Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

perkembangan kapal laut

perkembangan kapal laut
Kapal laut yaitu alat transportasi yang bergerak di laut. Alat transportasi ini dipakai mulai sejak jaman purba, saat nenek moyang kita menelusuri menyusuri sungai memakai rakit. Walau termasuk tua, pengembangan tehnologi kapal laut masih tetap selalu dikerjakan. Maklum, dua pertiga luas bumi berbentuk air. Jadi, alat transportasi yang bisa mengarungi perairan begitu diperlukan. 

Di jaman moderen ini, kapal laut telah makin mutakhir. Kapal laut diperlengkapi mesin bertenaga tinggi hingga bisa melaju secara cepat. Desainnya juga di buat demikian mewah serta megah, diperlengkapi beberapa sarana yang memanjakan penumpangnya. 

Tetapi tahukah anda bagaimana kapal laut bisa berkembang dari satu rakit di jaman purba jadi fasilitas transportasi moderen seperti saat ini? 

1. Kano 

Berikut nenek moyangnya kapal laut. Kapal laut generasi pertama ini masih tetap begitu sederhana. Manusia purba umum memakai kano atau rakit untuk menyeberangi sungai atau danau. Kano umumnya terbuat dari batang pohon. 

2. Perahu Mesir (3000 SM) 

Perahu Mesir yaitu perintis kapal-kapal laut moderen sekarang ini. Perahu ini telah mempunyai rangka yang terbuat dari kayu serta mampu mengangkut sampai 20 penumpang. 

3. Perahu Phoenix (2000 SM) 

Bangsa Phoenix, terkecuali telah dapat membuat kapal dagang, juga dapat buat kapal perang. Kapal buatan bangsa Phoenix digerakkan dengan monitor serta dayung. Dengan kapal ini, mereka mampu berlayar melewati Inggris sampai Afrika. 


4. Perahu Romawi (5 M) 

Perahu Romawi yang di kenal dengan Galiun (Inggris : Galleon) mempunyai ukuran yang besar dengan monitor yang besar juga. Galiun Romawi juga bergerang dengan pertolongan tenaga dari beberapa ratus pendayung untuk tingkatkan kecepatan saat bertempur. 

5. Perahu Viking (800 M) 

Bangsa Viking populer jadi pelaut yang kuat. Perahu yang digunakan bangsa ini dimaksud Longship. Perahu ini mempunyai hiasan-hiasan yang indah. 

6. Perahu Yung (Sekitaran 800 M) 

Tidak ingin ketinggal, bangsa Asia terutama bangsa Cina juga mempunyai perahu buatan mereka sendiri. Tersebut perahu Yung yang mempunyai dua monitor, satu diantaranya besar serta satunya sekali lagi kecil. Perahu ini begitu lincah karna ukurannya tidaklah terlalu besar. 

7. Caravelle (Era 14) 

Caravelle yaitu kapal monitor yang diperkembang oleh bangsa Spanyol serta Portugal. Kapal ini dapat menelusuri dunia, lho... Bahkan juga Christoper Columbus berlayar ke benua Amerika dengan menaiki kapal ini. 

8. Kapal Monitor (Era 16 hingga 18) 

Negara-negara di Eropa banyak membuat kapal dengan monitor besar begini. Laksamana Nelson dari Inggris menggunakan kapal type ini, yakni HMS Victory dalam pertempuran laut Trafalgar pada Inggris serta Perancis. 

9. Clipper (Era 19) 
Clipper yaitu kapal monitor ciri khas Amerika di pertengahan era ke-19. Clipper populer karna dapat melaju secara cepat di laut karna mempunyai banyak monitor. 

10. Kapal Uap (Akhir Era 19) 

Bersamaan dengan perubahan tehnologi, diketemukannya mesin uap menolong perubahan kapal menuju kapal yang moderen. Genarasi kapal uap menandai selesainya jaman kapal monitor. Kapal uap memakai tenaga uap dari ketel untuk menggerakkan baling-baling. 

11. Kapal Bermotor (Era 20) 

Masuk era 20, kapal uap mulai tumbuh jadi kapal mesin yang memakai bahan bakar solar. Kapal bermotor telah termasuk juga kapal jaman moderen. 

12. Kapal-kapal Masa Depan 
Kapal-kapal di masa depan makin moderen. Kapal moderen yang juga akan banyak dipakai di masa depan yakni kapal induk, kapal selam bertenaga nuklir, hovercraft, hydrofoil, serta jetfoil.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay