akhir ini populasi orangutan Sumatera Alami penurunan yang penting yakni sebesar 80%. 

Juga ada kenyataan kalau sepanjang th. 1998-1999 laju kepunahan terdaftar menjangkau angka 1000 orangutan per th.. Sedang pada th. 2004 beberapa peneliti memperkirakan kalau jumlah populasi orangutan di pulau Kalimantan yang ada pada lokasi negara Indonesia serta Malaysia sejumlah lebih kurang 54. 000 ekor. 

Orangutan Sumatera mempunyai kantung pipi yang panjang pada orang-tua jantan. Hal semacam ini yang membedakan pada spesies ini dengan orangutan yang hidup di pulau kalimantan. 

2. Harimau Sumatera 
hewan langka harimau sumatera 
leuserconservation. org 
Saat ini keseluruhan populasi harimau sumatera tidak lebih dari 300 ekor. Karenanya menurut WWF type harimau ini adalah satu diantara 6 sub spesies harimau yang masih tetap bertahan hidup hingga saat ini. Diluar itu juga termasuk dalam kelompok fauna gawat atau hewan langka yang terancam punah critically endangered. 

Keunikan dari harimau sumatera adalah mempunyai warna kulit yang paling gelap dibanding semuanya type Harimau yakni warna kuning kemerah-merahan serta orange tua. Keunikan yang lain yaitu badan harimau ini ukurannya relatif lebih kecil dibanding subspesies Harimau yang masih tetap hidup saat ini. 

Baca Juga : Letak Geografis Indonesia dalam Peta Dunia 
Jadi bertambah sempitnya luas rumah karna pembukaan lahan mengakibatkan harimau sumatera susah untuk bertahan hidup hingga butuh dijaga serta dilestarikan supaya tidak punah. 

3. Komodo 
Komodo 
thesun. co. uk 
Rumah Komodo Varanus komodoensis di alam liar alami penyusutan dikarenakan aktivitas manusia. Hingga organisasi International Union The Conservation Nature and Alami Resources mengelompokkan Komodo jadi hewan yang terancam punah. 

Spesies biawak raksasa ini saat ini memperoleh perlindungan dibawah ketentuan pemerintahan Indonesia serta satu taman nasional. Satu Taman Nasional Komodo dibangun dengan maksud membuat perlindungan kelestarian mereka. Rumah paling utama kadal raksasa itu saat ini hanya ada di Pulau Komodo Rinca Flores Gili motang serta Gili dasami di Nusa Tenggara Timur. 

Binatang komodo didokumentasikan pertama kalinya oleh orang Eropa di th. 1910. Nama binatang pemakan daging ini jadi demikian populer setelah th. 1912. Twitter Anthony Ouwens, Direktur museum zoologi di buitenzorg (sekarang ini Bogor) keluarkan satu paper tentang Komodo sesudah memperoleh photo serta kulit reptil ini. 

4. Burung Jalak Bali 
burung jalak bali 
burjalak. blogspot. com 
Jalak Bali diketemukan pertama kalinya di th. 1910. Burung ini mempunyai nama ilmiah Leucopsar rothschildi yang di ambil dari nama Walter rostchild, seseorang pakar hewan berkebangsaan Inggris yang temukan hewan Ini pertama kalinya. dia juga jadi orang yang menginformasikan temuannya ke dunia pengetahuan di th. 1912. 

Jalak bali hanya dapat diketemukan di pulau Bali terlebih pada ruang rimba sisi barat. Burung itu termasuk juga satu diantara spesies ciri khas Bali serta pada th. 1991 dinobatkan jadi simbol fauna ciri khas propinsi Bali. Kehadiran hewan endemik Ini memperoleh perlindungan dari undang-undang. 

Hal itu dikerjakan untuk menghindar terjadinya ancaman kepunahan yang makin bertambah serius. Umumnya kebun binatang besar didunia menggerakkan program pelestarian burung jalak Bali. 

5. Badak Sumatera serta Badak Jawa 
badak jawa 
beritalingkungan. com 
Badak jawa (rhinoceros sondaicus) serta badak Sumatera (Dicherorhinus sumatrensis) termasuk juga satwa sebagai perhatian untuk pemerintah serta penggemar satwa liar. Badak Sumatera serta badak Jawa adalah dua spesies dari 5 spesies badak yang masih tetap bisa bertahan hidup dari kepunahan. 



Badak yang lain yaitu badak India badak hitam Afrika serta badak putih Afrika. walau demikian ke-2 type Batak ini telah termasuk dalam grup yang terancam atau critically endangered. Status critically endangered ini disematkan pada type badak di Indonesia sejak th. 1996. 

6. Gajah Sumatera 
gajah sumatera 
cintai. com 
Gajah Sumatera yang mempunyai nama ilmiah Elephas maximus serta semua spesies gajah Asia serta sub spesiesnya saat ini termasuk kedalam satwa yang terancam punah. Hal semacam ini berdasar pada daftar merah spesies terancam punah yang di keluarkan oleh instansi internasional IUCN. 

Hal itu berlangsung karena rumahnya yang makin menyempit serta perburuan liar yang selalu berlangsung. Populasi gajah Sumatera makin hari makin memprihatinkan. Menurut data yang dikumpulkan dalam 25 th. akhir-akhir ini gajah Sumatera telah kehilangan sekitaran 70% habitatnya. 

Data juga tunjukkan populasi hewan ini Alami penurunan hingga lebih dari 1/2 dari habitat aslinya. Perkiraan populasi pada th. 2007 adalah sekitar pada 2400-2800 ekor. Walau demikian saat ini mungkin saja telah alami penurunan jauh dari angka itu. Sebab habitatnya selalu alami penyusutan serta pembunuhan yang selalu terjadi 

7. Kanguru Wondiwoi 
kanguru wondiwoi 
buzzle. com 
Nyatanya binatang kanguru bukan sekedar dipunyai oleh benua Australia saja. Di Indonesia juga ada satu diantara type kanguru yakni Kanguru pohon wondiwoi adalah satu diantara type hewan langka yang hidup di Pulau Papua. 

Menurut spesimen yang diketemukan oleh Ernest Meyer, hewan yang memiliki nama ilmiah Dendrolagus mayri itu diperkirakan mempunyai bobot lebih kurang 9, 25 kg. Tanda-tanda yang lain adalah bulunya berwarna hitam dengan bagian-bagian yang berwarna kekuningan. 

Di bagian pantat serta tungkai warnanya kemerahan dengan ekor berwarna putih. Jumlah populasi kanguru pohon wondiwoi memanglah tidak sempat di ketahui dengan akurat. Walau demikian berdasar pada daftar merah yang di keluarkan IUCN, diperkirakan keseluruhan populasi kangguru type ini lebih kurang sejumlah 50 ekor saja. 

Baca Juga : Biogas dari Kotoran Sapi 
Hal itu yang jadikan pihak International conservation Nature and Alami Resources mengelompokkan kanguru wondiwoi atau wondiwoi kangaro jadi critically endangered species. 

8. Anoa 

pakmono. com 
Anoa adalah hewan ciri khas Pulau Sulawesi yang dapat didapati, terutama di propinsi Sulawesi Tenggara. Binatang itu termasuk juga binatang peralihan Asiatis serta Australis. Binatang yang digolongkan jadi hewan langka ini sudah ada diambang kepunahan sejak th. 1960. 

Bahkan juga dalam 10 th. paling akhir populasi Anoa alami penurunan yang penting. Diperkirakan saat ini jumlah Anoa kurang dari 5000 ekor di alam liar. Ancaman kepunahan ini tidak lepas dari aktivitas orang-orang yang seringkali memburunya. 

Umumnya manusia memburu hewan langka ini untuk di ambil kulit tanduk dan daging. Pada umumnya ada dua spesies hewan ini, yaitu anoa dataran rendah serta anoa pegunungan. 

9. Monyet Hitam Sulawesi 
monyet hitam sulawesi 
tirto. id 
Monyet Hitam Sulawesi mempunyai nama ilmiah Macaca nigra atau dikenal juga dengan nama monyet berjambul. Hewan ini termasuk juga satu diantara sebagian type primata yang termasuk juga hewan langka yang terancam punah. Monyet Hitam Sulawesi adalah satwa ciri khas pulau Sulawesi terutama di daerah Sulawesi Utara. 

Keunikan yang paling menonjol dari monyet hitam ini adalah jambul yang ada diatas kepalanya. Monyet ini mempunyai nama beda yakni Celebes crested macaque, Celebes black ape, Gorontalo macaque, atau Sulawesi macaque. Sedang warga sekitaran umum mengatakannya dengan nama Yaki, Bolai, serta Dihe. 

Makin lama populasi monyet hitam Sulawesi makin langka serta terancam punah. Oleh karenanya International The Conservation Nature and Alami Resources memasukkannya kedalam daftar merah dengan status konservasi critically endangered. 

10. Pesut Mahakam 
pesut mahakam 
faunadanflora. com 
Ikan Pesut Mahakam atau yang dalam bhs Latin di kenal dengan nama Orsela brevirostris adalah satu diantara type hewan mamalia yang di kenal jadi lumba-lumba air tawar. Hewan ini dinyatakan nyaris punah berdasar pada data yang diperoleh di th. 2007, karna populasi hewan ini cuma tersisa 50 ekor saja. 

Hewan langka ini ada di posisi teratas fauna Indonesia yang terancam punah. Ilmuwan dunia mengelompokkan Pesut Mahakam di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur dalam status begitu terancam punah. 

Ada banyak segi yang memengaruhi populasi pesut seperti berkurangnya jumlah supply makanan di habitatnya, lalu-lalang kapal ponton di lokasi rumahnya, serta pemakaian zat beracun oleh nelayan jadi penyebabnya berkurangnya populasi ikan pesut. 

11. Macan Tutul Jawa 
macan tutul jawa 
bobo. grid. id 
Harimau Jawa adalah hewan yang telah lama alami kepunahan, tetapi masih tetap ada spesies yang semacam, yakni Macan Tutul Jawa. Hewan langka satu ini memiliki nama ilmiah Panthera pardus melas. Binatang ini adalah hewan endemik pulau Jawa dadn termasuk juga kedalam 9 sub spesies Macan Tutul. 

Macan Tutul Jawa ini telah lama diklasifikasikan kedalam satwa yang terancam punah atau hewan langka. Ada dua varian Macan Tutul Jawa, yakni Macan Tutul berwarna jelas serta Macaan Tutul berwarna hitam yang lebih di kenal jadi Macan Kumbang. Meskipun mempunyai warna yang berlainan ke-2 Macan ini masih tetap termasuk juga kedalam satu sub spesies yang sama. 

Berdasar pada data yang di keluarkan oleh International The Conservation Nature and Alami Resources, populasi Macan Tutul Jawa yang masih tetap hidup tidak lebih dari 300 ekor di ruang tinggalnya. 

Dengan membaca artikel ini, penulis mengharapkan beberapa orang yang makin perduli pada kelstarian flora serta fauna di Indonesia. Hingga dapat kurangi peluang terjadinya kepunahan serta perburuan liar pada satwa-satwa yang dilindungi ini. Sekian artikel tentang hewan langka di Indonesia, mudah-mudahan berguna serta menaikkan pikiran Anda.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay