Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Sungai Terpanjang di Asia Tenggara

Sungai Terpanjang di Asia Tenggara
Asia Tenggara adalah salah region Asia yang mempunyai banyak sungai, di mana umumnya sungai itu dimamfaatkan untuk kepentingan seperti fasilitas transportasi, budidaya perikanan serta sumber air untuk pertanian. 

Indonesia sendiri mempunyai banyak sungai. Untuk beberapa orang sungai adalah tempat untuk bertahan hidup serta mencari nafkah. Perlunya sungai telah jadi hal yang wajar untuk orang-orang yang tinggal di pinggir sungai. 

Tetapi taukah anda indonesia termasuk juga sungai terpanjang di asia tenggara. Bahkan juga 4 sungai yang berada di indonsia masuk daftar sungai terpanjang se asia tenggara itu. 

Tersebut daftar 10 sungai terpanjang di asia tengggara. 


Sungai mekong – 4. 023 Km 
Sungai terpanjang di Asia Tenggara yang pertama yakni Sungai Mekong dengan panjangnya sekitaran 4. 023 km. Diluar itu, Sungai Mekong juga sungai terpanjang ke 12 didunia sesudah Sungai Lena di Siberia 

Sungai Mekong bersumber di Gunung Jifu di Zaduo county, Tibet, lalu mengalir ke ke China, persisnya di Propinsi Yunnan, selalu mengalir ke Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, sampai hingga ke Vietnam. 

2. Sungai Thanlwin - 2815 Km 

Sungai terpanjang di Asia Tenggara setelah itu yakni Sungai Thanlwin dengan panjangnya yang menjangkau sekitaran 2. 815 km, di mana sungai ini mengalir di tiga negara Asia yakni China, Myanmar, serta Thailand. 

3. Sungai Irrawaddy - 2170 Km 

Setelah itu yakni Sungai Irrawaddy yang ada di Myanmar dengan panjang sekitaran 2. 170 km, di mana dalam soal perdagangan jadi jalur sungai serta DAS (Daerah Aliran Sungai), sungai ini adalah sungai terutama di Myanmar. 

Sungai Chindwin – 1207 Km 
Kelihatannya negara Myanmar banyak mempunyai sungai sungai yang panjang, di mana Sungai Chindwin ini ada di Myanmar yang disebut anak Sungai Irrawaddy dengan panjangnya yang menjangkau 1. 207 km. Sungai Chindwin bersumber dari Lembah Hukawng, Kachin, Myanmar. 

Sungai Kapuas – 1143 Km 
Sungai terpanjang di Asia Tenggara Setelah itu yakni Sungai Kapuas yang ada di Indonesia, lebih persisnya terdapat di propinsi Kalimantan Barat dengan panjangnya yang menjangkau 1. 143 km. 

Nama sungai di ambil dari nama daerah sumber sungai itu yakni Kapuas, tapi karna sungai ini mengalir di daerah Lawie atau Lawai yang saat ini lebih di kenal dengan Kabupaten Melawi, jadi ada pula yang mengatakannya sungai Batang Lawai. 

6. Sungai Fly -1050 Km 

Sungai Fly adalah sungai terpanjang ke-2 di pulau Papua dengan panjangnya yang menjangkau sekitaran 1, 050 Km. Sungai ini yang mengalir dari Gunung Emanuel Victor menuju ke sisi tenggara di Teluk Papua. 

Sungai Fly juga adalah sisi dari perbatasan pada negara Indonesia di propinsi Papua dengan Papua Nugini. Nama Fly di ambil dari nama kapal HMS Fly yang dipakai oleh Kapten Blackwood untuk mengeksplorasi muara sungai itu pada th. 1842. 

7. Sungai Mahakam – 920 Km 

Sungai Mahakam yaitu sungai terpanjang ke-2 di Indonesia serta sungai terpanjang di Kalimantan Timur dengan panjangnya yang menjangkau 920 km. Sungai ini bersumber di Kabupaten Kutai Barat serta bermuara di Selat Makassar. 

Mulai sejak dahulu hingga saat ini, Sungai Mahakam memiliki peran yang cukup perlu dalam kehidupan orang-orang Kalimantan Timur seperti sumber air, budidaya perikanan, serta fasilitas transportasi. 

8. Sungai Barito – 909 Km 

Sungai Barito atau terkadang juga dimaksud sungai Dusun yaitu satu diantara sungai terpanjang di Indonesia yang ada di pulau Kalimantan dengan panjangnya yang menjangkau 909 km. Sungai ini bersumber di pengunungan Schwaner di Kalimantan Tengah serta bermuara di Laut Jawa. 

Nama sungi itu di ambil dari nama Kabupaten Barito yang dulunya beribukota Muara Teweh, di mana dengan administrasi masuk lokasi Kalimantan Tengah. 

9. Sungai BatangHari – 800 Km 

Satu sekali lagi sungai di Indonesia yang masuk daftar sungai terpanjang di Asia Tenggara yakni Sungai Batanghari atau terkadang juga dimaksud Sungai Hari saja, yang panjangnya menjangkau 800 km. Sungai Batanghari ini ada di pulau Sumatera. 

Sungai Batanghari bersumber di Gunung Rasan di Kabupaten Solok, Sumatera Utara selalu mengalir menuju ke Sungai Pagu. Diluar itu, ada banyak pula sungai-sungai kecil yang lain yang bermuara di Sungai Batanghari ini. 

10. Sungai Chi – 765 Km 

Sungai terpanjang di Asia Tenggara yang paling akhir yaitu Sungai Chi yang ada di Thailand dengan panjangnya menjangkau 765 km, di mana sungai ini bersumber di pegunungan Phetchabun serta bermuara di Sungai Mun. Nah, tersebut sebagian sungai terpanjang di Asia Tenggara serta nyatanya 4 salah satunya berada di Indonesia, di mana 3 sungai itu ada di pulau Kalimantan.

Indra Koswara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay