Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Membuat Rumah Yang Kokoh

Membuat Rumah Yang Kokoh
Ini yaitu artikel mengenai cara buat pondasi rumah yang kuat. Dalam buat bangunan apa pun, pasti kita juga akan memerlukan pondasi yang kuat. Waktu kita membuat rumah, misalnya, pondasi mempunyai peranan yang begitu perlu jadi penahan beban dari semua bangunan rumah serta jadi penopang paling utama susunan bangunan. Tidak ada pondasi yang kuat, pasti bangunan juga akan jadi kurang kuat serta kurang layak untuk dipakai. 

cara-membuat-pondasi-rumah-yang-kuat 

Sayangnya, akhir-akhir ini kita dapat dengan gampang temukan tempat tinggal yang di buat dengan pondasi yang tidak cocok dengan standar atau ala kandungannya. Beberapa orang yang berfikir bila seandainya telah menggunakan jasa tukang bangunan, mereka telah dapat membuat rumah tanpa ada butuh anjuran dari tenaga pakar seperti arsitek atau pakar susunan. Walau sebenarnya, membuat rumah memerlukan pengetahuan yang ideal supaya rumah dapat kuat serta aman. 

Type Pondasi untuk Rumah Tinggal 
Sesungguhnya, seperti apakah pondasi rumah yang cukup kuat untuk dipakai jadi rumah? Dalam pengetahuan sipil, kita juga akan mengetahui dua type pondasi yang umum/paling banyak digunakan untuk tempat tinggal 2 lantai, yaitu pondasi batu kali serta pondasi footplat. 

Pondasi batu kali sering kali dipakai dalam bangunan yang cuma menggunakan satu lantai saja. Umumnya, kedalaman pondasi cuma sekitar pada 60 sampai 80 cm saja. Peranan dari pondasi ini hanya untuk menyokong pemasangan bata serta beban susunan bangunan di atasnya yang tidaklah terlalu berat mengingat cuma berbentuk bangunan satu lantai. 
pondasi-batu-kali-batubelah-pada-rumah-tinggal 
contoh pondasi batukali/batubelah pada rumah tinggal 

Pondasi footplat seringkali dipakai dalam bangunan rumah dengan dua lantai. Berlainan dengan pondasi batu kali, pondasi ini terbuat dari susunan beton bertulang dengan kedalaman sekitaran 130 cm sampai 2 mtr.. Tetapi, kita semakin lebih seringkali temukan pondasi ini dengan kedalaman 150 cm. Pondasi ini dapat menahan beban susunan bangunan diatas yang cukup berat, yang disebut bangunan dua lantai. 
pemasangan-pondasi-footplat-pada-rumah-2-lantai 
contoh pemasangan tulangan pondasi footplat pada bangunan rumah 

Cara buat Pondasi Rumah yang Kuat 
Untuk buat pondasi rumah yang kuat, kita pasti mesti lakukan rencana yang pas. Bagaimana tidak, tidak ada pondasi yang ideal, jadi pondasi akan tidak dapat menahan beban bangunan di atasnya serta dapat buat bangunan turun. Diluar itu, bangunan akan memiliki resiko tinggi alami retak susunan yang pasti juga akan membahayakan penghuninya. Untuk hindari hal semacam ini, kita mesti memerhatikan cara buat pondasi rumah yang kuat seperti berikut. 

Cermati kedalaman dari pondasi karna tanpa ada kedalaman yang cukup, jadi kemampuan pondasi akan kurang baik dalam menyokong beban bangunan. 
Misal kita pilih pondasi batu kali, jadi kita dapat menggunakan rasio 1 : 5 untuk adukan semen pasir untuk menjaga kemampuan pondasi. 
Kita harus juga menyiapkan stek pada pondasi batu kali supaya dapat dihubungkan dengan sloof. 
Misal kita pilih pondasi footplat, jadi sebaiknya kita menggunakan tulangan dengan ukuran minimum 12 mm. Diluar itu, cermati juga kualitas beton di mana sebaiknya kita memakai kualitas kisaran K225. Disamping itu, di mana adukan semen pasir serta kerikil rasionya yaitu kisaran 1 : 1, 5 : 2, 5. 
Yakinkan juga supaya tulangan pondasi betul-betul menyatu dengan tulangan kolom susunan sampai ke sisi atas bangunan supaya kemampuan pondasi dapat terjamin. 
Pondasi serta Keadaan Tanah 
Terkecuali lakukan beberapa hal diatas, kita harus juga memerhatikan banyak hal beda, yaitu keadaan tanah yang juga akan kita gunakan untuk membangun bangunan. Dengan mengecek keadaan tanah, jadi kita juga dapat pilih type pondasi apa yang seumpamanya sesuai sama bangunan rumah yang juga akan kita dirikan. 

Bila tanah yang digunakan telah cukup keras serta kita menginginkan membuat rumah satu lantai, jadi pondasi batu kali telah dipandang cukup kuat untuk dipakai. 
Bila tanah yang digunakan telah cukup keras serta kita menginginkan membuat rumah dua lantai, jadi kita dapat menggunakan gabungan pada pondasi batu kali serta footplat. 
Misal tanah nyatanya tetap dalam keadaan lembek, adalah sisa urugan, atau ada di tempat lereng, harus kita mesti berkonsultasi dengan pakar susunan atau arsitek untuk meyakinkan pondasi apa yang dapat kita pakai mengingat keadaan ini cukup beresiko misal cuma dengan menggunakan pengetahuan tukang bangunan. Terlebih bila kita menginginkan membuat rumah dengan dua atau tiga lantai. 
Dengan terdapatnya pondasi yang kuat, kita dapat meyakinkan bangunan rumah kuat serta dapat digunakan kurun waktu yang lama. Diluar itu, aspek keamanan harus juga kita cermati karna misal kita menggunakan pondasi dengan sembarangan, mungkin saja bangunan juga akan cepat rusak serta dapat membahayakan penghuninya.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay