Selamat datang Di Website The Home Stay Garut~ Sewa Rumah,villa,hotel di garut ~Info lebih lanjut hubungi: 0812-2424-6736 (whatsapp) id: @fazajersey (Line) ~ INFO: bisa tambah extrabed dan bisa sewa karoke ~ ~ Kami Melayani Anda Dengan senang Hati :)

Objek Wisata Curug Rahong Garut

http://thehomestaygarut.blogspot.co.id

Air terjun ini bernama Curug Rahong ada di Garut Selatan persisnya di lokasi Cisewu. Air terjun setinggi 10 mtr. ini jadi spot favorite untuk mereka yang akan bertandang ke Pantai Rancabuaya. Yang jadikan tempat ini jadi spot favorite di Cisewu karna letaknya yang gampang dikunjungi serta ada pas di tepi jalan raya paling utama Cisewu – Pantai Rancabuaya. 

Curug Rahong ini berada pas di tepi jalan raya serta ada di samping Jembatan Rahong serta Tanjakan Rahong. Umumnya pengunjung dari luar kota mengetahui air terjun ini jadi Curug Rahong, namun warga setempat lebih akrab dengan sebutan Cahong. Curug Rahong ini ada pada aliran sungai Cibodas yang ada di Cisewu. Cisewu di ambil dari bhs sunda yang bermakna “seribu aliran air”. 


Curug Rahong ini mempunyai kekhasan yakni bentukya yang sedikit tidak umum dengan air terjun umumnya di Indonesia terutama Jawa Barat. Air terjun ini mempunyai ketinggian yang tidak sangat tinggi serta ada satu batu yang menonjol ditengahnya. Batu ini yang memisahkan aliran sungai Cibodas, serta lalu kembali menyatu waktu air ini terjun dari atas tebing. Karna ada batu ditengah air terjun itu, jadi jadikan air terjun ini begitu unik serta berlainan dari air terjun yang lain. 

Terkecuali kekhasan memiliki bentuk itu, Curug Rahong ini mempunyai kekhasan yang lain yakni mempunyai 2 undakan air terjun dibawahnya dengan ukuran yang kecil juga. Tidak sedikit juga sebagian warga yang jadikan kolam pada lantai terikuth air terjun ini jadi fasilitas untuk mandi serta membersihkan baju. Bila diliat dari bawah jadi seperti terlihat air terjun ini mempunyai 3 lantai, dengan lantai tertinggi yang ada satu batu bernama Curug Rahong. 

Sarana Curug Rahong Garut Selatan 

Karna tempat ini belum juga jadi obyek wisata resmi yang dikelola oleh pemerintah serta pengurus desa, jadi sarana umum belum juga ada di tempat ini. Bahkan juga untuk tempat parkir kendaraan saja tidak ada. Anda dapat memarkirkan kendaraan anda di tepi jalan raya yang dekat dengan Jembatan Rahong serta berjarak sekitaran 50 m dari Curug Rahong. Jadi, anda mesti ekstra hati-hati dalam memarkirkan kendaraan anda. Jangan pernah kendaraan anda di ambil orang, atau bahkan juga keserempet mobil/truk yang tengah lewat. 

Ticket Masuk Curug Rahong Garut Selatan 

Karna belum juga dikelola oleh pihak mana juga, jadi tak ada pungutan ticket masuk untuk pengunjung dengan kata lain gratis. Cost yang perlu di keluarkan yaitu cuma cost parkir kendaraan saja jika ada petugas parkir yang melindungi kendaraan. 

Tempat/Alamat Curug Rahong Garut Selatan 

Dengan administratif, Curug Rahong ini berada di Cibodas, Desa Sukajaya, Kecamatan Cisewu, Propinsi Jawa Barat. 

Rute Menuju Curug Rahong Garut Selatan 

Untuk dapat sampai ke Curug Rahong ini dapat dibuka dengan memakai kendaraan roda dua maupun roda empat. Jalanan menuju tempat ini sangatlah baik serta lebar, tetapi di sebagian titik ada jalanan yang rusak serta berlubang. 

Arah yang perlu di ambil pertama kalinya yaitu dengan mengarahkan kendaraan menuju lokasi Cisewu Garut. Sesudah ada di lokasi Cisewu berharap perlambat kendaraan karna belum juga ada plang penunjuk arah untuk menuju Curug Rahong. Tetapi patokan yang paling gampang yaitu dengan mengarahkan kendaraan menuju Jembatan Rahong. 

Karna belum juga terdaftarnya Curug Rahong di google maps. Jadi anda cuma dapat mengarahkan kendaraan menuju Desa Sukajaya di mana Curug Rahong ini ada. Tetapi butuh diingat kalau Curug Rahong ini ada cukup jauh dari pusat Desa Sukajaya. 

Di bawah ini yaitu tempat yang di ambil dari google maps serta dapat jadikan patokan dalam berkendara : 

Bagaimana tertarik untuk berkunjung ke Curug Rahong yang unik serta instagramable ini? Janganlah lupa untuk ajak rekan, teman dekat atau mitra traveling anda supaya perjalanan yang anda lewati makin merasa mengasyikkan.

Yuqbal faza aula dipa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram Official @garuthomestay