Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Perkembangan Teknologi

Perkembangan Teknologi
Perubahan tehnologi saat ini sudah banyak tunjukkan perkembangan yang mengagumkan. Beberapa hal dari bidang kehidupan yang sudah memakai kehadiran dari tehnologi tersebut. Kemunculannya sudah memberi efek yang cukup besar pada kehidupan umat manusia dalam beragam segi serta dimensi. Sekian perihal dengan tehnologi komunikasi yang disebut perlengkapan piranti keras dalam susunan organisasi yang memiliki kandungan nilai sosial yang sangat mungkin individu untuk menyatukan, mengolah serta sama-sama ganti info (menurut Rogers, 1986). Kondisi yang sekian, di mana satu tehnologi dapat mengubah suatu hal yang belum juga pasti bisa dikerjakan jadi satu fakta. Umpamanya, bila dulu orang tidak bisa bicara dengan orang yang lain yang ada di satu tempat yang berjarak jauh, jadi sesudah ada telepon orang bisa bicara tanpa ada batas serta jarak saat. 
Dari sinilah, awal mulanya dengan diketemukannya beragam piranti sederhana, dari mulai telepon, yang berbasiskan analog, maju serta berkembang selalu sampai keluar beragam piranti elektronik yang lain. Sampai pada akhirnya tehnologi ini berintegrasi satu dengan yang lain. Tehnologi komunikasi yang sudah ada adalah satu jawaban dari ada perubahan jaman. Hal semacam ini berlangsung karna makin berkembang maju satu peradaban manusia jadi tehnologi juga selalu alami perubahan untuk menyesuaikan alur peradapan manusia tersebut. 

1. Pengertian Tehnologi Komunikasi serta Tehnologi Info 

Menurut Rogers, 1986 tehnologi adalah perlengkapan piranti keras dalam susunan organisasi yang memiliki kandungan nilai sosial yang sangat mungkin individu untuk menyatukan, mengolah serta sama-sama ganti info (di kutip dari materi kuliah Perubahan Tehnologi Komunikasi, Jamroji S. Sos : hal 1). Bisa disebutkan juga kalau tehnologi komunikasi yaitu satu penemuan baru dalam segi kehidupan di mana tiap-tiap individu bisa memakai, terhubung, serta memberi segalanya info pada orang yang lain dengan universal. Sedang menurut Ely, 1982 yang disebut dengan Tehnologi Info yakni mencangkup sebagian system komunikasi seperti satelit tayangan segera, kabel interaktif dua-arah, penyiaran bertenaga rendah 9low-power broadcasting), computer (termasuk juga personal-computer serta computer genggam yang baru), serta tv (termasuk juga video disk serta video tape cassete), (diambil dari Tehnologi Komunikasi dalam Perspektif Latar Belakang & Perubahannya, Zulkarimein Nasution. 1989 : hal 5). Pada tehnologi komunikasi dengan tehnologi info tersebut sesungguhnya sama-sama berkaitan. walau demikian tetaplah ada bagian yang membedakan pada keduanya. 

2. Perubahan Tehnologi Komunikasi 

Sekarang ini keperluan juga akan tehnologi, baik itu tehnologi info ataupun telekomunikasi begitu tinggi mulai dari kelompok menengah kebawah serta kelompok menengah ke atas. Semuanya individu begitu memerlukan tehnologi untuk percepat perubahan atau tingkatkan pembangunan baik pembangunan individu ataupun grup. Perubahan tehnologi yang sekarang ini amat cepat yaitu tehnologi komunikasi, yang mendatangkan bermacam pilihan bentuk tehnologi serta kecanggihannya. 

Perubahan komunikasi tersebut sesungguhnya searah dengan kehidupan dan kehadiran dari manusia tersebut. Ada empat titik penentu yang paling utama dalam histori komunikasi manusia. Menurut Nordenstreng serta Varis (1973) yaitu : 

1. Pencapaian (aquisition) bhs yakni ketika yang sama juga dengan lahirnya manusia. 
2. pengembangan seni tulisan berdampingan dengan komunikasi yang berdasar pada bicara. 3. reproduksi kalimat tertulis (written words) dengan memakai alt pencetak, hingga sangat mungkin terwujudnya komunikasi massa yang sesungguhnya. 
4. timbulnya komunikasi elektronik, dari mulai telegraf, telepon, radio, Tv, s/d satelit. 

(diambil dari Tehnologi Komunikasi dalam Perspektif Latar Belakang & Perubahannya, Zulkarimein Nasution. 1989 : hal 15). Sedang menurut Alvin Toffler ada tiga peradaban dalam perubahan dari tehnologi tersebut yaitu, jaman pertanian, jaman industri serta yang paling akhir jaman info (diambil dari Tehnologi Komunikasi dalam Perspektif Latar Belakang & Perubahannya, Zulkarimein Nasution. 1989 : hal 2). 

Terlebih dulu sebatas menengok kembali, kalau sesungguhnya tehnologi komunikasi tersebut sudah keluar sejak Jaman Pra-Sejarah. Di mana pada saat itu orang telah dapat memakai bentuk komunikasi. Walau demikian memiliki bentuk, masih tetap begitu sederhana. Umpamanya bentuk-bentuk hanya pergerakan alat badan, gambar-gambar jadi bhs, bunyi-bunyian dari tulang dsb. Walau demikian meski begitu, hal itu sudah dipandang jadi satu bentuk komunikasi yang sesuai sama ketika itu. 

Perubahan setelah itu sudah sedikit alami perkembangan yang selangkah tambah baik sekali lagi, umpamanya bentuk komunikasi dalam huruf pictograf yang dipakai oleh bangsa Sumeria, Hierogliph oleh bangsa Mesir Kuno. Pada saat itu ke-2 type huruf ini seringkali dipakai saat raja memberi ketentuan seperti tata teratur untuk orang-orangnya yang di gunakan di tengahnya kota di mana memiliki bentuk seperti bangunan tugu, yang di kenal jadi UU berupa tugu peringatan. 

Perkembangan dari tehnologi komunikasi dirasa tambah baik sekali lagi sesudah diketemukannya kertas oleh Bangsa Cina yang terbuat dari serat daun Papyrus. Perubahan ini bahkan juga hingga saat ini masih tetap dipakai serta begitu dirasa faedahnya untuk umat manusia. Umpamanya kertas dipakai dalam cetak koran atau surat berita, majalah, buku serta beda sebagainya. 

Setelah itu makin mengembangnya pengetahuan manusia, jadi tehnologi komunikasi makin jadi tambah baik. Bermula dengan diketemukannya mesin uap oleh James Watt yang disebut terbukanya masa Revolusi Industri, menyebabkan beragam efek yang menyebabkan timbulnya beberapa tehnologi beda. Satu langkah yang disebut benar-benar mengagumkan, di mana penemuan satu hal mengakibatkan timbulnya beragam hal-hal lain. Penemuan telepon yang diketemukan pada th. 1876, adalah perubahan tehnologi komunikasi dengan memakai aplikasi rencana analog. Hal itu berjalan hingga sekitaran th. 1960-an. Serta kemudian baru menghadap pada rencana digital. Lalu perubahan setelah itu yaitu diketemukannya faximile yang disebut pemakaian komunikasi dengan memeberikan data yang dapat ditinggalkan lewat media telepon. Sekian perihal dengan perubahan computer. Computer pertama yang dikenalkan yaitu ENIAC II. Dipakai pada th. 1946, sesudah perang dunia ke-2. Computer ini adalah satu rangkaian elektronika lampu tabung yang memiliki berat sebesar 20 ton. Dengan terdapatnya computer berikut awal dari tehnologi komunikasi dalam konteks digital lalu berkembang dengan cepat. Masa digital tersebut berlangsung sesudah satelit diketemukan serta di aktifkan. beragam jenis penemuan yang sudah ada sedikit banyak merubah corak kehidupan dari orang-orang tersebut. 

Perubahan Tehnologi Komunikasi 

Indonesia sempat memakai arti telematika (telematics) untuk makna yang lebih kurang sama juga dengan TIK yang kita kenal sekarang ini. Encarta Dictionary mendeskripsikan telematics jadi telecommunication + informatics (telekomunikasi + informatika) walau terlebih dulu kata itu berarti science of data transmission. Pemrosesan info serta pendistribusiannya lewat jaringan telekomunikasi buka banyak kesempatan untuk digunakan di beberapa bagian kehidupan manusia, termasuk juga satu diantaranya bagian pendidikan. Inspirasi untuk memakai mesin-belajar, buat simulasi beberapa sistem yang rumit, animasi beberapa sistem yang susah digambarkan begitu menarik ketertarikan praktisi evaluasi. Penambahan sekali lagi, peluang untuk melayani evaluasi yang tidak terhalang saat serta tempat dapat juga difasilitasi oleh TIK. Searah dengan itu awalilah bermunculan beragam jargon bermulaan e, dari mulai ebook, e-learning, e-laboratory, e-education, e-library, dsb. Awalan e berarti electronics yang dengan implisit dimaknai berdasarkan tehnologi elektronika digital. Pemakaian TIK dalam evaluasi di Indonesia sudah mempunyai histori yang cukup panjang. Gagasan mengadakan tayangan radio pendidikan serta tv pendidikan adalah usaha lakukan penebaran info ke beberapa unit pendidikan yang menyebar di semua nusantara. Hal semacam ini yaitu bentuk dari kesadaran untuk memaksimalkan pendayagunaan tehnologi dalam menolong sistem evaluasi orang-orang. Kekurangan paling utama tayangan radio ataupun tv pendidikan yaitu tidak ada masukan yang saat itu juga. Tayangan berbentuk searah yakni dari narasumber atau fasilitator pada pembelajar. Introduksi computer dengan kekuatannya membuat serta menghidangkan siaran multimedia (teks, grafis, gambar, nada, serta gambar bergerak) memberi kesempatan baru untuk menangani kekurangan yg tidak dipunyai tayangan radio serta tv. Apabila tv cuma dapat memberi info searah (terutama bila materi tayangannya yaitu materi hasil rekaman), evaluasi berbasiskan tehnologi internet memberi kesempatan berhubungan baik dengan sinkron (real time) ataupun asinkron (delayed). Evaluasi berbasiskan Internet sangat mungkin terjadinya evaluasi dengan sinkron dengan kelebihan paling utama kalau pembelajar ataupun fasilitator tidak mesti ada di satu tempat yang sama. Pemakaian tehnologi video conference yang digerakkan dengan memakai tehnologi Internet sangat mungkin pembelajar ada dimana saja selama tersambung ke jaringan computer. Terkecuali aplikasi favorit sesuai sama itu, sebagian kesempatan beda yang lebih sederhana serta lebih murah dapat juga diperkembang searah dengan perkembangan TIK sekarang ini. 

Sesungguhnya Tehnologi telah ada mulai sejak zaman dulu, yakni zaman romawi kuno. Perubahan tehnologi berkembang dengan mencolok serta selalu berevolusi sampai saat ini. Sampai membuat bebrapa object, tehnik yang bisa menolong manusia dalam pelaksanaan suatu hal lebih efektif serta cepat. Salah nya ialah seperti yang berada di Indonesia, yakni fenomena mobil esemka yang di ciptakan sebagian sekolah di Solo. Sudah buat inovasi mobil Nasional untuk Indonesia. Diluar itu juga, berada di Sidoarjo yang menghasilkan kapal laut untuk keperluan melaut. Berbentuk yang paling sederhana, Perubahan tehnologi dibuat dari pengembangan beberapa cara lama atau penemuan cara baru dalam merampungkan beberapa pekerjaan tradisionil sepertibercocok tanam, buat baju, atau membuat rumah. 
Ada tiga klasifikasi basic dari Perubahan tehnologi yakni : 
Perubahan tehnologi yang berbentuk netral (bhs Inggris : neutral technological progress). Berlangsung apabila tingkat pengeluaran (output) lebih tinggi diraih dengan jumlah serta gabungan beberapa aspek pemasukan (input) yang sama. 
Perubahan tehnologi yang irit tenaga kerja (bhs Inggris : labor-saving technological progress). Perubahan tehnologi yang berlangsung mulai sejak akhir era ke-9 belas banyak diikuti oleh meningkatnya dengan cepat tehnologi yang irit tenaga kerja dalam menghasilkan suatu hal dari mulai kacang-kacangan hingga sepeda sampai jembatan. 
Perubahan tehnologi yang irit modal (bhs Inggris : capital-saving technological progress). Fenomena yang relatif langka. Hal semacam ini terlebih karena sebab nyaris semuanya penelitian tehnologi serta ilmu dan pengetahuan didunia dikerjakan di negara-negara maju, yang lebih diperuntukkan untuk menghemat tenaga kerja, bukanlah modalnya. 
Pengalaman di beberapa negara berkembang memberikan kalau ada campur tangan segera terlalu berlebih, terlebih berbentuk ketentuan pemerintah yang terlalu ketat, dalam pasar tehnologi asing malah menghalangi arus tehnologi asing ke negara-negara berkembang. 

Perubahan tehnologi benar-benar sangat perlu untuk kehidupan manusia zaman saat ini. Karna tehnologi yaitu satu diantara penunjang Perubahan manusia. Di banyak belahan orang-orang, tehnologi sudah menolong melakukan perbaikan ekonomi, pangan, computer, serta banyak sekali lagi. 

Perubahan Teknologi 

Di beda pihak satu kebijaksanaan ‘pintu yang lama sekali terbuka’ pada arus tehnologi asing, terlebih berbentuk penanaman modal asing (PMA), malah menghalangi kemandirian yang semakin besar dalam sistem pengembangan kekuatan tehnologi negara berkembang karna ketergantungan yang terlalu besar kepada pihak investor asing, karna merekalah yang lakukan semua usaha tehnologi yang susah serta rumit. 

Ini jadi bukti kalau memanglah tehnologi telah jadi keperluan serta rata di tiap-tiap bidang kehidupan manusia. Terutama sesudah ada penemuan computer serta laptop, yang saat ini nyaris semuanya pekerjaan manusia mempunyai jalinan dengan computer maupun laptop. Hingga layak bila computer yaitu penemuan yang paling canggih serta yang paling punya pengaruh pada kehidupan manusia.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay