Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Sejarah Animasi 3 Dimensi

Sejarah Animasi 3 Dimensi
Siapa sich yg tidak kenal film Animasi? Film yang dibuat oleh rekayasa dari piranti lunak computer ini sudah jadi genre film yang disukai banyaknya orang. Tapi apakah anda tau, bagaimana histori diketemukannya film animasi itu? Mari kita ulas. 

Animasi yaitu film yang datang dari pemrosesan gambar tangan hingga jadi gambar yang bergerak. Anda tau tidak, bentuk tertua dari animasi apa itu? Jika anda jawabnya Tom & Jerry itu salah. Mickey Mouse? Juga salah. Selalu apa dong? Nih dia bentuk tertua dari animasi 
Picture 
Bentuk animasi tertua itu diprediksikan yaitu wayang kulit. Loh, mengapa wayang dapat disebutkan animasi? Karna wayang penuhi semuanya elemen animasi seperti monitor, gambar bergerak, dialog serta contoh musik. Jadi, kita mesti bangga dong jadi warga Indonesia, nyatanya wayang itu yaitu cikal bakalnya film animasi dunia. 
Di Amerika, film animasi mulai diketemukan serta diperkembang pada era 18 gan. Ketika itu, film animasi yang di buat banyak memakai tehnik Stop Motion. Tehnik ini memakai rangkaian gambar diam/frame yang dirangkai jadi satu serta menyebabkan kesan seakan-akan gambar itu bergerak. 

Tehnik ini begitu susah, memerlukan saat, juga cost yang banyak. Karna untuk membuat animasi sepanjang satu dektik, kita memerlukan sejumlah 12-24 frame gambar diam. Pikirkan bila film animasi itu berdurasi satu jam bahkan juga lebih. 

J. Stuart Blackton mungkin saja yaitu orang Amerika pertama sebagai pionir dalam memakai tehnik stop motion animation. Sebagian film yang sudah diciptakannya dengan memakai tehnik ini yaitu The Enchanted Drawing (1900) serta Humorous Phases of Funny Faces (1906). 
Picture 

Setelah itu, sesudah tehnologi computer berkembang, bermunculan animasi yang di buat dengan tehnologi computer. Animasi itu beberapa macam macamnya. Ada yang 2 dimensi (2D) serta 3 dimensi (3D) (Bahkan juga tuturnya saat ini tengah diperkembang type 4 dimensi (4D)). Pada animasi 2D, profil animasi di buat serta diedit di computer dengan memakai 2D bitmap graphics atau 2D vector graphics. Sedang 3D lebih kompleks sekali lagi karna memberikan beragam dampak di dalamnya seperti dampak percahayaan, air serta api, dsb. 

Tokoh yang dipandang berjasa besar meningkatkan film animasi yaitu Walt Disney. Walt Disney banyak hasilkan karya fenomenali Mickey Mouse, Donald Duck, Pinokio, Putri Salju, serta yang lain. Walt Disney pulalah yang pertama buat film animasi bertemura. Yaitu, film Mickey Mouse yang diputar perdana di Steamboat Willie di Colony Theatre, New York pada 18 November 1928. Walt Disney juga membuat animasi berwarna pertama yaitu, Flower and Trees yang di produksi Silly Symphonies di th. 1932. 
Picture 

Lima Sesi Animasi Dunia 

Stephen Cavalier membagi histori animasi dunia kedalam lima sesi besar yang semasing sesi mempunyai penandanya semasing yang ia hidangkan dengan urutan. 

Lima sesi itu diawali sebelumnya th. 1900 atau Pre-1900 (The origin of Animation). Ini yaitu masa animasi sebelumnya film serta camera dan projector moderen diketemukan. Diawali mulai sejak diketemukannya gambar sekuensial di dinding-dinding gua di masa pra histori, sampai penemuan serta uji cobatasi mainan optik serta bermacam alat yang dipicu oleh publikasi paper oleh Peter Roger pada th. 1824 berjudul ; “The Persistence of Vision Regard to Moving Object”. Penemuan itu diantaranya seperti Traumatrope oleh seseorang fisikawan asal Inggris, John Airton Paris th. 1825, Phenakitiscope (1831) oleh Josept Plateau asal Belgia, Daedalum (1834) oleh William Horner asal Inggris yang lalu diperkembang oleh William F Lincoln jadi Zoetrope pada th. 1860, sampai penemuan praxinoscope diakhir era 19 oleh Charles Emile Reyanud di Perancis th. 1877. 

Sesi selanjutnya diawali th. 1900 – 1927 (Film Animation : The Masa of Experimentation). Ini yaitu masa awal cinema yang diawali mulai sejak th. 1895 sesudah Lumire Brothers mengenalkan alat yang mereka sebut “Cinematographe” di Perancis. Uji cobatasi gerak serta tehnik dan sinematrografi awal film animasi berjalan di masa ini. Masa yang populer dengan “silent film era” berkembang dari Eropa sampai Amerika Serikat. Film animasi pertama dengan tehnik stop frame di buat oleh orang Inggris bernama Arthur Melbourne Cooper pada th. 1899 berjudul ; Matches : An Appeal, sampai animasi panjang pertama (fitur animation) oleh Lotte Reiniger di Jerman berjudul “The Adventure of Prince Achmed”. Di Amerika, Walt Disney, Emili Cohl, sampai Thomas Edison termasuk juga generasi pertama yang memberi warna perubahan film animasi di negaranya sampai mendunia. 

Sesi ke-3 th. 1928 – 1957 (Film Animation : The Golden Age of Cartoon). Ini yaitu masa emas animasi kartun, baik perolehan dengan komersial, teknikal, ataupun artistik. Masa ini seringkali didentikkan dengan masa Disney karna di masa ini Disney menguasai animasi dunia yang dengan diawali keberhasilan Steamboat Willie yang mengorbitkan ciri-khas intinya ; Mickey Mouse. Sampai animasi panjang berwarna pertama didunia yang monumental “Snow White and the Seven Dwarfs yang dilaunching th. 1937. Tetapi di masa ini bermunculan kreator serta animatior dengan karya-karya animasi-animasi kartun yang popular terkecuali Walt Disney seperti James Stuart Blackton, Otto Mesmer, Pat Sullivan, Fleicher Brother, Lotte Reiniger, dan lain-lain. Di masa ini bermunculan animasi uji cobatal ciri khas Italia, Prancis, Rusia, Kanada, dll. 

Sesi keempat th. 1958 – 1985 (The Televison Age). Animasi masa tv diawali mulai sejak th. 1958 saat medium elektronik baru bernama tv mulai menggeser dominasi layar-lebar di bioskop jadi medium baru untuk nikmati film animasi. Animasi ada di beberapa tempat tinggal serta mulai di produksi dengan serial serta kontinyu. Terkecuali serial animasi juga merambah iklan komersial di tv. Di masa ini, animasi jepang yang populer dengan anime mulai menguasai dunia lewat serial animasi buatan mereka, yang dapat menyaingi dominasi Amerika Serikat dalam industri animasi dunia. 

Serta sesi kelima diawali th. 1986 – 2010 (The Digital Dawn). Di masa ini, penemuan tehnologi digital ikut memengaruhi perubahan animasi dengan luas serta dalam banyak segi. Kekuatan tehnologi digital yang dapat mendatangkan visual yang foto realistik jadi kemampuan animasi masa ini. Beberapa hal terlebih dari segi produksi yang beralih dari masa setelah sebelumnya kemunculan tehnologi digital. Pemberi tanda besar masa ini yaitu dilaunchingnya animasi 3D panjang pertama Toy Story oleh studio Pixar pada th. 1995. Kemudian laju animasi digital tidak terbendung sampai saat ini.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay