Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Sejarah olahraga sepak bola

Sejarah olahraga sepak bola
Sepak Bola datang dari dua kata yaitu “Sepak” : serta “Bola”. Sepak atau meyepak dapat di artikan jadi menendang (memakai kaki) sedang untuk “bola” yakni alat permainan yang mempunyai bentuk bulat yang terbuat berbahan karet, kulit atau semacamnya. Dalam permainan sepak bola, satu bola disepak/tendang oleh beberapa pemain semakin kemari. Jadi singkatnya pengertian Sepak bola yaitu satu permainan yang dikerjakan lewat cara menendang bola semakin kemari yang dikerjakan oleh pemaian, dengan tujuan gawang serta mempunyai tujuan memasukan bola ke gawang lawan. 

Sepak bola yaitu satu diantara type permainan yang dimainkan berbentuk regu. Tiap-tiap regu mempunyai 11 pemain di mana termasuk juga 1 orang yang melindungi gawang dimaksud kiper. Permainan ini begitu memerlukan ada ketrampilan pada gerak kaki serta tungkai. Lalu sedang untuk kiper ada pengecualian di mana kiper bisa memakai tangan sepanjang ada diarea gawangnya. Tetapi, bila kiper keluar ruang gawangnya jadi tidak bisa sekali lagi memegang bola, bila itu berlangsung jadi kiper itu juga akan memperoleh pelanggaran. 

Permainan sepak bola ini mempunyai maksud untuk memasukkan bola dalam gawang lawan serta harus berupaya supaya bisa melindungi gawang sendiri supaya tidak berlangsung gol digawang sendiri. Lalu permainan sepak bola dikerjakan dalam 2 sesi, di mana pada setiap sesi terbagi dalam 45 menit. Saat istirahat ada di antara dua sesi yakni sejumlah 10 menit. Lalu satu tim juga akan dinyatakan jadi pemenang, bila dapat cetak gol ke gawang lawan dengan sebanyak-banyaknya. 

Histori Sepak Bola 

Diawali sejak dari peradaban kuno Romawai, Cina serta Yunani, menurut histori sepak bola yang sempat dikilas balik kalau dari peradaban itu histori sepak bola diawali. Permainan bola ini dikerjakan lewat cara menggiring bola oleh pemain menuju satu tujuan. Pada era pertengahan, sepak bola lalu dimainkan dengan jumlah pemain yang tidak terbatas. Bola yang digunakan dalam permainan sepak bola itu yakni terbuat dari kulit binatang atau usus. Di era ke-20, permainan sepak bola lalu mulai mempunyai beberapa ketentuan yang resmi untuk dapat membuat permainan yang dapat di nikmati oleh orang-orang dunia. 

Nah tahukah anda kalau pada histori sepak bola ada perubahan permainan sepak bola yang dirasa saat ini? Ketentuan apa sajakah yang perlu di perhatikan didalamnya? Permainan sepak bola sekarang ini adalah sepak bola moderen yang sudah ikuti beberapa ketentuan yang resmi. Beberapa pemain juga akan dituntut agar bisa ketahui ketentuan serta bisa kuasai tekhnik bermain sepak bola yang handal supaya dapat lakukan tehnik bermain sepak bola yang baik. 

Histori sepak bola terdiri atas dua sisi di mana ada histori sepak bola kuno serta histori sepak bola moderen yakni : 

Histori Sepak bola dunia 

Histori sepak bola kuno diawali disebuah negara yang bernama china di mana lebih persisnya ada di masa dinasti Han yakni ada sekitaran era ke-2 atau ke-3 sebelumnya penanggalan masehi. Permainan sepak bola itu yang ada dizaman itu menggunaan bola kulit serta untuk memasukkan bolanya juga begitu susah digawang karna harus memasukkan bola pada jaring yang kecil. Berolahraga sepak bola ini didatangkan oleh beberapa orang ketika itu supaya beberapa tentara china tetaplah terlatih fisiknya serta sekalian jadi hiburan saat ada perayaan ulang th. kaisar, mengenai permainan sepakbola yang ada ketika itu dikatakan sebagai tsu chu. 

Setelah itu tetap masih pada histori sepak bola kuno di mana permainan sepak bola yang tenar di China ini nyatanya juga jadi sisi permainan dari warga jepang di mana permainan itu lewat cara menggiring bola yang terbuat dari kulit kijang yang permainan sepak bolanya dikatakan sebagai “kemari”. Permaianan sepak bola seperti ini lalu diketemukan dinegara seperti Romawi, Inggris, Meksiko, Amerika Tengah hingga ke Mesir Kuno yang sudah lakukan permainan sepak bola dengan memakai bola yang terbuat dari karet. 

Lalu ada histori sepak bola kuno yang menarik pada saat Raja Edward di Inggris, di mana pernah keluar larangan pada permainan sepak bola ini karna demikian banyak aksi kekerasan yang menghadap pada aksi brutal yg tidak mempunyai ketentuan yang demikian terang, walau demikian pada th. 1369 Raja Edward III lalu mencabut larangan itu serta kembali mengizinkan permainan sepak bola, walau demikian nyatanya makin lama permainan sepak bola ini kembali sekali lagi memperoleh larangan oleh ratu Elizabeth I di th. 1572. Larangan itu di keluarkan tidak ada kompromi dengan dibarengi sangsi keras yang di mana siapa saja lakukan permainan sepak bola ini kembali jadi juga akan dihukum penjara pada rakyat yang masih tetap nekat dalam bermain sepak bola. 

Sampai pada akhirnya angin fresh berhembus pada akhir th. 1680 an, Raja Charless II selekasnya mencabut larangan itu serta sekalian memberi perlindungan pada siapa saja yang menginginkan lakukan permainan sepak bola di Inggris. 

Histori Sepak bola modern 

Histori sepak bola moderen diawali di Inggris. Diikuti dari berdirinya Organisasi yakni Football Association lewat pertemuan 11 wakil dari perkumpulan sepak bola yang ada Inggris di Football Association Freemason’s Tavern (london-inggris). Pada pertemuan ini diputuskan seri ketentuan tunggal bermain sepak bola. Lalu, ketentuan itu dibarengi oleh asosiasi sepak bola wales, Skotlandia, serta Irlandia. Setelah itu, ke-4 asosiasi itu juga akan membuat International Football Association Board (IFAB) agar bisa mengoordinasi ketentuan sepak bola dunia. 

Searah dengan perubahan serta perkembangan persepakbolaan dunia, jadi lahirlah Federation International de Football Association (FIFA). FIFA berdiri di Paris, Prancis pada 21 Mei 1904. Satu pertemuan yang sudah digagas oleh dua tokoh sepak bola yakni Henry Delaunay serta Jules Rimet itu lalu di hadiri oleh tujuh negara yakni Denmark, Spanyol, Swedia, Swiss, Belgia serta belanda. Negara-negara itu lalu diputuskan jadi anggota FIFA yang pertama di mana diketuai oleh Robert Guerin yang datang dari Prancis. Kejuaraan sepak bola yang ada ketika itu masih tetap termasuk dalam lingkup olimpiade, tetapi kenggotaannya selalu jadi bertambah. 

Mengenai daftar momen perlu perjalanan histori sepak bola moderen berdasar pada th. : 

Pada th. 1863 terjadi Asosiasi sepak bolag Inggris 
Pada th. 1885 ada kompetisi diluar lokasi inggris yakni Kanada melawan Amerika 
Pada th. 1886, diadakanlah rapat dengan pertama kalinya dengan agenda mengulas pembentukan grup yakni Asosiasi sepak bola dunia. 
Pada th. 1888, ada ketentuan di mana wasit telah mulai memegang penuh kendali dalam kompetisi. 
Pada th. 1904, FIFA terjadi di Prancis dengan beranggotakan Swedia, Swiss, Spanyol, Belanda, Belgia serta Prancis. 
Pada th. 1904 pada akhirnya FIFA berdiri yang ditugaskan untuk dapat memajukan sepak bola dunia dengan mempunyai slogan “For The Game, For The World” yang bermakna permainan sepak bola juga akan jadi satu pemersatu antar bangsa setelah perang dunia. Markas FIFA terdapat di Zurich, Swiss di mana adalah tempat rekan-rekan bisa melihat aktivitas yang dikerjakan oleh FIFA seumpama penarikan undian liga champion, pemberian titel pemain paling baik dan sebagainya. Lalu mengenai pekerjaan yang dipunyai oleh FIFA yakni mempromosikan sepak bola, lakukan penyusunan transfer pemain dari tim ke tim yang beda, mengambil keputusan titel pemain paling baik dunia, serta mempublikasikan daftar posisi dunia FIFA pada tiap-tiap bulannya. 

Nah, histori sepak bola dunia lalu selalu berlanjut selalu di mana pada th. 1908 dimasukkan permainan sepak bola dalam Olimpiade serta lakukan aktivitas kejuaraan dunia pertama untuk permainan sepak bola atau Piala dunia di Uruguay pada th. 1930an. Ada hal yang unik di luar dari tehnis permainan sepak bola yang harus dicatat yaitu ada kesuksesan BBC sebagai stasiun tv pertam yang berhasil menayangkan permainan sepak bola di th. 1938 serta Pada th. 1966, digunakannya feature replay pada tiap-tiap gol yang berlangsung di tayangan TV. 

Permainan sepak bola, pada selama histori sepak bola memanglah jadi fasilitas hiburan yang paling banyak disukai oleh beberapa orang didunia. Hal tersebut yang buat FIFA lalu melebarkan sayap hingga membuat sebagian tubuh asosiasi regional yang terdiri atas sebagian negara seperti di bawah ini : 

UEFA atau yang disingkat Union of European Football Associations yang disebut satu grup atau asosiasi sepak bola meliputi negara-negara Eropa. 
CONCACAF atau yang disingkat The Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football yang disebut satu grup atau asosiasi sepak bola yang menaungi negara-negara yang berada di Amerika Tengah, Karibia serta Amerika Utara, 
CONMEBO atau yang disingkat dari Confederacion Sudamericana de Futbol yang disebut satu grup atau asosiasi sepak bola yang menaungi negara-negara Asia. 
CAF yang hasil singkatan dari Confederation of African Football yang disebut grup atau asosiasi sepakbola untuk menaungi negara-negara yang berada di benua Afrika. 
OFC hasil singkatan dari Oceania Football Confederation yang disebut asosiasi sepak bola yang menaungi negara oceania. 
Tersebut perjalanan histori sepak bola dunia, pastinya tidak lengkap saat kita telah mengulas histori sepak bola dunia tetapi tidak mengulas histori sepak bola indonesia. Olehnya itu, jadi orang Indonesia harus ketahui seperti apa histori sepak bola Indonesia? 

Histori sepak bola Indonesia pastinya tidak lepas dari peranan bangsa beda yang sudah lakukan penjajahan atau perdagangan di lokasi Indonesia. Pertama kalinya, dalam histori sepak bola indonesia kalau Cina lah yang mengenalkan permainan sepak bola pada Indonesia untuk tunjukkan kalau negeri gorden bambu Cina juga tidak kalah superior di banding negara-negara yang berada di Eropa seperti Belanda. Terkecuali mempunyai hasrat untuk lakukan perdagangan, Cina mempunyai andil yang demikian besar dalam histori sepak bola indonesia. Sudah tercatan kalau pada th. 1915 telah ada banyak club atau perkumpulan sepak bola yang berdiri serta dibangun oleh warga Tionghoa, bahkan juga di th. 1920 ada club seperti UMS Jakarta serta Surabaya yang telah jadi club paling hebat pada persepakbolaan Hindia Belanda (nama Indonesia tempo dahulu), kehebatan Indonesia ketika itu nyatanya telah sempat turut dalam kancah piala dunia pada th. 1938, serta semoga Indonesia dapat kembali sekali lagi sesudah demikian lama tidak gabung sekali lagi di permainan sepak bola dunia. 

Dalam perjalanan histori sepak bola Indonesia, ada banyak momen yang perlu untuk dicatat yakni berdirinya asosiasi sepak bola Indonesia yang bertugas menaungi club sepak bola yang berada di Indonesia dengan bernama PSSI atau persatuan Sepakbola semua Indonesia yang berdiri pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta, PSSI berdiri sebelumnya keikutsertaan dalam pagelaran Piala Dunia pada th. 1938 di Perancis. 

Ada hal yang harus dicatat pada perjalanan histori sepak bola indonesia ini di mana berlangsung perselisihan pada PSSI serta NIVU untuk mengambil keputusan siapa yang memiliki hak turut ke pertandignan Piala Dunia di Perancis, ketika itu Soeratin Sosrosoegondo inginkan kompetisi pada PSSI dengan NIVB walau demikian FIFA lansung mengaku tubuh hubungan kerja PSSI serta NIVU hingga nama yang dibawa ke Perancis bukanlah Indonesia tetapi Hindia Belanda. 

Pada histori sepak bola indonesia juga ada tokoh sebagai sosok perlu di balik timbulnya PSSI, Soeratin Sosrosoegondo yang disebut anak pribumi yang telah ikuti pendidikan di Sekolah Tehnik Tinggi Heckelenburg, Jerman. Beliau mempunyai hasrat untuk wujudkan Sumpah Pemuda seperti yang dikerjakan ditanggal 28 oktober 1928, menurut beliau kalau sepak bola yaitu langkah yang begitu pas untuk tingkatkan semangat rasa nasionalisme pemuda untuk melawan penjajahan Belanda. Lalu Soeratin Sosrosoegondo jugalah yang mengambil keputusan jalinan dengan NIVU dengan sepihak pada kongres yang dikerjakan di SOLO pada th. 1938, pemutusan jalinan ini adalah imbas dari kekesalan beliau sebab pada tiap-tiap keikutsertaan dalam bermain sepak bola dipertandingan nyatanya senantiasa menggunakan bendera NIVU atau Belanda. Lalu, setelah itu sepak bola Indonesia pernah vakum untuk satu tahun lebih karna ada jepang yang sudah berhasil mengusir Belanda dari Indonesia. Tetapi pada akhirnya Jepang memaksa pada PSSI untuk selekasnya masuk dalam sisi TAI IKU KAI atau tubuh berolahraga jepang. 

Nah, seperti tersebut histori sepak bola dunia serta histori sepak bola Indonesia, bila kita lihat perjalanan histori sepak bola memanglah menjumpai jalan yang begitu panjang, serta sepak bola juga telah jadi aktivitas yang populer hingga sekarang ini serta mempunyai pengagum dari kelompok manapun. Cuma saja permainan sepak bola yaitu permainan yang keras karna mesti lakukan kontak fisik pada pemain yang lain, hingga dimunculkanlah sebagian ketentuan sepak bola yang bisa membuat perlindungan beberapa pemain supaya terlepas dari cedera serta kesengajaan mencemoohkai. Tidak tanggung-tanggung ketentuannya, bergantung tingkat kekeliruannya dari denda hingga larangan bermain. 

Hari ini sepak bola indonesia harus bangkit, lakukan sistem pergantian dalam pemain profesional hingga bisa bertanding di kancah dunia. 

Sekianlah artikel histori sepak bola dunia serta histori sepak bola Indonesia, mudah-mudahan artikel histori bola ini bisa mempunyai faedah dalam menaikkan pengetahuan beberapa penggemar bola.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay