Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Sejarah Sate

Sejarah Sate
Sate atau kadang-kadang ditulis satay atau satai yaitu makanan yang terbuat dari potongan
daging (ayam, kambing, domba, sapi, babi, ikan, dan sebagainya) yang dipotong kecil-kecil, serta ditusuki dengan tusukan sate yang umumnya di buat dari bambu, lalu dibakar memakai bara arang kayu. Sate lalu dihidangkan dengan beragam jenis bumbu (tergantung pada macam resep sate).

Sate di ketahui datang dari Jawa, Indonesia, namun sate juga popular di negara-negara Asia Tenggara yang lain seperti Malaysia, Singapura, Filipina serta Thailand. Sate juga popular di Belanda yang di pengaruhi masakan Indonesia yang dahulu adalah koloninya. Versus Jepang dimaksud yakitori.


Resep serta cara membuat sate beragam macam tergantung macam serta resep semasing daerah. Nyaris semua type daging dapat di buat sate. Jadi negara asal mula sate, Indonesia mempunyai macam resep sate yang kaya, saksikan daftar sate.


Umumnya sate di beri saus. Saus ini dapat berbentuk sambal kecap, sambal kacang, atau yang lain. Untuk sate bebek Tambak menu lengkapnya yaitu sate, saus bumbu manis kacang tanah atau bumbu pedas (menurut selera) serta irisan tomat dan mentimun. Lantas sate dikonsumsi dengan nasi hangat atau, bila di banyak daerah dihidangkan dengan lontong. Terkadang sate dikonsumsi dengan ketupat.


Disangka sate di ciptakan oleh pedagang makanan jalanan di Jawa sekitaran awal era ke-19, berdasar pada kenyataan kalau sate mulai popular sekitaran awal era ke-19 berbarengan dengan makin banyak pendatang dari Arab ke Indonesia. Hal semacam ini juga sebagai argumen populernya pemakaian daging kambing serta domba jadi bahan sate yang disenangi oleh warga keturunan Arab.

Type Sate :
1. Sate Ayam

Sate Ayam yaitu makanan ciri khas Indonesia. Sate Ayam di buat dari daging Ayam. Biasanya sate ayam dibuat lewat cara dipanggang dengan memakai arang. Serta dihidangkan dengan pilihan bumbu kacang atau bumbu kecap. Sate ini umumnya dihidangkan dengan lontong atau nasi.


2. Sate Buntel

Sate buntel, yaitu semacam sate yang di buat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing lantas dibakar. Bumbu sate buntel terlebih yaitu merica serta kecap manis. Sate buntel adalah makanan ciri khas Surakarta


3. Sate Kerang

Sate kerang yaitu makanan ciri khas Indonesia terlebih dari kota Surabaya. Sate kerang di buat dari daging kerang. Unik untuk sate ini yaitu kalau daging kerang yang dipakai tidak dibakar atau dipanggang layaknya seperti sate yang lain, tetapi di rebus. Sate ini umumnya dihidangkan dengan lontong balap, kecap serta sambal.

4. Sate Kalong (menggunakan daging kerbau)

Sate kalong yaitu makanan ciri khas Cirebon. Sate ini terbuat dari daging kerbau yang dihaluskan lewat cara ditumbuk. Rasa-rasanya manis, nyaris seperti dendeng. Dimaksud Sate Kalong karna, Penjual sate ini cuma keluar ketika sore hari (seperti kalong yang keluar ketika matahari nyaris terbenam) serta berjualan selama malam. Ke khas-an penjualnya juga, mereka mengantungkan Genta (klenengan) sapi pada pikulannya. Hingga apabila mereka jalan juga akan terdengar bunyi genta sapi itu.

5. Sate Lalat (Terbuat dari daging kambing atau ayam)

Sate lalat, atau dalam bhs Madura umum dimaksud sate laler, tidak di buat dari lalat, tetapi dari daging kambing atau ayam, yang dipotong kecil-kecil hingga terlihat seperti lalat. Sate dari Pamekasan, Madura ini dibakar sekadarnya saja, tidaklah terlalu lama. Tetapi bumbu kacang serta kecapnya buat sate ini merasa nikmat. Sate lalat umumnya di jual per ikat serta seikatnya terbagi dalam 25 tusuk

6. Sate penyu

Sate penyu, yaitu semacam sate yang di buat dari daging penyu. Sate ini terlebih banyak dihidangkan serta dijajakan di Bali.


Satu tahun lebih paling akhir ini mengkonsumsi sate penyu alami penurunan karna orang-orang yang seringkali konsumsi sate ini mulai mawas diri. Terkecuali daging penyu berkolestrol tinggi, penyu juga adalah hewan terlindung.

7. Sate Torpedo

Sate torpedo, yaitu semacam sate yang di buat dari penis kambing. Sate ini diakui dapat tingkatkan potensi seksual pria, memanglah ada benarnya. Skrotum atau torpedo yaitu tempatnya hormon sex jantan. Dengan mengkonsumsinya, seorang memperoleh penambahan hormon sex hingga ada peluang potensi seksualnya bertambah.

8. Sate Siput Sate siput yaitu semacam sate yang di buat dari siput.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay