Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Sejarah Bakso

Sejarah Bakso
Tau tidak sich kurang lebih makanan apa yang banyak di cari waktu musim penghujan tiba? yaps terlebih bila bukanlah bakso. Dari aromanya yang ciri khas telah dapat tercium bagaimana kelezatan disetiap gigitannya. Saat ini telah banyak bermacam jenis bakso yang dijajakkan di market, ada bakso ikan, bakso daging, bakso urat serta banyak sekali lagi. Dari sisi ukuran juga beragam, dari mulai yang mini, tengah, jumbo, sampai saat ini yang tengah hits yaitu bakso beranak. Tidak cuma waktu musim penghujan tiba, hidangan bakso bisa kita temui setiap saat, baik itu siang maupun waktu malam tiba. Sesaat kita lupakan dahulu kelezatan si bulat yang dapat memanjakan lidah ini.

Sempat tidak sich kita ngebayangin siapa sesungguhnya orang yang pertama kalinya mengenalkan bakso yang saat ini jadi makanan favorite sejuta umat? Tersebut cerita secara singkat.

Pada awal era ke 17 waktu akhir Dinasti Ming, disebuah desa kecil bernama Fuzhou hiduplah seseorang pria bernama Meng Bo. Dia yaitu orang yang sangat berbakti pada ke-2 orang tuanya. Meng Bo tinggal berdua cuma dengan Sang Ibu. Keadaan ibunya yang telah mulai tua mengakibatkan tidak bisa konsumsi makanan yang keras sekali lagi, termasuk juga daging. Karna giginya telah mulai rapuh dang tanggal.

Meng Bo yang ketahui bila ibunya suka makan daging jadi sedih lihat keadaan begini. Dia juga bingung pikirkan beragam langkah bagaimana bisa membuat daging supaya dapat dikonsumsi oleh ibunya. Satu saat Meng Bo lihat tetangganya menumbuk beras ketan untuk jadikan kue mochi. Dari sinilah keluar satu inspirasi. Meng Bo ambil daging yang berada di dapur serta menumbuk daging itu lewat cara sama dengan yang dikerjakan tetangganya dalam buat mochi. Sesudah daging empuk, Meng Bo membentuknya jadi bulatan-bulatan kecil hingga ibunya bisa menelannya dengan gampang. Sesudah bulatan kecil terjadi, lalu ia merebus adonan itu sampai tercium aroma daging yang lezat.

Meng Bo menghidangkan bakso itu pada ibunya. Sang ibu terasa senang karna bukan sekedar gampang dikonsumsi, tapi rasa-rasanya juga demikian lezat. Meng Bo begitu suka lihat ibunya bisa makan daging sekali lagi. Cerita Meng Bo yang demikian berbakti pada ibunya dan resep baksonya cepat menebar ke semua kota Fuzhou. Konon dari sinilah pada akhirnya masyarakat berdatangan untuk belajar buat bakso lezat pada Meng Bo.

Banyak yang menduga bila bakso yaitu makanan ciri khas Indonesia, walau sebenarnya asal muasal bakso yaitu dari Tionghoa, meski begitu tetaplah saja makanan ini jadi satu diantara favorite sejuta umat. Kata bakso sendiri terbagi dalam dua kata. Dalam bhs hokian, " bak " bermakna babi tengah " so " makanan. Jadi, bakso yaitu olahan makanan dari daging babi.

Karna di Indonesia sendiri sebagian besar penduduknya muslim, jadi bakso sendiri dibuat memakai daging sapi, ikan maupun udang.

Nah itu barusan cerita singkat mengenai penemu bakso serta asal muasal penamaan bakso di Indonesia. Mudah-mudahan saja dapat nambah pengetahuan.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay