Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Manfaat sedekah

Manfaat sedekah
Tangan diatas tambah baik dari pada tangan dibawah. Sepenggal seruan itu mengingatkan kita begitu perlunya untuk berikan. Bila kita termasuk orang yang dapat dengan mempunyai kedudukan, harta yang cukup banyak. Jadi butuh seumpamanya kita untuk bersedekah. Memberi beberapa harta kita pada orang yang betul-betul memerlukan. 

faedah sedekahPerintah Sedekah dalam Islam 

Faedah memeluk agama islam banyak mengetahui rencana sosial yang memerintahkan umatnya untuk sama-sama tolong-tolong membantu antar manusia dalam kebaikan. Rencana zakat, qurban, serta salah nya ialah beribadah sedekah, yang terkecuali mempererat jalinan dengan Tuhan tetapi dengan juga sesama Manusia. 

Perintah sedekah ini ada pada firman Allah dalam Alqur’an, surat An Nissa ayat 114 : 

“Tidak ada kebaikan pada umumnya bisikan-bisikan mereka, terkecuali dari bisikan-bisikan orang yang menyuruh (manusia) berikan sedekah, atau melakukan perbuatan kebaikan atau membuat perdamaian di antara manusia. Serta barangsiapa yang melakukan perbuatan sekian karna mencari keridhaan Allah, jadi kami juga akan memberikannya pahala yang besar”. 

Sedekah tidak cuma masalah memberi beberapa harta untuk yang memerlukan, tetapi faedah sedekah lebih luas juga akan dirasa pada seorang yang mengerjakannya sebagai berikut : 

1. Menguatkan keimanan 

Beribadah yaitu fasilitas yang bermakna satu dedikasi yang dikerjakan seseorang hamba pada Tuhannya. Bersedekah didalam agama yaitu jadi satu diantara perintah untuk kaum muslim. Bersedekah dengan kemauan untuk beribadah karna Allah, jadi juga akan memupuk rasa keimanan kita pada Allah. Hal semacam ini seperti faedah qurban yang mengajarkan sharing kebahagiaan di hari idul Adha. 

2. Tingkatkan rasa empati sosial 

Rencana sedekah dengan esensi yaitu dengan memberi apa yang kita miliki baik imateriil mapun materiil untuk orang yang lebih memerlukan. Tingkah laku bersedekah mensyaratkan ada suatu hal yang dapat di beri dan siapa yang di beri. Untuk orang yang berikan sedekah hanya untuk menolong mengurangi beban orang yang dibantu juga akan melatih sikap empati kita pada orang yang lain. 

Hal-hal lain yang dapat dikerjakan untuk memupuk rasa empati yaitu dalam faedah pengetahuan sosiologi dalam kahidupan. 

3. Terlepas dari nilai materialisme 

Spesial untuk bersedekah dengan harta buat kita mesti berani kurangi apa yang kita miliki untuk kebaikan orang yang lain. Hal semacam ini baik supaya kita tidak jadi orang yang hilang ingatan harta yg tidak ikhlas hartanya diberi bebrapa hanya untuk orang yang lain. 

Karakter itu yaitu tanaman nilai materialisme yang malah juga akan buat kita cuma pikirkan kebahagiaan duniawi semata. Oleh karenanya memerlukan rutinitas yang melindungi kita terlepas dari nilai-nilai materialisme, serta dengan faedah sedekah termasuk juga satu diantaranya. 

4. Rasa sukur pada Tuhan 

Faedah sedekah ikut mengingatkan kita kalau apa yang kita miliki yaitu kesenangan yg tidak terlepas dari izin tuhan. Hal semacam ini jadi bentuk rasa sukur jadi butuh membagi kesenangan yang kita miliki pada orang yang lain yang kurang mujur. 

Dalam islam rasa sukur ini ada dalam faedah ayat kursi dalam ayat suci Alquran. 

5. Melatih berfikir positif 

Untuk orang yang bersedekah dengan ikhlas jadi akan tidak ada kecemasan baginya. Faedah berfikiran positif mengenai sedekah ini, juga akan membuatnya berfikir kalau apa yang sudah dikerjakannya itu malah juga akan memberi faedah periode panjang. Hingga dengan bhs jawanya, dia akan tidak terasa “eman” serta malah juga akan berasumsi juga akan ada hal yang baik yang juga akan di terima dianya saat lakukan kebaikan dengan bersedekah. 

6. Terlepas dari karakter kikir 

Ini yaitu satu diantara karakter jelek yang butuh dijauhi. Jadi makhluk ciptaan Tuhan dan makhluk sosial, tidak sepatutnya kita sombong dengan berasumsi kalau apa yang di bisa yaitu karna usahanya semata. 

Butuh di kenali nasib kita, tak tahu baik atau jelek pastinya terikat dengan campur tangan Tuhan serta begitu bisa saja ada campur tangan orang yang lain yang memengaruhi. Oleh karenanya dengan faedah sedekah juga akan mengingatkan kita tidak untuk mempunyai karakter kikir. 

7. Tingkatkan kebal Badan 

Menariknya, dengan bersedekah ada dampak yang diakibatkan pada kesehatan kita. Berlainan dengan faedah buah-buahan atau sayuran yang umum dikonsumsi, menurut riset yang dikerjakan Prof. David M Clelland. Dia temukan kalau dengan lakukan suatu hal yang positif untuk orang yang lain seperti bersedekah juga akan tingkatkan system kebal badan. 

8. Makin panjang umur 

Faedah ini tidak kalah menariknya, dengan bersedekah juga akan buat kita lebih panjang usia. Hal tersebut diperkuat oleh pendapat Dr Stephen Post yang didalam bukunya mengatakan kalau karakter dermawan cukup menyehatkan serta dapat memanjangkan usia kita. 

Ada pula riset yang dikerjakan oleh Stephanie Brown pada th. datang dari University. Riset itu melibatkan partisipan beberapa manula, Riset itu temukan kalau manula yang suka bersedekah mempunyai kemungkinan lebih kecil untuk meningggal dalam rawan 5 th. selanjutnya dibanding dengan manula yg tidak sempat bersedekah. 

Mempuk jiwa dermawan juga di ajarkan dalam faedah zakat jadi beribadah harus dalam islam. 

9. Mempunyai badan lebih bugar 

Hal tersebut di ungkap oleh James House dalam studinya ia menyimpulkan kalau dengan menolong orang yang lain dengan sepenuh hati juga akan tingkatkan kesehatan badan serta tingkatkan angka keinginan hidup. 

10. Memperoleh rasa bahagia 

Dengan bersedekah juga akan mendatangkan perasaan bahagia. Hal tersebut di ungkap oleh Elozabeth Duun dalam risetnya, ia temukan kalau dengan membelanjakan harta di jalan kebaikan untuk menolong orang yang lain juga akan mendorong produksi hormon-hormon kebahagiaan didalam otak kita. 

Terkecuali bersedekah, kerjakan beberapa hal yang disenangi untuk memperoleh kebahagiaan seperti pada : 

11. Terlepas dari stress 

Dalam bukunya, Allan Luks menyebutkan kalau dengan membantu orang yang lain juga akan memperingan rasa sakit kita sendiri, dan kurangi stress. Dengan memberi pertolongan dengan dengan ikhlas juga akan tingkatkan produksi endrofin, hal tersebut baik untuk kesehatan jiwa kita. Penelitain yang dikerjakan Allan Luks melibatkan 3000 sukarelawan, serta 90%-nya rasakan benar faedah sharing dengan orang yang lain. 

12. Berlatih berlaku Adil 

Studi di Belgia yang melibatkan 466 pelajar. Mereka di tanya mengenai seberapa seringkali sharing dengan orang yang lain serta lalu di banding dengan tingkah laku alturistik mereka. Akhirnya Charlotte De Backer yang memimpin riset itu menyebutkan kalau Mereka yang seringkali sharing mempunyai sikap adil, serta tidak berani ambil hak orang yang lain. 

Hal tersebut tunjukkan kalau dengan faedah sedekah, juga akan mengingatkan kita tentang keharusan kita jadi makhluk sosial. Untuk berlaku adil pada mereka yang memerlukan dengan memberi pertolongan sosial. 

13. Turunkan desakan darah 

Hal semacam ini juga akan begitu berguna supaya kita terlepas dari hipertensi atau desakan darah tinggi. Studi yang dikerjakan pada th. 2006 temukan kalau orang yang menyukai membantu serta mempunyai motivasi untuk sharing kebahagiaan dengan orang yang lain juga akan membuatnya mempunyai desakan darah yang stabil. 

Faedah Sedekah Untuk yang Menerimanya 
1. Mengurangi beban cost hidup 

Pasti bila kita bersedekah jadi juga akan memberi daya penambahan pada orang yang terima pertolongan kita. Begitu beban problem yang dipunyai juga akan menyusut. Hal semacam ini jadi butuh jadi perhatian kita karna kita ada pada satu lingkungan sosial yang sama tetapi ada orang di sekitar kita yang kurang mujur serta butuh diangkat beban kesusahannya. 

2. Menumbuhkan sikap optimisme 

Saat kita memberi pertolongan pada orang yang lain. Jadi orang yang terima itu juga akan keluar keinginan baru. Kepedulian yang kita beri juga akan jadi semangat sendiri untuk mereka untuk dapat hadapi problem dengan sikap yakin, karna kita buat mereka sadar kalau masih tetap ada beberapa orang dermawan dengan mereka untuk menolong mengurangi beban hidup mereka. 

Faedah patuh pada Allah selalu juga akan membukakan jalan untuk buat diri tambah baik dari mulanya. 

3. Menghindar perbuatan yang munkar 

Kemiskinan, kelaparan, apa pun keadaan kekurangan yang dihadapi seorang begitu rawan juga akan menyebabkan aksi yang tercela. Ketidak berdayaan yang dihadapi buat mereka berfikir jalan praktis untuk lakukan beberapa aksi yang menyimpang. Oleh karenanya, dengan buat mereka tetaplah yakin melakukan hidup dengan pertolongan dari kita, jadi ikut menghindar mereka dari melakukan perbuatan aksi menyimpang. 

4. Melindungi keimanan pada Allah 

Keimanan seorang kadang-kadang juga luntur ketika mereka ditest dengan keadaan kekurangan. Beberapa dari mereka juga akan mengeluh pada Tuhan yang dia anggap tidak adil. Hal tersebut malah juga akan beresiko serta dapat turunkan kandungan keimanan mereka. Oleh karenanya faedah sedekah pada orang yang menerimanya, jadi juga akan menolong melindungi keimanan mereka pada Allah. 

Faedah Sedekah untuk Lingkungan sosial 
1. Membuat budaya tolong menolong 

Bila kita membiasakan diri untuk membantu orang yang lain yang memerlukan, serta mengajak orang yang lain untuk lakukan hal yang sama. Bila ini dikerjakan banyaknya orang, jadi juga akan keluar budaya sama-sama tolong-menolong. 

2. Turunkan tingkat kriminalitas 

Efek selanjutnya untuk keadaan sosial orang-orang kita yaitu juga akan terhindari dari kejahatan-kejahatan yang dikerjakan beberapa kelompok, yang didasari argumen ketakmampuan hingga menuntut mereka untuk melakukan perbuatan kriminil. Oleh karenanya, dengan membudayakan faedah sedekah juga akan memengaruhi angka kriminalitas yang berlangsung. 

3. Menangani problem kesenjangan sosial ekonomi 

Efek periode panjang yang di bisa dari faedah sedekah, dalam orang-orang kita yaitu jarak pada si kaya serta si miskin yang tak akan sangat senjang. Berarti kesenjangan ekonomi juga akan dapat di kurangi saat kita menolong mengangkat kelompok bawah serta mendukungnya untuk dapat melakukan perbaikan nasib ekonomi mereka. 

Kenyataan sedekah bukan sekedar dikerjakan oleh umat islam. Faedah agama dalam ajaran beda terkecuali Islam juga, mempunyai rencana ajaran untuk sama-sama berikan. Kenyataan kongkritnya yaitu Bill gates, CEO microsoft ini di kenal jadi orang yang begitu dermawan. Tahukah Anda kalau 50% dari pendapatan Bill gates disumbangkan untuk melakukan perbaikan angka kemiskinan.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay