Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Orang Pembuat Komputer

Orang Pembuat Komputer
Di kenal jadi satu diantara pelopor atau penemu dari dari computer pertama kalinya. Charles Babbage adalah salah seseorang ilmuwan didunia yang terdaftar jadi penemu Computer Pertama, yang sudah banyak memberi karyanya pada kehidupan manusia, terutama bagian computer. 

Mesin penghitung (Difference Engine no. 1) yang diketemukan oleh Charles Babbage (1791-1871) yaitu satu diantara icon yang paling populer dalam histori perubahan computer serta adalah kalkulator automatis pertama. Babbage juga populer dengan julukan ayah computer. The Charles Babbage Foundation menggunakan namanya untuk menghormati kontribusinya pada dunia computer.  


Charles Babbage 
Charles Babbage lahir di daerah yang saat ini di kenal dengan nama Southwark, London, 26 Desember 1791, anak dari Benjamin Babbage, seseorang Banker. 

Keunggulannya dalam matematika begitu menonjol. Waktu masuk Trinity College di Cambridge th. 1811, dia merasakan kalau kekuatan matematikanya jauh tambah baik, bahkan juga dari pada tutornya sendiri. 

Di umur 20 tahunan Babbage bekerja jadi seseorang pakar matematika terlebih di bagian peranan kalkulus. Th. 1816, dia dipilih jadi anggota “Royal Society” (organisasi sains serta akademis berdiri sendiri Inggris Raya, masih tetap aktif sampai saat ini). 

Ia juga memainkan peranan perlu di yayasan “Astronomical Society” (organisasi Astronomi serta geofisika Inggris raya, masih tetap aktif sampai saat ini) pada th. 1820. Pada saat ini Babbage mulai tertarik pada mesin kalkulasi, yang berlanjut sampai akhir hayatnya. 

BACA : Penemu Handphone Blackberry - Mike Lazaridis 
Membuat Difference Engine Asal Saran Komputer 
Jenis Computer Pertama 
Difference Engine (Jenis Computer Pertama) 
Th. 1821 Babbage membuat Difference Engine, satu mesin yang bisa membuat Tabel Matematika. Waktu lengkapi mesin tersebut di th. 1832, Babbage memperoleh inspirasi mengenai mesin yang tambah baik, yang juga akan dapat merampungkan bukan sekedar satu type tetapi beragam type operasi aritmatika. 

Mesin ini diberi nama Analytical Engine (1856), yang ditujukan jadi mesin pemanipulasi lambang umum, dan memiliki sebagian karakter dari computer moderen. Salah satunya yaitu pemakaian punched card, satu unit memori untuk memasukkan angka, serta beragam elemen basic computer yang lain. 



Karya Babbage kurang demikian populer hingga satu waktu dia berjumpa dengan Ada, Countess of Lovelace, anak dari Lord Byron. Babbage awal mula berjumpa berada di satu acara tanggal 6 Juni 1833. Sembilan th. lalu, Luigi Federico Manabrea (seseorang insinyur dari Italia) menerangkan langkah kerja Analytical Engine. 

Karya ini lalu ditranslate serta ditambahkan notes oleh Ada Lovelace di th. 1843. Dari mulai waktu itu orang mulai mengetahui karya Charles Babbage. 

Tetapi sayang, cuma sedikit sisa peninggalan dari prototipe mesin Difference Engine, karena keperluan mesin itu lebih dari tehnologi yang ada pada jaman itu. 

Serta meskipun pekerjaan Babbage dihargai oleh beragam institusi sains, Pemerintah Inggris hentikan sesaat pendanaan untuk Difference Engine pada th. 1832, serta pada akhirnya dihentikan semuanya th. 1842. Demikian juga dengan Difference Engine yang cuma terwujudkan dalam gagasan serta desain. 

Titel The Lucasian Chair Of Mathematics 
Th. 1828 hingga 1839, Babbage medapat titel the Lucasian chair of mathematics (titel professor matematika paling bergengsi didunia) dari Kampus Cambridge. Terkecuali mesin kalkulasi, Babbage juga memberi beragam peran beda. 

Salah satunya membuat system pos moderen di Inggris, membuat table asuransi pertama yang bisa dihandalkan, temukan locomotive cowcather (susunan berupa segitiga dibagian depan kereta api, yang dapat bersihkan rel dari masalah) serta sebagian yang lain. Diluar itu Babbage juga menyumbangkan ide-idenya di bagian ekonomi serta politik. 

komputer 
Jenis Computer Waktu Ini 
Charles Babbage juga seseorang pakar cryptanalysis yang berhasil memecahkan vigenere cipher (polyalphabet cipher). Kepandaiannya ini sebenarnya telah dipunyainya mulai sejak th. 1854, sesudah dia berhasil menaklukkan tantangan Thwaites untuk memecahkan ciphernya. Walau demikian penemuannya ini tidak dia terbitkan hingga baru ketahuan di era 20 saat beberapa pakar mengecek notes-notes (tulisan, catatan) Babbage. 

Di balik semua kesuksesannya, kegagalan dalam pembuatan mesin perhitungan serta kegagalan pertolongan pemerintah padanya, meninggalkan Babbage dalam kecewaan serta rasa sedih diakhir masa hidupnya. Babbage wafat di tempat tinggalnya di London pada tanggal 18 Oktober 1871. 

Penemuan Computer oleh Babbage jadi sumbangan paling berguna untuk umat manusia. Mulai sejak waktu itu temuan Babbage selalu diperkembang terlebih penemuan computer moderen yang di buat oleh Alan Turing. Sekarang ini computer jadi alat penunjang dalam kehidupan manusia serta memiliki bentuk juga makin moden serta makin mutakhir dari personal computer, laptop sampai super computer.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay