Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Pohon terbesar di dunia

Pohon terbesar di dunia
Berikut pohon raksasa, pohon paling besar di Planet Bumi. Pencakar langit alami ini ada di satu lokasi kecil di lereng barat pegunungan Sierra Nevada, Californoa, AS. Dia yaitu Sequoiadendron giganteum, atau sequoia raksasa. 

Satu dari tiga anggota subfamili Sequoioideae dari keluarga Cypress, sequoia raksasa serta ‘sepupunya’ Sequoia sempervirens, atau pohon redwood pesisir, memegang rekor jadi pohon paling besar serta teratas didunia.
  
Pohon sequoia raksasa membutuhkan iklim yang khusus. Karena sangat spesifiknya, ia cuma tumbuh dengan alami di satu ruang sempit, sekitaran 420 km diantara rimba konifer di bagian barat pegunungan Sierra Nevada, pada ketinggian 1. 500 – 2. 000 mdpl (mtr. diatas permukaan laut) 
Pohon ini dapat menjangkau usia 3. 000 tahun 
Cabang-cabangnya dapat memiliki ukuran raksasa, sampai berdiameter 2, 5 mtr.. 
Kulit pohonnya dapat setebal 90 cm 

Pohon-pohon sequoia sempat ditebang untuk industri kayu pada 1870-an. Tetapi, kayunya yang rapuh serta tidak bagus untuk perumahan serta industri buat pohon-pohon ini beberapa besar terproteksi. 
Sequia paling besar serta teratas yaitu seukuran gedung 36 lantai. 
Sebagian sequoia raksasa yang langka, tumbuh sampai lebih 91 mtr.. Biasanya, pohon ini berdiameter 6 mtr.. 
Pohon sequoia teratas didunia yaitu Hyperion Tree, yaitu pohon redwood pesisir yang tingginya 115 mtr.. Sesaat pohon paling besar didunia diukur dari volumenya yaitu General Sherman. 

General Sherman tidak cuma pohon paling besar didunia yang masih tetap hidup, tetapi juga organisme hidup paling besar di muka Bumi. Umurnya 2. 100 th., berat 1. 250 ton, tinggi 83 mtr., serta keliling batang pohonnya menjangkau 31 mtr..  
Pohon sequoia raksasa yaitu spesies pohon dengan rentang usia terpanjang didunia. Pohon dengan usia terpanjang yaitu pohon Alerce (Fitzroya cupressoides) yang dapat menjangkau usia 5. 000 th., serta pohon pinis Bristlecone. 
Pohon General Sherman. Sumber : Wikipedia/Neal Parish/CC BY 2. 0 
Seseorang anak berdiri dibawah pohon General Sherman. Sumber : Wikipedia/Neal Parish/CC BY 2. 0 
Pohon raksasa ini cuma bereproduksi lewat biji, yang terkadang tidak tumbuh (serta tetaplah dalam cangkangnya) sepanjang 20 th.. Kebakaran rimba menolong buka cangkang biji sequoia yang lalu tumbuh di tanah sisa kebakaran itu. 
Uniknya, keberhasilan sistem reproduksi pohon raksasa ini membutuhkan suatu hal yang begitu mengagumkan : tiap-tiap pohon cuma butuh menghasilkan satu keturuan sepanjang beberapa ribu th. hidupnya, supaya spesies pohon ini tetaplah ada.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay