Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Sejarah musik rock di indonesia

Sejarah musik rock di indonesia
Taukah anda “tempat bersejarah anak metal Indonesia”, “radio serta studio metal pertama kalinya di Indonesia”, “rotor rekaman dengan modal 30jt upah dari buka konser metallica”, “Label rock pertama di Indonesia punya bekas penyewaan lampu disko”, “tengkorak band pertama yang melaunching album dengan independent”. 

Assalamualaikum 

Pada saat ini saya juga akan coba merangkum tulisan dari sebagian sumber mengenai histori metal di Indonesia. 

Rocker Gaek Indonesia 

Masuknya musik metal di Indonesia yaitu hasil dari evolusi rocker masa 70-an seperti God Bless, Gypsy, Giant Step, Super Kid, Terncem, AKA/SAS, Rawe Rontek, dan lain-lain. Berdasar sebagian sumber arti underground di Indonesia telah ada sejak th. 70-80an, yang di buat untuk melukiskan pentas yang liar pada jaman itu sebut saja band-band gaek seperti El Pamas, Grass Rock Val halla, Power metal, Kaisar, dll. 

Sesudah kemunculan band-band gaek cikal akan musik metal pada th. 70-an lalu musik rock di Indonesia mulai tumbuh subkultur ini ke arah industri pada th. 80-an. Serta timbulnya sosok yang menaungi dan memberi wadah pada musik rock waktu itu yakni, LogZhelebour, bekas entrepreneur rental lampu disco asal Surabaya, yang dengan kenekatanya buat trobosan dengan memayungi band rock pada saat itu. Log buat Festival Rock Indonesia di sponsori oleh perusahaan rokok terkenal yang diadakan di Surabaya. Sejak waktu itu banyak mass media memiliki pendapat kalau Surabaya acuan musik rock Indonesia. 

Sejak digelar Festival Rock Indonesia pada th. 1984, dari sinilah lalu bermunculan band-band gaek rock Indonesia seperti Elpamas, Power metal dll. Log juga buat label rekaman rock yang pertama kalinya di Indonesia, Logiss Records. Product pertama label ini yaitu album " Semut Hitam " Album ke3 dari God Bless yang dilaunching th. 1988 serta laris keras sampai 400. 000 kaset (dahulu masih tetap zaman kaset pita gan wkwkw) di semua Indonesia. 

Demam Thrash 

Dimuka th. 80-an dampak band-band seperti 
Slayer, Metallica, Exodus, Megadeth, Kreator, Sodom, Anthrax sampai Sepultura buat dunia musik berguncang, yakni lahirnya type musik baru dengan style yang lebih Extream disbanding dengan type musik pendahulunya heavy metal. Thrash metal tersebut type musik yang di angkat oleh band-band itu yang sudah buat pencinta musik rock di belahan dunia ini kecanduan musik thrash. 

Mansyarakat Indonesiapun juga demam dengan type musik evolusi dari heavy metal ini. Kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogja, bali, dll mulai bermunculan scene underground dari type musik itu. 

Komune Metal Pertama 

Jakarta awal th. 1988 pertama kalinya komune metal tampak di umum. Mereka nongkrong di Pid Pub, satu pub kecil di lokasi pertokoan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Menurut Krisna Sucker Head, mereka tiap-tiap malam minggu juga di beri panggung oleh empunya pub itu Ibu Esther, tiap-tiap malam minggu dimuka pub itu. Serta bermunculan selalu band-band baru dengan mengusung musik metal yang manggung ditempat tersebut 

Band-band itu ini diantaranya Roxx dengan garapan “Metallica & Anthrax”, Sucker Head “Kreator & Sepultura”, Commotion Of Resources “Exodus”, Painfull Death, Rotor “Kreator”, Razzle“GNR”, Parau “DRI & MOD”, Jenazah, Mortus, Alien Scream“Obituary”. 
Pada perjalanan setelah itu sebagian band itu membelah dengan buat band baru. 

Mirip contoh Commotion Of Resources yaitu cikal akan band gothic metal Getah, Painfull Death setelah itu membuat group industrial Sic Mynded di Amerika Serikat dengan Rudi Soedjarwo “sutradara Ada Apa Dengan Cinta?. ”. Rotor terjadi th. 1992 sesudah setalah hengkangnya Irvan Sembiring dari Sucker Head (gitaris) yang menurut dia rencana musik Sucker Head waktu itu masih tetap kurang ekstream 

Dari Radio Sampai Rekaman 

Band-band itu memanglah masih tetap jadi band yang cuma mengcover lagu-lagu dari band luar. Diantara mereka semuanya, cuma Roxx yang mujur dapat rekaman untuk single pertama mereka, Rock Bergema. Ini berlangsung karna mereka yaitu satu diantara finalis Festival Rock Se-Indonesia ke-V. Memperoleh kontrak label rekaman ketika itu adalah hal yang cukup tidak mungkin, karna begitu sulitnya menembus label itu dengan type musik extream pada saat itu. Hingga tujuan kirim demo ke radio jadi alternative. Ketika itu radio yang seringkali memutar demo yaitu radio Bahama, radio Metro Jaya radio SK, serta radio Mustang. 

Dari sebagian stasiun radio itu yang paling dominant yaitu radio Mustang. Karena mereka memiliki program bernama Rock N Rhythm tiap-tiap Rabu malam dari jam 19. 00 21. 00 WIB. Radio Mustang bahkan juga sempat juga di gerebek oleh dedengkot metal dari Brazil Sepultura, saat mereka datang ke Jakarta bln. Juni 1992.  

Terkecuali radio, mass media yang sering membahas berita- berita rock/metal pada saat itu cuma Majalah HAI, Tabloid Citra Musik serta Majalah Vista. Studio One Feel yang disebut studio musik tertua yang memperbolehkan musik rock/metal, bahkan juga tiap-tiap band metal lawas dari ibukota sempat menjamah studio ini. 

Konser Metal Termegah Pertama 

Perubahan musik metal pada th. 90-an juga didukung oleh konser dua band metal dunia di Indonesia, Sepultura (1992) serta Metallica (1993). Konser itu berikan peran cukup besar untuk perubahan band-band metal di Indonesia. 

Sesudah Sepultura berhasil membakar Jakarta serta Surabaya, Roxx melaunching album kiprah self-titledmereka dibawah label Blackboard. Album ini jadi satu diantara album speed metal classic Indonesia masa 90-an. Keberuntungan juga hampiri band metal gaek Rotor sesudah berhasil buka konser fenomenal Metallica sepanjang dua hari berturut-turut di Stadion Lebak Bulus, Bermodalkan referensi dari manajer tour Metallica serta upah 30 juta rupiah hasil 2 x buka konser Metallica Rotor melaunching album thrash metal major labelnya yang pertama di Indonesia, Behind The 8th Ball (AIRO). Sucker Head sendiri paling lambat dalam buat album disbanding band sepantarannya. Sucker Head baru melaunching album pertamanya “ The Sucker head” sesudah dikontrak major label lokal, Aquarius Musikindo, baru dimuka 1995. 

Metal Mulai Membumi 

Pada masa 90-an musik metal/underground mulai tumbuh Komune metal Jakarta pada saat itu berpusat di Blok M sekitaran awal 1995. Kegiatan mereka terkecuali hang out yaitu bertukar info mengenai band-band lokal, barter CD, jual-beli t-shirt metal sampai berencana konser. Pada saat itu type musik metal yang di gandrungi yaitu subgenre yang semakin ekstream seperti death metal, brutal death metal, grindcore, black metal sampai gothic/doom metal. Sebagian band yang semakin mengkilap namanya di masa ini yaitu Grausig, Trauma, Aaarghhh, Tengkorak, Delirium Tremens, Corporation of Bleeding, Adaptor, Betrayer, Sadistis, Godzilla dsb. Pada th. 1996 Tengkorak jadi band yang pertama melaunching mini album dengan berdiri sendiri di Jakarta dengan judul `Its A Proud To Vomit Him. Album ini direkam dengan profesional di Studio Triple M, Jakarta dengan sound engineer Harry Widodo (terlebih dulu sempat mengatasi album Roxx, Rotor, Koil, Puppen serta PAS). 

Di th. ini juga keluar pertama kalinya media untuk beberapa maniak musik underground pertama di Jakarta, Brainwashed zine. Edisi pertama Brainwashed terbit 24 halaman dengan menghadirkan cover Grausig serta profil band Trauma, Betrayer dan Delirium Tremens. Di tulis di computer berbasiskan sistem operasi Windows 3. 1 serta lay-out cut n paste tradisionil, Brainwashed lalu diperbanyak 100 eksemplar dengan mesin photo copy punya saudara penulis sendiri. Media-media sama yang setelah itu lebih berkelanjutan terbit di Jakarta diantaranya Morbid Noise zine, Gerilya zine, Rottrevore zine, Cosmic zine dan 
sebagainya. 29 September 1996 jadi histori baru pada perubahan musik metal di Jakarta. Digelarnya musik indie untuk pertama kalinya di Poster Caf. Acara bernama Underground Sesi. Acara ini di gelar setiap dua minggu sekali saat malam hari kerja. Caf legendaris yang dipunyai rocker gaek Ahmad Albar ini banyak melahirkan serta membesarkan scene musik indie baru yang memainkan genre musik berlainan serta lebih variasi. 

Terima kasih pada anda yang sudah menyempatkan saatnya untuk membaca artikel diatas, minta maaf jika ada kesalahan penulisan kata, arti, nama, tempat. 
Sumber dari sebagian tulisan seperti “srak-sruk blog” “egahyper blog” rival66 blog”Fajarbrutaldeath blog”dan Metal Militan Sumber 

Wassalamualaikum

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay