Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Sejarah Uang Di Indonesia

Sejarah Uang Di Indonesia
Indonesia sesudah melalui jaman primitif berpindah ke jaman kerajaan yang disebut sesi baru peradaban orang-orang Indonesia saa itu. Tersebut Histori mata uang Indonesia sebelumnya penjajahan. 

1. Uang Kerajaan Mataram kuno th. 850M 
histori mata uang indonesia 
bukalapak. com 
Nyatanya kemunculan uang di Indonesia telah ada sejak kerajaan mataram kuno berdiri persisnya waktu diperintah raja Syailendra. Uangnya yaitu berbentuk logam yang terbuat dari emas serta perak. Kandungan beratnya tidak sama, serta dinamakan untuk semasing beratnya. 

Ma atau masa mempunyai berat 2, 4 gram 
Atak mempunyai berat 1. 20 gram 
Kupang mempunyai berat 0. 60 gr. 
Bentuk uangnya termasuk unik karna untuk sisi depannya koin emas ada tulisan “Ta” yang disebut huruf Devanagri, serta dibagian belakang koin ada motif “Sesame Seed”. Polanya bila digambarkan yaitu ada lekukan kedalam serta ada bulatan untuk ke-2 bagiannya. 



diameter koin perak sekitar 9-10mm serta ada huruf devanagri yakni “Ma” serta sisi belakang ada motif bunga cendana 

2. Uang Kerajaan Jenggala Th. 1042 
histori mata uang indonesia kerajaan jenggala 
obiesantun. blogspot. com 
Kerajaan jenggala yaitu kerajaan yang ada di pulau Jawa terutama dibagian timur. Kerajaan Jenggala telah menghasilkan uang berbentuk logam perak serta emas untuk alat pembayarannya sepanjang th. 1042-1130. 

Tetapi sayangnya karna dampak dari china terutama di bagian perekonomian, kerajaan jenggala lebih cenderung untuk memakai mata uang dari China yakni uang Kepeng dari pada mata uangnya sendiri. 



3. Uang Kerajaan Majapahit Th. 1293 
histori mata uang indonesia majapahit 
satujam. com 
Berikut kerajaan yang luasnya lebih dari luas nusantara. Berdiri di th. 1293, perekonomian Kerajaan Majapahit termasuk maju ketika itu. 

Karna karena sangat luas wilayahnya kerajaan Majapahit memberlakukan 2 mata uang untuk kerajaannya, yakni mata uang “MA” yang adalah mata uang punya kerajaan mataram serta Mata uang Tahil. 

Mata uang Tahil yaitu mata uang asli kerajaan. Uang Kerajaan ini mempunyai cap berlogo Teratai atau jambangan di permukaannya. Satu diantara hal yang unik dari mata uang Tahil yaitu bentuk koinnya yang beragam macam bahkan juga ada yang lumayan konyol, misalnya seperti Bentuk segiempat, segitiga, trapesium, 1/2 atau seperempat lingkaran serta yang lain. 

Ada sekali lagi uang Majapahit yang unik serta populer, namanya Gobok Wayang yang disebut hasil dari dampak China. Berupa keping serta ada lubang di tengahnya 

Baca Juga Pengertian Bencana Alam Bersama Cara Penanggulannya 
4. Uang Kerajaan Samudra Pasai Th. 1297 
histori mata uang indonesia 
juicetquinzha. blogspot. com 
Selesainya kekuasaan kerajaan Hindu Budha di Indonesia buka sesi baru berdirinya kerajaan islam pertama di Indonesia, yakni kerajaan Samudera Pasai. Berdiri di ujung pulau Sumatera, kerajaan Samudera Pasai membawa syariat islam untuk kerajaannya terutama di bagian ekonomi. 

Mata uang yang di bawa yaitu asli dari Arab, yakni Dirham. Dirham sendiri kandungannya terbagi dalam 70% emas dengan kandungan karat 22. Karna makin sulitnya untuk mencari bahan emas, pada akhirnya seiring waktu berjalan kandungan emas dalam Dirham mulai dikurangi. 

Di th. 1297 Masehi hingga 1326 motif mata uang Dinar umumnya yaitu tulisan arab berlafadzkan Malik Al Zahir serta di bagian samping berlafadzkan Sultan al Adul yang memanglah keduanya adalah raja waktu itu. 

Waktu itu saat dibanding dengan mata uang kerajaan beda 16 Dirham sama dengan 1 Real Spanyol serta 5 Dirham sama dengan 1 Silling Inggris. 

5. Uang Kerajaan Buton 
histori mata uang indonesia kampua 
kompasiana. com 
Saat kerajaan beda masing memakai koin untuk sistem transaksi jual belinya, ada kerajaan Buton dengan rencana mata uang yang berlainan. Kerajaan Buton memakai mata uang Kampua yang disebut uang dengan bahan kain tenun. 

Kampua sendiri di buat oleh putri-putri istana kerajaan serta di buat dengan sehelai tenunan persegi panjang. Kapua waktu itu tiap-tiap saatnya ditukar corak serta desainnya karna rawan juga akan pemalsuan. 



6. Uang Kesultanan Banten Th. 1550-1596 Masehi 
histori mata uang indonesia kasha 
kelompok4dewantara. blogspot. com 
Ada sekali lagi kerajaan islam persisnya di Banten, yang disebut lokasi paling barat dari pulau jawa. Untuk Sistem aktivitas ekonominya, kerajaan Banten mendatangkan mata uang kerajaan bernama Kasha. 

Type koinnya sendiri terbagi dalam 3 bahan yakni dari emas, tembaga serta timah. Motifnya desainnya lebih di pengaruhi China serta untuk ukirannya di pengaruhi arab 

7. Uang Kerajaan Gowa 
histori mata uang indonesia jinggara 
pidipedia. com 
Kerajaan islam setelah itu yang mempunyai mata uang yaitu kerajaan Gowa. Kerajan Gowa sempat di pimpin oleh satu diantara pahlawan dengan julukan Ayam Jantan dari timur yakni Sultan Hasanuddin, serta adalah kerajaan yang berdiri di era 16. 

Mempunyai mata uang bernama Jinigari. Jinigara adalah mata uang yang berbahan terbagi dalam kombinasi timah serta tembaga. 

8. Uang Kesultanan Sumenep 
histori mata uang indonesia 
kudasipon. blogspot. com 
Kerajaan Sumenep yang berdiri th. 1781 pas di daerah Sumenep, jawa timur. Kerajaan ini ada berkaitan datangnya pihak asing ke Indonesia untuk mencari rempah. 



Karna biasanya lakukan transaksi dengan pihak luar terutama dengan negara Eropa, kesultanan Sumenep pilih mengggunakan mata uang negara Eropa. Misalnya saja saat berdagang dengan dengan Spanyol jadi sumenep menggunakan uang Spanyol. Terkecuali Spanyol, Sumenep juga menggunakan uang gulden bila bertransaksi dengan Belanda serta uang thaler bila bertransaksi dengan Austria. 

Agar dapat mempunyai mata uang sendiri, kerajaan Sumenep mengedarkan mata uang dari uang asing lalu di beri cap bertulisan Arab di tiap-tiap mata uang asing itu. 

Histori Mata Uang Indonesia Masa Penjajahan 
histori mata uang indonesia masa belanda 
peristiwa-id. com 
Sejak pihak asing mulai berdatangan ke Indonesia, jadi makin lama mereka juga menginginkan kuasai Indonesia. Awalannya cuma mencari rempah-rempah, tetapi karna berlimpahnya kekayaan sumber daya alam Indonesia, jadi mereka menjajah Indonesia. Dalam masa penjajahan yang berjalan sebagian pihak asing memberlakukan mata uang negaranya di Indonesia. 



Tersebut histori mata uang Indonesia masa penjajahan. 

Baca Juga Contoh Paragraf Gambaran | Spasial, Subjektif, Objetif Lengkap 
Uang Belanda 
histori mata uang indonesia masa belanda 
ruangbaca. org 
Belanda pertama kalinya masuk Indonesia di th. 1595 diwakili oleh dua orang bersaudara Cornelis serta Frederick de Houtman dengan maksud beli rempah-rempah. Mereka mendarat di pelabuhan Banten serta memakai koin perak untuk bertransaksi, baik Real Batu maupun Real Bundar. 

Karna lihat potensi usaha yang mengagumkan di Indonesia pada akhirnya di th. 1602 di bln. Maret mereka membangun perusahaan sendiri di Indonesia dengan nama VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie). 

VOC bukan sekedar menggerakkan bisnisnya saja, namun juga cetak uang sendiri supaya dapat lebih berkuasa dalam perdagangan di Indonesia. 

VOC mengedarkan uang berupa Koin dan berbentuk kertas tetapi dibatasi membuatnya. Mata uang kertasnya bernama Rjksdaalder serta ada tulisan teks singkat memakai bhs Belanda serta Arab. 

Selang satu tahun lebih lalu persisnya di th. 1748 Masehi VOC buat surat bernilai dengan nominal 1-10000 Rijksdaalder. Paling akhir Pada th. 1783 Masehi VOC cetak uang kertas baru dengan 100% jaminan perak. 

Sayangnya usaha VOC tidak bertahan lama karna di th. 1799 Masehi dinyatakan bangkrut. Pada akhirnya pemerintahan Belanda sendiri menggantikan kekuasaan serta aset VOC. 

Awalilah masa penjajahan Belanda pada Indonesia. 

Uang Jepang 
histori mata uang indonesia masa jepang 
cloudinary. com 
Sesudah Belanda meninggalkan Indonesia datang sekali lagi penjajah beda yakni Jepang. Jepang demikian lihai lihat kondisi serta keadaan Indonesia pada akhirnya mereka selekasnya melenyapkan mata uang belanda serta mulai memberlakukan mata uang mereka sendiri. 

Sepanjang penjajahan 3 1/2 th., Jepang mengedarkan mata uang kertas serta koin. Untuk koin cuma terbagi dalam pecahan 1, 5 serta 1o sen. 

Semasing koin umpamanya nominal 1 serta 5 sen berbahan dari Alumunium serta untuk 10 sen berbahan dari timah 

koin nominal 5 serta 10 Sen ada gambar Wayang dibagian depannya sedang untuk koin nominal 1 Sen cuma ada kepala wayang. Dibagian belakang koin itu ada tulisan Jepang, JAVA serta nilai Nominal Sen. 

histori mata uang indonesia 
doeldjadoel. blogspot. com 
Bila koin memakai mata uang sen jadi uang kertas memakai mata uang invasi. Tersebut sebagian emisi mata uang yang dikerjakan Jepang 

Emisi pertama masih tetap menggunakan bhs Belanda serta mengedar th. 1942 
emisi ke-2 memakai tulisan Dai Nippon, tetapi sayangnya tidak pernah mengedar. 
Emisi ke-3 memakai tulisan Dai nippon Teikoku Seihu serta berhasil mengedar pada th. 1943. 
Sesudah mulai selesainya penjajahan Jepang pada Indonesia karna kalah dalam perang dunia 2, datang kembali Belanda untuk mengusik kemerdekaan Indonesia. 

uang kuno indonesia 
1uang-kuno-indonesia. blogspot. com 
Belanda datang kembali ke tanggal 29 September 1945 di tanjung Priok. Untuk kuasai kembali Indonesia, Belanda mengedarkan mata uangnya yang bernama Nica (Netherlands Indies Civil Administration serta mulai hentikan peredaran mata uang Jepang. 

Untuk memperoleh kembali simpati rakyat Indonesia, Belanda memakai Rupiah jepang untuk membayar upah pegawai pribumi serta mengedarkan uang itu. 

Terkecuali mengedarkan Rupiah Jepang, Belanda juga dengan perlahan-lahan mengedarkan mata uangnya yang bernama NICA. Dengan peredaran mata uang NICA itu, pada akhirnya buat keadaan perekonomian Indonesia makin kronis. 

Indonesia sesungguhnya telah merdeka karna presiden Soekarno membacakan proklamasi sebelumnya kehadiran Belanda. Pada tanggal 2-3 Oktober 1945 Indonesia keluarkan maklumat yang diisi mengenai masih tetap berlakunya mata uang jepang serta tidak berlakunya sekali lagi NICA. 

Histori Mata Uang Indonesia Saat Penjajahan 
histori mata uang indonesia 
viruspintar. blogspot. com 
Ketika habis pembacaan proklamasi serta dia mengaku Indonesia jadi negara yang merdeka, pemerintah berinisiatif untuk buat mata uang sendiri. Dapat dibuktikan pada bln. Oktober 1946, pemerintah berhasil cetak mata uang ORI (Oeang Repoeblik Indonesia) serta mengedarkannya pada rakyat. 

Baca Juga Contoh Teks Eksplanasi Bersama Susunan serta Keterangan 
Di th. tersebut berdiri untuk pertama kalinya bank punya Indonesia yakni Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI) 

histori mata uang indonesia 
viruspintar. blogspot. com 
Supaya lebih efisien sekali lagi, pada th. 1947 Pemerintah pada akhirnya memberlakukan mata uang daerah semasing terutama Sumatra, Banten, Tapanuli serta Banda Aceh untuk sesaat saat dengan mengedarkan mata uang ORIDA. 

Setelah itu pemerintah mengenalkan mata uang bernama Rupiah yang hingga sekarang ini masih tetap berlaku. Rupiah sendiri datang dari kata Rupee yang disebut mata uang India. 

Histori Mata Uang Indonesia Orde Baru 
histori mata uang indonesia 
duitjadul. com 
Hadirnya pemerintahan Soeharto sepanjang 32 th. berperan besar dalam perubahan Rupiah. Pemerintah presiden Soeharto pertama kalinya cetak uang kertas seri “Sudirman” pecahan 1, 2½, 5, 10, 25, 50, 100, 500, 1. 000, 5. 000, serta 10. 000 rupiah. 

Tersebut penampakannya 

histori mata uang indonesia 
halomoney. co. id 
histori mata uang indonesia 
satujam. com 
histori mata uang indonesia orde lama 
liputan6. com 
histori mata uang indonesia 
tokopedia. net 
Diedarkan pada tanggal 8 Januari 1968 serta ditandatangi oleh Gubernur BI Radius Prawiro serta Direktur BI Soeksmono B Martokoesoemo, beremisi th. 1968. 

Tersebut sebagian kebijakan pemerintah Soeharto pada Rupiah 

23 Agustus 1971, Pemerintah mendevaluasi rupiah sebesar 10%, satu Dolar sama dengan 415 Rupiah 
th. 1975, BI keluarkan uang kertas pecahan 1. 000 rupiah bergambar Pangeran Diponegoro, 5. 000 rupiah bergambar Nelayan, serta pecahan 10. 000 rupiah bergambar relief Candi Borobudur. ditandatangai oleh Gubernur BI Rachmat Saleh serta Direktur BI Soeksmono B Martokoesoemo. 
th. 1992 menerbitkan seri uang baru beremisi th. 1992. Terbagi dalam pecahan 100 rupiah bergambar perahu Phinisi, pecahan 500 rupiah bergambar Orang Utan, 1. 000 rupiah bergambar Danau Toba, pecahan 5. 000 rupiah bergambar alat musik Sasando serta tenunan Rote, pecahan 10. 000 rupiah bergambar Sri Sultan Hamengku Buwono IX, serta pecahan 20. 000 rupiah bergambar Cendrawasih merah. 
Th. 1993 keluarkan pecahan 50. 000 rupiah bergambar Presiden Suharto. 
Sayangnya ada krisis moneter Pada akhir th. 1997 dibarengi melonjaknya nilai mata uang dolar pada rupiah. Menyebabkan robohnya masa Soeharto. 

Histori Mata Uang Indonesia Orde Reformasi 
histori mata uang indonesia 
1uang-kuno-indonesia. blogspot. com 
Orde Reformasi berikut banyak uang yang kita kenal hingga sekarang ini. pecahan 100. 000 rupiah beremisi th. 1999 bergambar Soekarno, Muh. Hatta serta teks proklamasi diedarkan. 

Pecahan itu diciptakan di Australia serta Thailand adalah uang plastik (Polymer) .  

Tersebut sebagian mata uang emisi mulai sejak orde reformasi 

histori mata uang indonesia 
beritahati. com 
Berikut uang yang kita kenal hingga saat ini. Untuk pecahan 1000 ada gambar kapten patimura, untuk pecahan 5000 ada gambar orang menenun, pecahan 10000 ada gambar Cut Nyak Dien, pecahan 50000 ada gambar Ngurah Rai serta paling akhir pecahan 100 ribu tetaplah gambar bung Karno serta Bung Hatta tetapi tak ada plastik lingkaran sekali lagi. 

histori mata uang indonesia 
gogirlmagz. com 
Berikut penampakan uang paling baru yang di keluarkan oleh pemerintah presiden Jokowi. Sayangnya kita tidak dapat memegangnya untuk sekian waktu karna memanglah di keluarkan dengan beberapa perlahan-lahan agar tak ada devaluasi karna menambahnya jumlah uang yang mengedar. Mungkin saja untuk th. ke depan telah dapat kita pegang 

Sekian histori mata uang Indonesia yang alami perubahan sekian kali. Kita jadi warga negara harus untuk melindungi uang itu lewat cara memakainya yang baik saja. Mudah-mudahan berguna.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay